Sunday, December 4, 2016

Spesifikasi dan Harga Ford Focus


Spesifikasi dan harga Ford Focus – Ford telah memperkenalkan varian terbaru sporty hatchback Ford Focus yang merupakan saudara kandung namun beda jenis dari sedan Ford Focus. Jika sedan Focus merupakan tunggangan elegan yang memancarkan aura eksklusifitas tingkat tinggi, maka Ford Focus ini tampil dengan selera khas anak muda yang sporty abis.
Ford Focus
Ford Focus
Ford Focus terbaru ini memiliki ukuran tubuh cukup rendah untuk ukuran hatchback, seukuran New Yaris lansiran Toyota. Ford sendiri meracik New Focus dengan konsep sporty aerodinamic. Bodi stream ala sedan Focus memang diadaptasi untuk membangun hatchback Ford Focus ini. Selain mengusung desain bodi yang lebih elegan dan sporty, Ford pun membawa tenaga baru dalam diri New Focus versi hatchback ini dengan mengusung mesin berjenis Ti-VCT GDI i-4 yang merupakan mesin berbasis sama dengan generasi Ford Focus sebelumnya. Mesin berkapasutas 2.0L itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi Ford EcoBoost Engine yang merupakan teknologi terbaru dari Ford untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar minyak. Jadi, Ford Focus ini merupakan kombinasi sempurna antara nyamannya sedan Focus, performa tinggi mesin berteknologi EcoBoost, serta desain sporty khas Ford.

Spesifikasi Ford Focus

Dari sisi eksterior, New Ford Focus ini memiliki desain yang sangat aerodinamis dengan tampilan yang fresh dan lebih futuristik, jika dibandingkan dengan varian hatchback lainnya yang dipasarkan di Indonesia. Ford Focus sendiri adalah hatchback dengan model 5 pintu. Desain yang futuristik dari New Focus dapat dilihat dari headlamp berteknologi halogen yang sipit melebar ke belakang sehingga mampu menampilkan kesan tajam. Bagian grille depan Ford Focus juga berubah dari desain sebelumnya yang lebar, kali ini front grille New Focus terlihat lebih minimalis dan pas dibandingkan versi terdahulu. Front grille pada New Focus juga memiliki fungsi untuk memonitorisasi pasokan udara ke dalam kabin. Beralih ke bagian foglamp, Ford Focus menampilkan kesan minimalis dengan peletakan foglamp yang didesain mengikuti alur headlamp. Lalu, pada bagian bumper dibuat agak pendek dari jarak dengan tanah sehingga menampilkan kesan yang benar-benar sporty. Selain itu, terdapat juga aksen grill pada bumper Ford Focus untuk mempermanis fascia depan serta melindungi bagian radiator mobil. Beralih ke sektor samping, desain mungil khas hatchback juga terlihat pada New Focus ini. Di mana desain samping mobil ini memiliki lekukan aeorodinamis. Selanjutnya, pada kaca diberikan list berwarna krom dan dibuat berbentuk straight ke belakang. Beralih pada bagian stoplamp Ford Focus, bagian tersebut dibuat dengan bentuk sipit mengikuti bodi mobil secara keseluruhan dan diberi sentuhan sedikit smoke untuk mempercantik tampilan mobil dari belakang. Untuk menambah kesan sporty, New Focus dilengkapi dengan desain baru pada bagian belakang mobil berupa spoiler yang pas mengikuti bentuk tubuh mobil secara keseluruhan. Ada juga tambahan berupa printed antena pada bagian belakang Ford Focus yang memberikan kesan modern dan praktis. Terakhir, spion New Focus ini telah menggunakan model retractable mirror. Secara keseluruhan spesifikasi Ford Focus pada bagian fisik ini cocok untuk tipe pengendara yang mengedepankan model dan memiliki sifat dinamis.
Ford Focus (rear view)
Ford Focus (rear view)
Masuk ke sisi interior, terlihat pada dashbard New Focus dirancang dengan mengikuti teknologi masa depan. Hal ini terlihat pada fitur komputerisasi pada panel-panel di dashboardnya. Pada dashboard Ford Focus ini juga disematkan teknologi-teknologi terbaru yang menunjang kebutuhan pengendara akan informasi. Selain itu, pada bagian setir kemudi juga dilengkapi dengan panel-panel yang sangat lengkap dan informatif, seperti misalnya speedometer yang juga sudah membawa teknologi komputer sehingga yang ditampilkan di cluster speedometer lebih menarik secara visual dan akurat. Untuk bagian kabin, Ford Focus menampilkan ruang kabin yang elegan di mana jok terlihat mewah dengan bahan full leather berkualitas tinggi dari Recaro. Perpaduan warna cerah di jok semakin menampilkan kesan fresh pada New Focus. Untuk menunjang kebutuhan hiburan, Ford Focus juga sudah dilengkapi dengan fitur audio double DIN dari Sony. Selain itu terdapat juga LCD pada bagian depan yang bisa menampilkan navigasi serta playlist audio dan juga memperkirakan suhu dan waktu bagi pengendara. Layar LCD pada Ford Focus juga sudah terintregrasi dengan teknologi SYNCTM yang bisa memudahkan kebutuhan multitasking anda. Untuk menambah kenyamanan, spesifikasi Ford Focus tentunya juga telah dilengkapi dengan AC Double Blower yang bisa jadi andalan disaat menghadapi cuaca panas di jalan raya.
Kabin Ford Focus
Kabin Ford Focus
Secara dimensi, Ford Focus memiliki ukuran panjang 4.354 mm, lebar 1.823mm, dan tinggi 1.484mm, serta wheelbase mencapai 2650 mm. Bobot yang dimiliki Ford Focus adalah seberat 1.470 kg. Dimensi ini memang cukup kecil bagi yang terbiasa mengendarai mobil berjenis SUV, namun sangat ideal untuk mobil berjenis hatchback. Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Ford Focus juga sudah disematkan suspensi Independent MacPherson strut-type yang dilengkapi dengan stabilizer bar pada bagian depan. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang, Ford menggunakan shock berjenis hidrolik yang sudah menggunakan teknologi Fully Independent Control Blade SLA. Suspensi belakang Ford Focus pun juga sudah menggunakan stabilizer bar untuk mendukung shock bertipe hidroliknya. Untuk bagian kaki-kaki, New Focus ini disokong oleh pilihan velg 17 inci berjenis painted aluminium yang dibalut oleh ban berukuran 215/50 R17. Pada sektor pengereman, spesifikasi Ford Focus juga sudah didukung teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) yang akan menambah kenyamanan New Focus serta membuat pengontrolan kendaraan akan lebih mudah.
Layout dashboard Ford Focus
Layout dashboard Ford Focus
Padas umber tenaga sendiri, Ford Focus hatchback terbaru ini mengusung mesin 2.0L Ti-VCT i-4 Flex Fuel (optional PZEV states) yang telah mengusung teknologi Powertrain Control Module. Dengan kapasitas 2.000 liter, Ford Focus sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 180 PS pada 6.000 rpm, dan torsi sebesar 240 Nm pada 5.000 rpm. Selain itu, pada Ford Focus juga dibenamkan mesin berteknologi EcoBoost System yang akan membantu meningkatkan efisiensi pembakaran karena langsung terintegrasi dengan fitur Turbocharging. Mesin EcoBoost ini diklaim dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada Ford Focus hingga mencapai 20 persen dan akan membantu mengurangi emisi gas buang CO2. New Focus dioperasikan dengan model transmisi 6-speed automatic. Di Indonesia, spesifikasi Ford Focus hanya dihadirkan dalam tipe 2.0L GDI Sport yang menggunakan transmisi otomatis.
Mesin Ford Focus
Mesin Ford Focus
Untuk fitir-fituer pendukung, Ford Focus termsauk mempunyai fitur-fitur istimewa. Pada fitur kelengkapan kemudi ada teknologi Torque Vectoring Control, yaitu teknologi pada Ford Focus yang memungkinkan kontrol lebih lanjut pada pengereman dan keseimbangan roda mobil. Selain itu, mobil baru ini juga dibangun dengan struktur kerangka mobil yang bernama Boron Steel Safety Cage yang memiliki kekuatan untuk menopang berat berlebih pada mobil. Fitur-fitur standar pada umumnya seperti ABS dengan EBD pada sektor pengereman juga telah dibenamkan pada Ford Focus ini. Salah satu fitur yang paling terbaru dari Ford adalah teknologi SYNC di mana pengendara bisa memngintegrasikan handphone dengan mobil, namun fitur ini harus digunakan sesuai dengan standar keselamatan berlalu-lintas. Kestabilan Ford Focus juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah didukung oleh teknologi ESC (Electronic Stability Control) untuk menjaga stabilitas mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Selain itu, ada juga fitur Rear Parking Sensors Camera untuk membantu pengendara ketika hendak memarkir mobil. Ada juga fitur Cruise Control yang dirancang Ford untuk meminimalisir kecelakaan lewat kontrol otomatis. Fitur yang terakhir yang melengkapi spesifikasi Ford Focus kali ini adalah Keyless Entry and Push Button Start yang bisa menghindarkan Ford Focus dari tindakan pencurian.
Ford Focus
Mesin
Tipe Mesin
Hatchback Sport 2.0L AT – S/Ti-VCT GDI I-4 2.0L
Diameter x Langkah (mm x mm)
87.5 x 83.1
Kapasitas (cc)
1999
Sistem Injeksi Bahan Bakar
Electric Injection
Kapasitas Tangki BBM (L)
55
Tenaga Maksimal (PS/rpm)
170 / 6600
Torsi Maksimal (Nm/rpm)
202 / 4450
Dimensi
Panjang (mm)
4358
Lebar (mm)
1823
Tinggi (mm)
1483
Jarak Sumbu Roda (mm)
2648
Radius Putar (m)
5.4
Jarak Tertinggi dengan Tanah (mm)
108
Berat Isi (kg)
1337
Berat Maksimum (kg)
1900
Suspensi dan Kaki-kaki
Rem Depan
discs
Rem Belakang
discs
Suspensi Depan
Strut MacPherson type with coil spring
Suspensi Belakang
Twist Beam with Coil Spring
Shock Absorber
Telescopic double acting, hydraulic
Stabilizer System
Torsion bar
Ban dan Velg
215 / 50 R17
Transmisi
Tipe Transmisi
6-Speed Automatic

Harga Ford Focus

Banderol harga Ford Focus yang mengusung mesin 2.0L GDI Sport A/T ini adalah sekitar Rp 418 jutaan. Untuk segmen hatchback di Indonesia, banderol harga Ford Focus ini akan membuatnya menjadi salah satu varian mobil tipe hatchback dengan banderol paling mahal. Harga jual Ford Focus yang menyentuh angka lebih dari Rp 400 jutaan ini memang didasarkan oleh teknologi canggih yang ada di dalam interiornya, serta tentunya konsep desain eksterior yang begitu menawan. Selain itu, banderol harga Ford Focus ini memang terasa wajar keran segmentasinya adalah kelas hatchback premium. Dan jika dibandingkan dengan harga Ford Focus versi sedan, harga dari Ford Focus versi hatchback ini juga memiliki angka yang sama dengan versi sedannya. Berikut harga Ford Focus hatchback terbaru.
Harga Ford Focus
Rp 418.000.000,-
Harga tersebut di atas merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta, untuk luar Jakarta biasanya ada selisih harga karena adanya biaya distribusi. Secara keseluruhan, harga yang ditawarkan oleh Ford untuk memboyong Ford Focus hatchback terbaru ini sudah sangat sesuai mengingat adanya spesifikasi dan fitur-fitur yang sangat istimewa untuk memanjakan anda dalam berkendara. Demikian pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Ford Focus.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment