Friday, August 19, 2016

Mesin VTEC : Cara Kerja dan Teknologi Mobil Honda


Teknologi VTEC telah diterapkan pada mesin-mesin mobil pabirkan Honda sejak tahun 90-an. Teknologi ini sangat membantu kinerja mesin baik dari sisi daya maupun efisiensi yang diberikan mesin yang menerapkan teknologi ini. Bahkan hingga sekarang Honda telah mengembangkan dengan dasar VTEC yang kemudian diberi istilah dengan teknologi i-VTEC.


Mesin VTEC
Mesin VTEC


VTEC adalah singkatan dari “Variable Valve Timing and Lift Electronic Control” yang merupakan suatu teknologi pengatur katup (valve) yang dikembangkan oleh Honda dan sampai sekarang masih digunakan oleh jajaran mesin Honda yang belum menganut i-VTEC.

Teknologi VTEC ini memiliki keunggulan yang terletak pada kemampuan mesin yang bersilinder kecil dalam menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mesin yang bersilinder besar. Selain itu juga memberikan konsumsi bahan bakar yang baik sehingga sangat bersahabat apabila digunakan baik untuk harian maupun luar kota.

Mesin yang menggunakan teknologi VTEC mempunyai dua profile cam yang mana pada profile pertama di desain untuk beroperasi pada RPM yang rendah dan irit dalam penggunaan bahan bakar sedangkan untuk performansi adalah profile cam yang kedua.

Cara Kerja Mesin VTEC
Cara Kerja Mesin VTEC


Mesin dengan teknologi V-TEC ini dikontrol oleh piranti elektronik atau yang disebut dengan ECU (Electronic Control Unit) yang memutuskan profil mana yang akan digunakan berdasarkan parameter dari mesin itu sendiri dengan cara mengirim sinyal 12 Volt dan menggerakkan locking pin yang berjalan melalui rocker arm.

Dengan kata lain, bahwa dengan penggunaan teknologi V-TEC ini maka mesin dapat memilih dua profil cam yang berbeda berdasarkan RPM dengan tujuan agar lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar.

Dari segi disain mesin, eknologi V-TEC yang memanfaatkan rocker arm sebagai pengatur waktu bukaan katup terbagi menjadi tiga bagian yaitu VTEC-E (Economic), VTEC-SOHC (Single Over Heat Camshaft), dan VTEC-DOHC (Double Over Head Camshaft).

Beberapa mobil yang dipasarkan di Indonesia yang menggunakan mesin VTEC-E adalah mobil Honda Civic Ferio pada tahun 1996 dan Honda Accord Cielo untuk mesin SOHC-VTEC.

Keunggulan VTEC :

  1. Mesin bersilinder kecil, mampu menghasilkan tenaga sebanding dengan mesin bersilinder besar.
  2. Memberikan konsumsi bahan bakar yang baik.
  3. Menjaga performa mesin agar tetap optimal, baik untuk putaran mesin rendah maupun putaran tinggi.
  4. Proses pembuangan tak memerlukan pembukaan katup variabel sebab gas buang semakin lancar, jadi kerja mesin akan semakin enteng.

Kelemahan VTEC :

Karena menggunakan oli, kerja VTEC bisa terganggu karena oli mesin kurang, kotor atau tekanan oli rendah karena adanya kebocoran pada sistem, misalnya O-ring yang rusak. <bds83>


Baca juga artikel terkait :
- Teknologi VVT-i pada mobil Toyota
- Teknologi Turbocharger vs Supercharger dan Twincharger 
- Sejarah Honda 
- Harga dan spesifikasi Honda Brio 

0 comments

Post a Comment