Friday, December 9, 2016

Spesifikasi dan Harga Hyundai i20


Spesifikasi dan harga Hyundai i20 – Hyundai telah meluncurkan produk i20 terbarunya di Indonesia di tahun 2016. Mobil ini sebelumnya pernah menuai sukses di Eropa yang merupakan mobil sebagai pengganti Getz 2008. Hyundai i20 yang akan dipasarkan di Indonesia ini akan berbeda dengan yang dipasarkan di beberapa Negara lain. Jika di Negara lain diberikan 2 pilihan mesin, yaitu diesel dan bensin, di Indonesia sendiri, Hyundai i20 ini hanya akan disediakan varian dengan tipe mesin bensin saja. Meskipun demikian setelah diperkenalkan di pameran tersebut, sudah banyak yang memesan mobil hatchback ini dan siap menunggu pengirimannya di bulan September 2016 mendatang. Hal tersebut tentunya merupakan suatu tanda bahwa Hyundai i20 ini juga memiliki peminat yang tidak sedikit.
Hyundai i20
Hyundai i20
Hadir di tengah-tengah kerasnya persaingan di dunia industri otomotif, Hyundai dengan produk terbarunya yang bertajuk Hyundai i20 tampil percaya diri untuk mendobrak segmen pasar medium hatchback di kancah industri otomotif Tanah Air. Hyundai i20 generasi terbaru ini memiliki bodi yang lebih panjang, lebih rendah dan lebih lebar dari generasi sebelumnya. Sehingga, interior Hyundai i20 inipun juga akan memiliki ukuran yang cukup luas. Selain itu, sebagai mobil hatchback kelas medium, tentunya pabrikan asal Negeri Ginseng tersebut tak sembarangan dalam menyematkan mobil besutannya tersebut. Pasalnya, dengan mengusung mesin DOHC Kappa 1.4 MPI berkapasitas 1.368 cc yang siap memberikan performa handal dan menakjubkan. Tak sampai di situ saja, Hyundai i20 ini pun juga akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur berteknologi canggih, seperti fitur keselamatan dan kenyamanan sehingga pengemudi maupun penumpang pun akan merasa lebih nyaman dan aman.

Spesifikasi Hyundai i20

Dari segi desain eksterior, Hyundai i20 ini telah menjadi mobil hatchback idaman di Benua Eropa. Jika dilihat dari depan, Hyundai i20 ini memiliki tampilan yang terkesan garang dengan bentuk headlamp berbentuk mata sipit dengan Multi Focus Headlights dan grill trapezoidal Chrome Surrounded Honeycomb Hexagonal yang terpisah. Di sisi lain, ditambah pula dengan Front DRL yang sudah terintegrasi dengan foglamp yang letaknya di bagian bawah yang tampak sangat pas dengan tampilan front grill dengan bentuk foglamp yang lain daripada yang lain, seakan semakin menguatkan sosok Hyundai i20. Selain itu, tampak juga logo Hyundai yang terpasang manis tepat berada di tengah. Lalu, pada bodi sampingnya juga tampak jelas dan tegas beberapa garis lekukan bergaya Waist Line Molding yang semakin memperkuat karakter hatchback dari mobil ini. Tampilan belakang tak kalah hebat penggunaan stop lamp Clear Strip Lights yang memanjang membuat Hyundai i20 terlihat mewah, penggunaan spoiler yang didesain dengan rancangan Semi Floating Roof juga menjadikan kesan sporty makin kuat, Melihat sektor tampilan tersebut, tampaknya spesifikasi Hyundai i20 ini memiliki visualisasi yang begitu berkarakter.
Hyundai i20 (rear view)
Hyundai i20 (rear view)
Dari sisi interior, terlihat dengan jelas desain yang begitu ergonomis namun tetap terlihat luas dan tertata dengan rapi. Mulai dari bagian dashboard yang didesain begitu elegan. Pada bagian steer, Hyundai i20 ini dilengkapi sistem Steering Audio Remocon yang dirancang dengan balutan Leather Wrap Steering Wheel sehingga akan mempermudah pengemudi dalam mengendalikan mobil ini di jalanan. Kemudian, untuk memberikan kenyamanan pada penumpang maupun pengemudinya, sektor dashboard dari spesifikasi Hyundai i20 ini pun juga dilengkapi dengan Multimedia Head Unit Monitor yang dilengkapi fitur CD/DVD, MP3, USB, Aux Ready, Ipod Ready, dan juga sistem navigasi GPS. Selain itu, disematkan juga AC yang terpasang manis di atas multimedia yang sudah dilengkapi dengan fitur climate control. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang kenyamanan kepada penumpang dan pengemudinya, uang kabin dari spesifikasi Hyundai i20 ini pun juga sudah dilengkapi jok Semi Bucket Seat yang dirancang begitu elegan dan empuk. Lalu, terlihat juga pada tampilan bangku belakang yang dapat dilipat serta kapasitas bagasi mencapai 285 liter tentunya dengan kursi belakang berdiri tentunya ini merupakan model yang bagus bagi pabrikan asal Korea Selatan. Selain itu, spesifikasi Hyundai i20 ini memiliki cup holder yang berfungsi untuk menaruh botol minuman di beberapa bagian.
Kabin Hyundai i20
Kabin Hyundai i20
Dimensi Hyundai i20 sendiri memiliki ukuran dengan panjang 3,985 mm, lebar 1,734 mm, dan tinggi 1,485 mm serta memiliki kapasitas tangki bensin seluas 45 liter. Tampaknya, dimensi Hyundai I20 merupakan dimensi ideal untuk mobil kota yang bentuknya tidak terlalu besar dan memiliki ground clearance cukup tinggi, yaitu 150 mm sehingga mobil ini akan tetap aman jika melewati medan yang bergeronjal dan berlubang sekalipun. Di sisi lain, Hyundai I20 ini pun juga mengusung suspensi yang kokoh di mana untuk bagian depan mengandalkan Mac Pherson Strut w Stabilizer dan untuk sektor belakang menggunakan V-Beam, Coupled Torsion Beam Axle yang siap meredam setiap goncangan sehingga penumpang pun tetap akan merasa nyaman meskipun melewati jalan yang bergelombang, penuh batu, dan berlubang. Di samping itu, kenyamanan penumpang pun juga akan didukung dengan jarak sumbu roda yang ideal, yaitu 2570 mm. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang keselamatan pengemudi dan penumpangnya, Hyundai I20 dilengkapi dengan sistem pengereman handal, yaitu dengan mengandalkan tipe Hidrolik ABS di mana untuk rem depan mengandalkan Ventilated Disc dan untuk rem belakang menggunakan Drum sehingga pengemudinya pun akan lebih mudah dalam mengendalikan kecepatan laju dari mobil hatchback besutan Hyundai ini.
Layout dashboard Hyundai i20
Layout dashboard Hyundai i20
Untuk mendorong mobil saat melaju, Hyundai I20 akan mengandalkan mesin tipe Kappa 1.4 liter DOHC 4 silinder dengan 16 katup di mana mesin tersebut memiliki kapasitas hingga 1.368 cc yang siap memberikan performa handal dan tangguh. Selain itu, kinerja mesin Hyundai i20 tersebut pun mampu memberikan semburan tenaga hingga 100 Ps setiap mencapai putaran ke 6.000 rpm dan mampu mencapai maksimum torsi hingga 13.6 Kg.m setiap putaran ke 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi manual ataupun otomatis. Untuk transmisi manual memiliki 6 percepatan. Sementara itu, untuk sistem transmisi otomatis menggunakan Automatic Shiftronic 4 percepatan ECT. Dengan disediakannya 2 pilihan transmisi tersebut, tentunya calon konsumen akan lebih bisa memilih sesuai selera. Di samping itu, Hyundai i20 ini pun juga memiliki kapasitas bensin atau bahan bakar seluas 45 liter sehingga mobil ini bisa memiliki bekal bahan bakar yang banyak.
Mesin Hyundai i20
Mesin Hyundai i20
Untuk menunjang keselamatan maka Hyundai I20 ini dilengkapi dengan sistem pengereman handal di mana akan dipersenjatai dengan sistem rem hidrolik yang mengusung teknologi ABS untuk kedua sektor, baik rem depan maupun belakang. Dengan dilengkapinya fitur tersebut, pastinya akan semakin mempermudah pengemudinya dalam mengontrol laju kecepatan dari mobil ini. Selain fitur pengereman, Hyundai I20 ini pun juga ditunjang dengan fitur keselamatan lain, yaitu Air Bag sistem di mana untuk Air Bag pada sektor depan pengemudi akan menggunakan sistem Air Bag+FRT Impact Sensor. Sementara itu, untuk air bag pada jok penumpangnya akan mengandalkan sistem air bag standar. Selain itu, untuk memberikan hiburan, Hyundai I20 pun juga sudah dilengkapi dengan audio system yang terpasang di sektor dashboard yang bisa digunakan untuk memutar music, DVD/CD, dan mengecas smartphone serta lain-lain.
Spesifikasi Hyundai i20
Dimensi
p x l x t
3985 x 1734 x 1485 mm
Jarak Ke Tanah
150 mm
Jarak Poros Roda
2570 mm
Turning Radius Min
5.23 m
Ukuran Roda
195/55 R16
Suspensi Depan
Penopang Tekanan MacPherson
Suspensi Belakang
Sorot Pilin
Tangki BBM
45 l
Mesin
Sistem bahan Bakar
MPFI
Katup/Silinder
16/4
Tenaga Maksimal
100ps @6000rpm
Torsi Maksimal
13.6 Kgm @4000rpm
Transmisi
6MT/4AT
Pusat Penggerak
FWD
Volume Mesin
1368 cc
Eksterior
Headlamp
Multi Focus Reflector, Halogen, Foglamp
Velg
Alloy
Interior
Kapasitas Kursi
5
Entertainment
8″ LCD Touchscreen Multiplayer
Keamanan dan Keselamatan
Sistem Rem F/R
Ventilated Disc, ABS/Drum
Airbag
Depan+Sensor, Penumpang
Econo Mode
Manual
MID
Standar

Harga Hyundai i20

Beralih ke soal banderol harga yang dipatok oleh Hyundai, harga Hyundai i20 ini akan dibanderol denagn harga di atas 200 jutaan Rupiah. Untuk lebih tepatnya, varian dengan transmisi manual 6-percepatan akan dijual dengan harga Rp 249 juta. Sedangkan untuk transmisi matik 4-percepatan, harga Hyundai i20 ini akan dilego pada angka Rp 263 juta. Berikut dapat kita simak daftar harga Hyundai i20.
Tipe
Harga (Untuk Wilayah Jakarta)
Hyundai i20 M/T
Rp. 249.000.000,-
Hyundai i20 A/T
Rp. 264.000.000,-
Daftar harga di atas merupakan patokan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta, untuk wilayah lain biasanya ada selisih harga kerana adanya biaya distribusi. Untuk lebih jelas mengenai harga di daerah anda dapat mengunjungi dealer-dealer Hyundai di daerah anda. Demikian pembahasan kia kali ini mengenai spesifikasi dan harga Hyundai i20.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment