Monday, December 12, 2016

Spesifikasi dan Harga Hyundai i10


Spesifikasi dan harga Hyundai i10 – Saat ini pabrikan otomotif asal Negeri Ginseng, Hyundai, kembali meluncurkan sebuah city cars yang bertajuk Hyundai Grand i10. Mobil yang hadir dengan membawa konsep city car ini memiliki dimensi yang terbilang cukup mungil sehingga terasa lincah jika dikendarai di jalanan perkotaan. Bahkan, mobil ini pun juga dianggap memiliki bentuk bodi dan desain yang hampir sama dengan Honda Jazz dan Toyota Agya yang dikenal memiliki gaya desain yang modern sehingga membuat Hyundai i10 ini pun juga terkesan lebih futuristis dan aerodinamis jika dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, city cars terbaru garapan Hyundai ini pun juga kabarnya akan dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Maka, wajar saja jika kehadiran Hyundai i10 ini bakal ditunggu-tunggu oleh para penggemar city cars.
Hyundai i10
Hyundai i10
Dengan mengusung konsep city car, tentunya Hyundai i10 ini bakal hadir dengan membawa gaya desain, spesifikasi dan fitur yang sekelas mobil perkotaan. Hal tersebut tampak terlihat dari sektor eksteriornya yang memiliki desain sporty dan trendy di mana bagian depan dan belakang bodinya mengusung lampu modern. Selain itu, tampak juga lekukan pada bodi samping Hyundai Grand i10 ini yang begitu tegas sehingga memperkuat kesan sporty dari mobil city car ini. Di sisi lain, pada interiornya pun juga tak kalah menarik. Pasalnya, sektor kabin dari spesifikasi Hyundaii10 ini memiliki ruang yang terbilang cukup luas dengan balutan warna hitam yang berciri khas konsep Beige package dan dashboard yang didesain multi fungsi dengan jok yang juga dirancang mengusung gaya Instrument Fascia yang membuat sektor interior dari mobil ini cukup nyaman dan terkesan stylish. Bahkan, tak hanya sektor eksterior dan interiornya saja, pada sektor dapur pacu Hyundai i10 inipun juga bakal tampil lebih gahar berkat dibekalinya mesin tipe Kappa 1,25 MPI DOHC 16 katup dengan kapasitas 1,248 cc yang tentunya akan memberikan performa mesin yang terbilang cukup gahar dan handal. Di sisi lain, Hyundai Grand i10 ini pun juga akan dilengkapi dengan beragam fitur menarik, seperti fitur keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang siap melengkapi kemegahan mobil city car besutan Hyundai ini. Sebenarnya, masih banyak sekali keunggulan spesifikasi yang dimiliki mobil Hyundai i10 ini.

Spesifikasi Hyundai i10

Untuk mobil i10 terbaru ini, Hyundai telah mengusung konsep bodi dengan gaya desain yang stylish dan aerodinamis. Hal tersebut bisa dilihat dari depan di mana terdapat grille yang terpasang dengan manis dan hanya memiliki satu garis aksen chrome yang membuat kesannya tidak norak. Selain itu, dengan adanya lampu LED DRL pada bagian depan menambah pas tampilan Hyundai i10. Kemudian, headlamp atau lampu depannya yang terlihat membentuk tajam dengan Projector Headlamp yang akan menjamin pencahayaan menjadi lebih terang, pada bagian samping terdapat velg 14 inci dengan motif unik. Lalu, pada bagian belakang Hyundai i10 ini terdapat lampu yang memanjang ke samping dengan sedikit aksen chrome. Hal ini berbeda pada seri sebelumnya yakni Hyundai i10 yang memanjang ke atas dan terlihat juga spoiler pada bagian belakang yang menambah kesan sporty meskipun tidak dengan ukuran yang ekstra. Dengan mengetahui hal tersebut, tampaknya memang sektor eksterior dari spesifikasi Hyundai Grand i10 ini memang tampak stylish dan bernuansa modern yang begitu futuristis.
Hyundai i10 (rear view)
Hyundai i10 (rear view)
Menengok ke bagian interior, kita dapat melihat ruang kabin yang menganut konsep two one color yang merupakan sebuah kolaborasi antara warna hitam dengan Beige sehingga memberikan kesan yang begitu stylish. Lalu, Pada bagian steer, Hyundai i10 ini dilengkapi sistem Steering 3 spoke Polyurethane sehingga akan mempermudah pengemudi dalam mengendalikan mobil ini di jalanan. Seluruh kinerja steer tersebut menggunakan tipe Steer Rack dan Pinion dengan Sistem Power Steering EPS. Kemudian, untuk memberikan kenyamanan pada penumpang maupun pengemudinya, sektor dashboard dari spesifikasi Hyundai Grand i10 ini pun juga dibekali dengan Instrument Cluster yang dilengkapi fitur layar LCD, Multi Information Display, Trip Computer, dan Warning Indicator. Selain itu, disematkan juga AC dengan tipe 4 speed blower fan yang terpasang manis 2 diantaranya di atas multimedia dan 2 lainnya berada di dashboard ujung kanan dan kiri. Di sisi lain, untuk joknya sendiri pun juga bakal dilengkapi dengan jok yang terbalut kombinasi cloth dan vinyl. Jok Hyundai i10 tersebut, baik kursi depan maupun kursi belakang bisa diatur maju mundur sedemikian rupa meskipun tidak bisa diatur ketinggiannya sehingga sangat sesuai untuk dimensi orang Indonesia. Tampak juga pembuka bagasi dengan menggunakan sistem elektrik yang membuat bagasi tidak mengeluarkan bunyi ketika dibuka.
Kabin Hyundai i10
Kabin Hyundai i10
Dengan panjang 3,765 mm, lebarnya 1,660 mm dengan ketinggian mencapai 1,655 mm dan ukuran wheel base mencapai 2,425 mm, membuat mobil ini terlihat mungil sesuai konsep mobil perkotaan. Selain itu, mobil city car garapan Hyundai ini juga memiliki ground clearance yang tergolong standar, yaitu setinggi 152 mm sehingga mobil ini cocok jika dikendarai di lintasan perkotaan namun harus berhati-hati jika melewati medan yang bergeronjal. Kemudian, untuk mendukung kenyamanan dalam berkendara maka Hyundai Grand i10 ini akan dibekali dengan suspensi yang terbilang kokoh. Untuk suspensi depan akan mengandalkan tipe suspensi McPherson Strut w/Anti Roll Bar. Sementara itu, untuk suspensi yang belakang akan menggunakan tipe suspensi Coupled Torsion Beam Axle. Selain itu, untuk mendukung kinerja kedua suspensi tersebut, Hyundai i10 ini juga sudah dilengkapi dengan Shock Absorber bertipe gas yang akan mampu meredam setiap goncangan ketika mobil ini berjalan. Sistem suspensi yang tangguh tersebut dilengkapi dengan struktur rangka yang kuat dan kokoh yakni rangka yang mengadopsi dari Hyundai HRBS (hyundai reinforced body structural )yang memberi perlindungan maksimal sehingga mobil ini mampu menopang beban yang cukup berat serta mampu mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan seperti halnya kecelakaan. Seperti yang kita ketahui Hyundai i10 ini memiliki akselerasi yang cukup cepat, namun untuk menghentikan dari laju mobil ini Hyundai telah melengkapinya dengan sektor pengereman yang cukup tangguh dikelasnya, yaitu sistem pengereman Ventilated Disc pada bagian depan dan sistem pengereman Drum pada sektor belakangnya. Di samping itu, mobil ini akan mengandalkan velg ring 12 inchi yang berbahan dasar alumunium. Sementara itu velg tersebut akan dibalut dengan ban yang berukuran 195/50 yang akan membuat tampilan mobil ini makin trendi. Selain itu pada sektor depan mobil ini terpasang emblem Hyundai untuk melengkapi kegagahan dari spesifikasi Hyundai i10 tersebut.
Layout dashboard Hyundai i10
Layout dashboard Hyundai i10
Sebagai mobil yang bakal hadir dengan harga yang terjangkau namun Hyundai tetap akan membekali mobil besutannya ini dengan komponen mesin yang cukup handal di kelasnya. Pasalnya, Hyundai i10 ini akan dibekali dengan jenis mesin Kappa1.25 MPI D – VVT dengan kubikasi mesin sebesar 1.248 cc. Mesin tersebut diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 86 PS dengan putaran pada mesin 6.000 rpm. Sementara itu untuk torsi maksimum yang mampu dihasilkan mobil hyundai i10 ini sebesar 12.9 kg.m dengan putaran pada mesin mencapai 5.000 rpm.Selain itu, perlu diketahui juga bahwa untuk mesin yang digunakan mobil city car garapan Hyundai ini merupakan mesin dengan 4 silinder dan 16 katup yang berbahan bakar bensin. Kemudian untuk sistem transmisinya Hyundai i10 menyediakan 2 pilihan yakni sistem transmisi otomatis dengan 4 percepatan shiftronic dan sistem transmisi manual dengan enam percepatan. Tidak cukup sampai di situ saja, spesifikasi mesin yang digunakan dalam spesifikasi Hyundai i10 ini ternyata mengusung mesin yang memiliki akselerasi sangat responsif pada mesin yang dibawanya.
Mesin Hyundai i10
Mesin Hyundai i10
Fitur yang diterapkan pada mobil Hyundai i10 ini pun cukup lengkap, pertama yaitu untuk menunjang fitur keselamatan maka Hyundai i10 ini akan dibekali dengan sistem keselamatan airbag yang akan menunjang keselamatan pengemudi maupun penumpang di sebelahnya. Kemudian, dilengkapi juga dengan sistem pengereman ABS di mana sistem pengereman pada Hyundai Grand i10 tersebut akan membuat kendaraan tetap terkendali dengan baik ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang dan pengemudinya maka Hyundai membekali fitur hiburan berupa Audio system yang mengandalkan Head Unit 2DIN-Radio, CD, MP3, dan USB serta dilengkapi pula dengan 4 speaker depan belakang sehingga dengan adanya fitur hiburan tersebut, sudah dipastikan bahwa spesifikasi Hyundai i10 tersebut akan memberikan nuansa yang nyaman bagi para pengendara maupun penumpangnya.
Spesifikasi Hyundai i10
Tipe
Hyundai Grand i10x
Hyundai Grand i10
Dimensi
P x l x t
3,765 mm x 1,660 mm x 1,655 mm
3,665 mm x 1,660 mm x 1,500 mm
Jarak Ke Tanah
167 mm
152 mm
Min. Radius Belok
4.88 m
Ukuran Roda
175/70 R14
165/65 R14
Suspensi
McPherson Strut with Anti Roll Bar & Coupled Torsion Beam Axle
Mesin
Tipe
Kappa 1.25 MPI
Tenaga/Torsi
87 ps@6000 rpm/12.2 Kgm@4000 rpm
Transmisi
MT/AT
Tangki BBM
43 l
Eksterior
Headlamp
MFR Type, Halogen
Velg
Alloy, Two Tone
Alloy
Interior
Kapasitas Kursi
5
AC
Standar
Steering Wheel
3 Spoke, Leather Warp
3 Spoke, Polyutharase
Entertainment
Standar
Keamanan dan Keselamatan
Airbag
Driver
Seat Belt
3 point (F&R)
Speed Sensing
Standar

Harga Hyundai i10

Dari segi harga yang dipatok, Hyundai i10 di Indonesia dikategorikan dalam 2 varian. Pertama tipe standar tanpa ada embel-embel tambahan pada namanya. Serta yang kedua varian tipe x yang menjadikan mobil ini bernama Hyundai i10 x. Menariknya, perbedaan dari dua varian tersebut paling kentara ada pada variasi yang ditempelkan padanya. Dengan kondisi tersebut, harga Hyundai Grand i10 dipastikan lebih murah dibandingkan saudaranya. Hal ini sesuai dengan apa yang dikabarkan oleh Hyundai. Harga Hyundai i10 ini mulai dilego pada angka Rp. 170 jutaan, sedangkan harga saudaranya malah tembus pada angka Rp 175 jutaan. Perbedaan tersebut ternyata disebabkan oleh variasi yang lebih keren dan modern dipasang Hyundai pada varian x-nya. Hal tersebut tentu saja membuat harga Hyundai i10 memang terpaksa dipatok jauh lebih rendah daripada saudaranya. Berikut daftar harga Hyundai i10 terbaru.
Tipe
Harga
Hyundai Grand i10 (M/T)
Mulai dari Rp. 170.000.000,-
Hyundai Grand i10 (A/T)
Mulai dari Rp. 191.500.000,-
Hyundai Grand i10x (M/T)
Mulai dari Rp. 175.000.000,-
Hyundai Grand i10x (A/T)
Mulai dari Rp. 196.500.000
Harga di atas merupakan patokan harga OTR untuk wilayah Jabodetabek, untuk wilayah lain biasanya ada selisih harga karena adanya biaya distribusi. Untuk lebih jelas anda dapat mengunjungi dealer-dealer Hyundai terdekat untuk memastikan harga pasti di derah anda masing-masing. Demikian pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Hyundai i10.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment