Wednesday, December 14, 2016

Spesifikasi dan Harga KIA Rio


Spesifikasi dan harga KIA Rio – Di tahun 2015 lalu, PT. KIA Mobil Indonesia selaku agen pemegang merek mobil-mobil Kia di Indonesia secara resmi merilis dua unit mobil barunya, yaitu Kia Rio dan juga Kia Picanto edisi platinum yang akan melengkapi deretan mobil-mobil baru Kia. Khusus untuk Kia Rio sendiri, tipe platinum yang baru saja dirilis ini akan melengkapi line-up Kia di segmen hatchback yang sebelumnya telah memiliki Kia Rio versi standar manual dan otomatis. Semenjak kemunculannya di jalanan Indonesia, Kia Rio telah menjadi penantang serius bagi dua penguasa mobil tipe hatchback Tanah Air, yaitu Toyota Yaris dan juga Honda Jazz. Dan kini, kehadiran All New Kia Rio akan membuat peta persaingan segmen hatchback di Indonesia semakin ‘panas’ karena sebelumnya Honda dan Toyota telah merilis New Jazz dan juga All New Yaris. Di segmen hatchback sendiri, Kia Rio mampu menempati posisi ketiga di bawah Toyota Yaris dan Honda Jazz. Dengan hadirnya Kia Rio generasi baru ini, Kia seakan ingin menunjukkan bahwa hatchback-nya memang layak menduduki peringkat tiga teratas pada deretan mobil-mobil hatchback lima pintu di Indonesia.
KIA All New Rio
KIA All New Rio
KIA memberikan sentuhan desain pada All New Rio ini dengan karakter mobil Eropa yang ramah lingkungan dengan tingkat emisi gas buang rendah sehingga tidak merusak kualitas udara. Kia Rio generasi baru sendiri secara eksklusif didesain oleh desainer kondang asal Amerika Serikat, Massimo Frascella. Salah satu sektor yang mencolok dari Kia Rio edisi teranyar ini adalah penggunaan velg 17 inci yang membuatnya nampak lebih sporty. Namun velg ring 17 ini hanya ada pada Kia Rio edisi platinum generasi baru. Sementara Kia Rio versi standar (MT/AT) sendiri masih setia dengan velg berukuran 15 inci. Jika tampilan luarnya memiliki aura baru yang lebih fresh, tidak demikian halnya dengan sektor dapur pacunya. Kali ini Kia masih setia dengan mesin CVVT 4 Silinder DOHC berkapasitas 1.396 cc untuk menggawangi Kia Rio ini. Kia memang tak mengubah komposisi mesin tipe Gamma pada varian Rio terbaru ini karena performa dan kualitasnya sudah terbukti tangguh dan pastinya irit. Tak hanya sampai di sini saja, Kia masih memiliki segudang teknologi canggih dan fitur-fitur modern yang ada pada mobil barunya ini.
KIA All New Rio (rear view)
KIA All New Rio (rear view)

Spesifikasi KIA Rio

Dari sisi eksterior, KIA menerapkan konsep desain bodi pada bagian depan dengan desain yang elegan dan modern yang berbeda sekali dengan versi sebelumnya. Kesan yang ditangkap ketika mengendarai mobil ini adalah kesan yang sporty dan dinamis karena lapisan chrome yang membalut kendaraan ini. Selain itu bentuk body Kia Rio sendiri cukup berbeda dengan mobil hatchback kebanyakan sehingga menimbulkan kesan unik yang gagah. Massimo Frascella sebagai desainer Kia Rio menggabungkan konsep sedan dan hatchback modern yang menghasilkan unit mobil elegan namun tetap memiliki aura sporty yang kuat. Frascella masih mempertahankan desain muka ‘tiger nose’ yang telah menjadi ciri khas Kia Rio dari generasi awal. Ultra High-Strength Steel yang melekat pada bodynya membuat kuat body dari mobil ini sehingga dapat lebih bertahan dari tumbukan. Pada bagian body depannya sendiri Kia Rio juga dibalut apik dengan perpaduan Grille yang berkonsep Tiger Nose Design dan bumpernya yang terlihat menyatu sehingga menimbulkan kesan modern. Headlamp dengan lampu LED dan juga Fog Lamp menghiasi body depannya sehingga menambah kesan premium dari mobil ini. Sedangkan jika kita menilik Kia Rio dari samping maka garis lengkung akan menghiasi sisi bodynya dan ditambah dengan velg sporty. Sedikit sentuhan baru terdapat pada kaki-kaki Kia Rio edisi platinum yang menggunakan velg berdiameter 17 inci, lebih lebar dari Rio versi standar MT/AT yang menggunakan velg 15 inci. Selain itu juga terdapat LED side repeaters pada kaca spionnya untuk membantu indikator pencahayaan pada Headlampnya. Lalu jika kita berpindah ke belakang maka kesan pertama yang ditangkap Kia Rio ini memiliki desain body belakang yang mirip dengan Kia Sportage. Body belakangnya mempunyai lengkung yang tegas dan tambahan LED rear combination lamps membuatnya semakin terlihat mempesona. Spesifikasi Kia Rio sendiri memiliki dimensi yang cukup lebar untuk mobil hatchback dengan ukuran 4.045 x 1.720 x 1.455 (PxLxT/mm).
Kabin KIA All New Rio
Kabin KIA All New Rio
Memasuki bagian dalam mobil, kita akan melihat tata letak kursi dari depan hingga ke belakang disesuaikan secara pas sehingga penumpang mendapatkan ruang yang lega dan leluasa ketika mengendarai mobil ini. Kia Rio juga memadukan 2 warna pada dashboardnya sehingga terasa lebih dinamis. Lingkar kemudi Kia Rio menggunakan teknologi Telescopic Steering Wheel yang secara elektrik dapat mengatur tinggi rendah lingkar kemudi. Teknologi pada Power Steering-nya juga cukup asyik dengan menggunakan MDPS (Motor Driven Power Steering) yang dapat menggunakan listrik saat diinginkan. Kia Rio ini juga terasa nyaman karena memiliki tingkat noise, vibration dan harshness (NVH) cukup rendah dengan tidak terdengarnya suara dari luar yang bisa mengganggu. Untuk sektor hiburannya, Kia Rio membawa perangkat hiburan yang cukup lengkap dengan adanya fitur Audio Double Din yang sanggup memainkan musik dengan apik dari MP3, CD, Bluetooth, USB, maupun konektor AUX yang dipadukan dengan 4 speaker utama. Selain itu, Glove Box Cooling yang disediakan di sisi kursi juga mengakomodasi keinginan Anda untuk membuat minuman dingin kapanpun dan dimanapun Anda menginginkannya. Lalu, fitur keamanan dari spesifikasi Kia Rio juga sangat lengkap dengan adanya Single Airbag pada kemudi, Anti-Lock Brake System (ABS) pada sektor remnya, dan sensor mundur yang membuatnya lebih aman dari Hyundai Avega sekalipun.
Layout dashboard KIA All New Rio
Layout dashboard KIA All New Rio
Untuk sumber tenaga, Kia menggunakan mesin berkapasitas silinder 1400 cc dan juga mesin CVVT yang dapat memberikan performa tinggi. Sistem dapur pacu menggunakan teknologi DOHC 4 silinder serta dilengkapi dengan 16 buah katup. Dengan mesin itu, Kia Rio mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 (ps) pada saat mesin berputar di 6.300 (rpm). Sedangkan untuk torsi maksimal yang dapat dicapai adalah 14 (nm) pada saat mesin bekerja di putaran 4.200 (rpm). Selain itu, Kia Rio edisi terbaru ini juga tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual (MT) 6 percepatan dan juga otomatis (AT) 4 percepatan. Generasi baru Kia Rio ini juga mengusung sistem ECO yang akan menghemat konsumsi bahan bakar serta meminimalisir tingkat kandungan CO2 pada gas buangnya. Satu liter bensin yang ada pada mobil hatchback Kia ini dapat untuk menempuh jarak 14-18 KM. Untuk tipe suspensi depannya sendiri, spesifikasi Kia Rio menggunakan MacPherson Struts yang dilengkapi dengan stabilizer dan dual tube gas shock. Sedangkan untuk suspensi belakang, mobil ini menggunakan Couple Torsion Beam dengan gas shock absorber yang membuatnya sangat nyaman dikendarai dan stabil saat meluncur.
Mesin KIA All New Rio
Mesin KIA All New Rio
Untuk fitur keamanan dan keselamatan, All New Rio ini sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya. Kia telah menyematkan sistem kemudi Motor Driven Power Steering (MDPS). Dengan sistem itu, Kia Rio akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra kepada pengemudinya. Sistem MDPS pada Kia Rio itu memungkinkan kemudi akan menjadi lebih ringan saat kecepatan rendah dan terasa lebih mantap dan aman pada saat melaju di kecepatan tinggi. Selain itu, pada Kia Rio generasi baru juga terdapat fasilitas tilt steering pada roda kemudi yang dapat menambah kenyamanan berkendara. All New Kia New juga telah memiliki fitur Smart Key Immobilizer dan Keyless Entry yang memberikan kemudahan membuka atau mengunci pintu dengan satu sentuhan serta Start/Stop Button Engine. Dari segi keamanan, spesifikasi All New Kia Rio pun telah dilengkapi dual airbag serta ditambah lagi dengan sensor parking yang memudahkan pengemudi saat parkir kendaraan, serta fitur ABS dan EBD yang berguna untuk memberikan pengendalian yang maksimal.
Kia Rio
Mesin
Tipe
Gamma CVVT 1.4 L DOHC
Kubikasi
1.396 cc
Tenaga Maksimum
107 PS/6.300 rpm
Torsi Maksimum
13.8 kg.m/4.200 rpm
Transmisi
6-speed MT, 4-speed AT
Steering
Rack & Pinion
Tipe Power Steering
Electronic Power Steering with Tilting
Dimensi
P x L x T
4.045 x 1.720 x 1.455 mm
Jarak Sumbu Roda
2.570 mm
Jarak dengan Tanah
140 mm
Suspensi
Suspensi Depan
Mc Pherson Strut w/ Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber
Suspensi Belakang
Couple Torsion Beam w/ Gas Shock Absorber
Kaki-kaki
Ban Depan/Belakang
Alloy Wheel 185 / 65 R15 (standard) R17 (platinum edition)
Pengereman
Rem Depan
Disc
Rem Belakang
Drum
Fitur
Keamanan
Electronic Brake Distribution combined with Anti-lock Brake System

Keyless Entry

Seat Belt

Central Door Lock

Parking Sensor
Hiburan
Media Connectivity with  USB + AUX (iPod Ready)

Power Outlet

Power Window

Speaker 4 Main Speaker (Fr / Rr Door) + 2 Tweeter
Intrumental Panel
Odometer Digital w/ Trip Computer

Harga KIA Rio

Berlanjut ke masalah harga, Kia Rio cukup dapat bersaing di pasaran otomotif nasional dimana di negara kita mobil-mobil hatchback cukup bersaing dengan ketat. Pada tahun 2016 ini, tercatat All New Rio mengalami kenaikan harga jika dibandingkan dengan harga pada tahun lalu. Untuk All New Kia Rio 1.4 A/T pada awal tahun 2016 ini dijual dengan harga mulai Rp 238,650,000,-. Sementara untuk tipe manual harganya menyentuh Rp 224,650,000,-. Berikut kita simak daftar harga KIA All New Rio.
Tipe
Harga
KIA All New Rio 1.4 A/T
Rp 238,650,000,-
KIA All New Rio 1.4 M/T
Rp 224,650,000,-
KIA All New Rio 1.4 Platinum
Rp 260,650,000,-
Daftar harga di atas merupakan patokan harga OTR untuk wilayah Jabodetabek, untuk wilayah lain biasanya ada selisih harga karena adanya biaya distribusi. Untuk lebih jelas anda dapat mengunjungi dealer-dealer KIA terdekat di daerah anda. Demikian pembahasan kali ini tentang spesifikasi dan harga KIA Rio.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment