Monday, August 22, 2016

Sejarah Mobil Nissan

Sejarah Nissan - Dari banyak merek terkenal perusahaan otomotif dunia, nama Nissan tentunya sudah asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia. Merek ini merupakan salah satu merek tua dari sebuah perusahaan pabrikan otomotif yang berasal dari Jepang. Oleh karena itu, banyak catatan mengenai Sejarah Nissan hingga sampai berdiri kokoh seperti sekarang ini yang mampu menembus gelar salah satu pabrikan otomotif tersbesar di dunia saat ini.

Nissan Motor Company Ltd. merupakan sebuah produsen otomotif dengan scope multinasional yang berasal dari Jepang. Nissan merupakan divisi utama dari Grup Nissan dimana dulunya dipasarkan dengan merek Datsun sampai tahun 1983. Markas utamanya terletak di wilayah Ginza dari Chūō-ku, Tokyo namun Nissan merencanakan akan memindahkan kantor utama mereka ke Yokohama, Kanagawa pada 2010, di mana konstruksi sudah dimulai pada 2007 dan secara resmi memindahkan kantor pusat ke Nishi-ku, Yokohama pada tahun 2011.
Logo Nissan
Logo Nissan

Pada tahun 2010 Nissan adalah produsen mobil terbesar keenam di dunia, setelah merek-merek terkenal seperti Toyota, General Motors, Volkswagen AG, Hyundai Motor Group dan Ford. Pada tahun 1999, Nissan membentuk aliansi dengan Renault S.A. dari Perancis dimana Renault memegang 43,4% saham Nissan sedangkan Nissan memegang 15% saham Renault pada tahun 2008. Nissan juga mengembangkan dan memasarkan merek mobil mewah yang mempunyai merek Infiniti.

Menelusuri jejak mesin, salah satu mesin Nissan dengan model VQ telah berada pada jajaran 10 mesin terbaik versi Ward's untuk 14 tahun berturut-turut.

Jejak sejarah Nissan dapat ditelusuri dari seorang pengusaha asal Jepang yang bernama Masujiro Hashimoto. Pada tahun 1911 beliau mendirikan TheKwaishinsha Motor Car Works yang kemudian pada tahun 1914 perusahaan ini memproduksi mobil pertamanya yang diberi nama DAT dimana nama ini merupakan akronim dari nama keluarga pendiri perusahaan ini, yaitu :
Kenjiro Den
Rokuro Aoyama
Meitaro Takeuchi


Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1918 perusahaan ini diubah namanya menjadi Kwaishinsha Motorcar Co., Ltd. dan kemudian diubah lagi menjadi DAT Motorcar Co. tahun 1925. DAT Motors memproduksi truk, bersama dengan Datsun yang memproduksi kendaraan penumpang. Sebagian hasil produks perusahaan ini pada waktu itu adalah truk karena permintaan pasar untuk kendaraan penumpang hampir tidak ada. Truk pertama DAT dimulai untuk pasar militer yang bertepatan pada tahun 1918.
Nissan model 70 Phaeton 1938
Nissan model 70 Phaeton 1938
Karena adanya permintaan dari militer pada tahun 1920-an, DAT kemudian bergabung dengan perusahaan truk Jepang lainnya seperti Jitsuyo Motors. Pada tahun 1926 perusahaan gabungan ini kemudian berubah nama menjadi DAT Automobile Manufacturing Co., Ltd. di Osaka sampai tahun 1932. Kemudian di era tahun 1923 sampai 1925, perusahaan ini memproduksi kendaraan dan truk ringan dengan merek Lila.

Pada tahun 1931, DAT memperkenalkan mobil baru yang lebih kecil, "Datson" pertama, artinya "Anak DAT" (Son of DAT). Pada tahun 1933, setelah Nissan mengambil alih DAT Motors, ejaan terakhir dari Datson diubah menjadi "sun", karena "son" dalam bahasa Jepang berarti artinya "kehilangan" oleh sebab itu nama Datson dirubah menjadi akhirnya "Datsun". Nama perusahaan dirubah kembali pada tahun 1933 menjadi Jidosha-Seizo Co., Ltd. ("Automobile Manufacturing Co.,Ltd.") dimana lokasi perusahaan berpindah ke Yokohama. </bds83>


Lihat pula artikel terkait :

0 comments

Post a Comment