Wednesday, November 16, 2016

Spesifikasi dan Harga Suzuki Swift



Spesifikasi dan harga Suzuki Swift - Pada pertengahan November 2005, Suzuki Indonesia lewat PT. Indomobil Niaga Internasional (INM) meluncurkan Suzuki Swift yang merupakan jagoan Suzuki di segmen hatchback Tanah Air. Ketika pertama kali muncul, Swift memang menampilkan konsep yang cukup berbeda dari varian hatchback lainnya. Jika Honda Jazz generasi pertama tampil dengan nuansa elegan minimalis, lalu Toyota Yaris mengusung konsep sporty hatchback, maka Suzuki Swift pun seperti berkiblat pada gaya city car Eropa dan Amerika. Ketika pertama kali diperkenalkan di Tanah Air, Swift tampil dengan konsep hatchback baru yang menggabungkan antara desain sporty khas Amerika dengan aura elegan khas mobil-mobil Eropa. Maka jadilah konsep mobil small hatchback ala Suzuki Swift ini. Secara dimensi, Swift memang nampak lebih kecil dari kebanyakan mobil setipe. Namun, justru itulah letak kekuatan utama Swift yang disebut-sebut memiliki aura khas mobil balap.
Suzuki Swift
Suzuki Swift
Varian small hatchback andalan Suzuki ini memang menjadi salah satu primadona di segmen kendaraan kecil di daerah perkotaan. Hal inilah yang membuat Suzuki Indonesia memutuskan untuk merakit Suzuki Swift di Indonesia. Padahal dulu Swift didatangkan secara CBU (Completely Built Up) dari luar. Besarnya pangsa pasar otomotif Tanah Air khususnya di segmen hatchback atau city car juga membuat Swift begitu laris di Indonesia. Menginjak usia ke-10, kini Suzuki Swift tampil lebih bergaya.

Spesifikasi Suzuki Swift

Dengan mengusung tagline “More Swift, More Sporty” pada generasi baru Swift kali ini, terlihat bahwa Suzuki Swift ini benar-benar memancarkan aura yang lebih stylish dan tentunya lebih sporty. Tampilan luar All New Swift ini jelas mengubah paradigma soal small hatchback yang berbasis city car yang selama ini lekat dengan desain serba minimalis dan sedikit kaku. Pada bagian fascia depan, Suzuki Swift generasi baru ini tampil dengan desain headlamp reflektor beraksen runcing yang diletakkan di ujung kap mesin. Lau, front grill bagian depan Swift juga tampil dengan aksen baru meski terlihat tetap sederhana. Konsep desain front grill Suzuki Swift terbaru ini sebenarnya juga masih mempertahankan konsep grill versi lamanya. Secara umum, desain muka Swift untuk tipe GS dan GX memang masih serupa, termasuk penempatan fog lamp dengan bingkai stylish pada ujung bawah kanan dan kiri. Tampilan sedikit lebih garang baru akan anda temui pada New Suzuki Swift Sport yang memang mengusung konsep sport small hatchback. Perbedaan akan anda temukan pada bagian grill yang terlihat menyatu dengan grill bagian bawah dengan aksen horizontal di tenganya. Kemudian pada bagian foglamp Suzuki Swift Sport terdapat semacam cover yang melindungi lampunya. Beeralih ke desain samping, tampilan bodi sebelah kanan-kiri New Swift kali ini tetap terlihat elegan dengan kombinasi fender dan siluet yang tegas menyertai karakter huruf “U” sebagai identitas All New Swift. Sementara sektor buritan Suzuki Swift menghadirkan penampakan lebih dinamis lewat desain body belakang yang dibuat lebih tegas dengan penempatan stoplamp yang mengikuti garis lekuk body belakang. Lalu, sektor buritan Suzuki Swift juga semakin stylish berkat tail gate spoiler pendek dan penggunaan rear wiper untuk kaca bagian belakang. Desain New Swift ditutup dengan penempatan spion elektrik yang menyatu dengan lampu sein. Kesimpulannya secara keseluruhan, spesifikasi Suzuki Swift pada bagian eksterior memang didominasi oleh desain city car khas Eropa di mana tampilannya cenderung boxy dan tak banyak lekukan tajam.
