Thursday, August 18, 2016

Sejarah Honda

Sejarah Honda - Honda Motor Company, Ltd. merupakan sebuah produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang. Honda juga memproduksi kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan, dan peralatan taman. 


Perusahaan ini didirikan oleh Soichiro Honda pada 24 September 1948 dan merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959, dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahun.

Sejak usia muda, Soichiro Honda memiliki minat besar dalam kendaraan bermotor. Profesi Saichiro adalah sebagai mekanik di Art Shokai, di mana dia menyetel mobil dan dimasukkan kedalam balapan. Dia kemudian membuat desain piston dan menjualnya ke Toyota meskipun rancangan pertamanya ditolak. Namun Soichiro bekerja keras untuk menyempurnakan desainnya, bahkan dia kembali sekolah dan menggadaikan perhiasan istrinya sebagai jaminan.


Logo Honda
Logo Honda

Dalam sejarahnya Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001. Merk ini juga menggusur Chrysler, untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar Amerika Serikat. Saat ini, Honda merupakan pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel pada 2004, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.

Markas Honda berada di Tokyo dan memiliki saham yang diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham New York, dan juga perdagangan di Osaka, Nagoya, Sapporo, Kyoto, Fukuoka, London, Paris dan Swiss. American Honda Motor Co., bermarkas di Torrance, California.

Meskipun Honda adalah perusahaan yang memproduksi mesin, namun mereka tak pernah memproduksi mesin V8 untuk kendaraan penumpang. Di akhir 1990-an, Honda mendapat tekanan dari dealernya di Amerika untuk membuat mesin V8. Honda mulai memperhitungkan untuk membuat mesin V8 di pertengahan 2000-an untuk sedan Acura, mobil sport NSX, dan juga truk dan SUV di pasar Amerika. Program ini ternyata dibatalkan akhir 2008 dengan memperhitungkan aspek lingkungan dan kondisi ekonomi global yang memburuk.

Honda memulai bisnis di dunia industri otomotif setelah Perang Dunia II, di mana pesaing sesama Jepang seperti Toyota dan Nissan telah memulai lebih dahulu. Produk-produk-nya yang bertahan lama selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi tradisi Honda. Honda selalu memasang teknologi ke dalam produk-produknya, pertamanya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar. Sebagai contoh dalam perkembangan teknologinya adalah rem anti terkunci (Anti-Locked Brake System), power steering sensitif kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah Jepang pertama yaitu Acura tahun 1986, mobil sport berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan katup yang disebut VTEC.

Civic merupakan salah satu type mobil yang telah dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Di Amerika Utara, Civic adalah type mobil Jepang tertua kedua setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968. Civic, bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasar meningkat dan saat ini menempati tempat di antara Jazz dan Accord. Honda juga mengembangkan dan memproduksi Honda Civic Hybrid, kendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibridanya yang lain adalah Insight dan CR-Z. <bds83>

Lihat pula artikel terkait :
- Teknologi Mesin VTEC Honda
- Spesfikasi dan Harga Honda Mobilio
- Teknologi Turbocharger, Supercharger dan Twincharger
- Sejarah Nissan
- Sejarah Toyota
- Sejarah Daihatsu dan Astra Daihatsu Motor
- Harga dan spesifikasi Honda Brio
- Sejarah Suzuki 

0 comments

Post a Comment