Suzuki Swift (rear view)
Suzuki Swift (rear view)
Pada bagian kabin Suzuki Swift sendiri terlihat ekslusif karena didominasi dengan kelir hitam dan aksen silver. Beralih bagian dahboardnya, bagian ini dirancang dengan tidak banyak cluster di mana hanya tersedia odometer dengan gaya yang sama dari Suzuki Swift versi terdahulu. Lalu panel yang terdapat di dashboard juga sudah dilengkapi dengan panel instrumen lengkap, mulai dari High-Grade Meter Cluster dan juga Multi Information Display yang didesain lebih sporty. Lalu dashboard Suzuki Swift pun juga didukung oleh MID Digital Display dengan fitur indikator jam, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar hingga suhu di luar kabin. Kemudian panel operasional AC serta panel Advanced Audio Equipment juga telah ada pada bagian dashboard Suzuki Swift ini. Berpindah ke bagian kursi penumpang, sektor ini juga dibangun dengan material berkualitas dan didesain lebih ergonomis dan fit dilengkapi Seat Height Adjuster untuk kenyamanan posisi tubuh. Lalu untuk untuk kabin bagian belakang dan depan pada Suzuki Swift kesemuanya sudah dilengkapi dengan seatbelt. Terakhir di bagian bagasinya, sebenarnya bagasi New Swift ini memang tak terlalu luas. Hal ini memang sesuai dengan fungsi utama mobil ini yang bukan merupakan mobil pengangkut banyak barang. Meski begitu, spesifikasi Suzuki Swift yang mampu menampung maksimal lima orang ini sudah cukup lega dan terasa cukup longgar.
Kabin Suzuki Swift
Kabin Suzuki Swift
Untuk urusan fisik, dimensi mobil ini adalah 3.850 x 1.695 x 1.510 mm, baik untuk tipe GS, GX maupun Sport. Untuk kendaraan jenis hatchback, ukuran tersebut memang menjadi yang paling kecil diantara mobil lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat Suzuki Swift disebut sebagai small hatchback modern. Meski memiliki ukuran tubuh yang tergolong mungil, namun New Swift tetap mampu menghasilkan akselerasi mantap berkat jarak pijaknya yang sudah disetting sempurna. So, meski Suzuki Swift ini terlihat cukup ceper, namun tak membuatnya terlalu “ngesot” di jalanan. Ukuran tubuh ini juga membuat Suzuki Swift cukup nyaman saat diajak touring ke luar kota. Tongkrongan New Swift ini pun juga termasuk kokoh karena Suzuki sendiri mengusung konsep rangka dengan dukungan suspensi MacPherson dengan per keong pada bagian depan. Sementara untuk suspensi belakang, Suzuki Swift didukung oleh suspensi jenis Torsion Beam. Dan untuk membantu pengeremannya, Suzuki mengaplikasikan jenis rem ventilated disc pada bagian depan dan rem jenis drum pada bagian belakang. Sedikit perbedaan antara Suzuki Swift tipe GS, GX dan Sport adalah sistem kemudinya, di mana tipe GS dan GX menggunakan sistem kemudi Electric Power Steering sementara tipe Sport menggunakan sistem kemudi Rack and Pinion. Terakhir, spesifikasi Suzuki Swift dilengkapi dengan velg 16 inci yang dibalut dengan ban berukuran 185/55.
Layout dashboard Suzuki Swift
Layout dashboard Suzuki Swift
Kali ini Suzuki New Swift hadir dalam tiga varian tipe, yakni All New Swift GX, GS dan Sport. Di antara ketiga tipe tersebut, hanya Suzuki Swift Sport yang memiliki perbedaan spesifikasi mesin. Untuk All New Swift tipe GS dan GX, mesin yang digunakan adalah mesin jenis K14B DOHC VVT yang memiliki kapasitas isi silinder 1.372 cc. Mesin tersebut merupakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm. Untuk ukuran small hatchback seperti Suzuki Swift tipe GS dan GX, mesin tersebut merupakan mesin yang cukup bertenaga. Sementara itu, New Swift Sport tampil dengan mesin berbeda. Untuk tipe Sport, Suzuki menyematkan mesin jenis M16A yang memiliki kapasitas 1.586 cc. Mesin pada Suzuki Swift tipe Sport ini merupakan salah satu mesin dengan kapasitas paling besar di kelasnya. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 PS pada 4.400 rpm dan torsi sebesar 160 Nm pada 4.400 rpm. Meski berbeda jenis, mesin pada spesifikasi Suzuki Swift Sport juga merupakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang sudah dibekali dengan teknologi multipoint injection. Jadi selain bertenaga, mesin pada New Swift akan tetap irit konsumsi BBM.
Mesin Suzuki Swift
Mesin Suzuki Swift
Berlanjut ke fitur keamanan dan kenyamanan mobil, meskipun All New Suzuki Swift ini dirancang di dalam negeri dan memiliki rentang harga lebih murah dari Swift CBU Jepang, ternyata mobil ini juga memiliki fitur keselamatan lengkap dengan standar internasional. Mulai dari Dual SRS Airbags (tipe GX), Side Impact Beam, Seatvelt dengan teknologi ELR, dan juga teknologi pengereman ABS dan EBD (Tipe GX dan Sport) semua sudah ada pada New Suzuki Swift ini. Lalu ada juga fitur child proof lock pada pintu belakang. Selain itu, All New Swift juga dirancang dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) Body System yang didesain untuk mampu menyerap getaran sehingga sangat aman saat terjadi benturan. Lalu pada bagian fitur kenyamanan, Suzuki Swift sudah mengadopsi fitur Keyless Push Start untuk memudahkan proses keluar-masuk dan menyalakan mesin. Selanjutnya pada sistem kemudi juga sudah dilengkapi audio control dan telescopic steering yang dapat digunakan untuk mengatur ketinggian kabin setir. Kursi pengemudi pun juga dapat diatur ketinggiannya dan bisa digeser maju mundur sebanyak 24 posisi. Bagian kabin Suzuki Swift pun juga sudah dibekali dengan audio system modern yang dilengkapi fitur USB socket untuk terintegrasi dengan digital audio player sehingga dapat dengan mudah mendengarkan playlist musik setiap saat. Sedangkan fitur AC juga tersedia dengan pengaturan lebih mudah berkat fitur Auto Control Switch yang berfungsi menyesuaikan suhu kabin secara otomatis sesuai dengan suhu yang di harapkan. Terakhir untuk melengkapi spesifikasi Suzuki Swift pada bagian keamanan mobil, juga sudah ada fitur keamanan standar seperti Immobilizer dan juga Keyless Push Star System serta Keyless Entry System untuk Swift tipe GX.
Suzuki Swift
Tipe
All New Swift 1.4
Swift GS 1.4
Swift Sport
Mesin
Jenis Mesin
K14B, DOHC, VVT
M16A
Kapasitas Isi Silender
1.372 cc
1.586 cc
Jumlah Katup
16
Jumlah Silinder
4 inline
Diameter X Langkah
73,0 x 82,0 mm
78.0 x 83.0 mm
Perbandingan Kompresi
1:10,0
1:11
Daya Maksimum
95PS/6.000rpm
160PS/4.400rpm
Torsi Maksimum
130Nm/4.000rpm
160Nm/4.400rpm
Sistem Bahan Bakar
Multipoint Injection
Dimensi
P x L x T
3.850 x 1.695 x 1.510 mm
3.890 x 1.695 x 1.510 mm
Jarak Poros Roda
2.430 mm
Jarak Pijak Depan
1.480 mm
1.470 mm
Jarak Pijak Belakang
1.485 mm
1.475 mm
Jarak Terendah
140 mm
130 mm
Radius Putar Minimum
5.2 m
Berat Kosong
980 kg (GX/GS MT), 1.000 kg (GX/GS AT)
1.070 kg
Berat Kotor
1.480 kg
1.520 kg
Transmisi
Tipe Transmisi
5-Speed Manual / 4-Speed Automatic
6-Speed Manual / CVT A/T
Perbandingan Gigi Akhir
4.105 (GX MT), 4.375 (GX AT)
6-Speed Manual:3.944, CVT:4.011
Rangka
Sistem Kemudi
Electric Power Steering
Rack & Pinion
Suspensi Depan
McPherson Strut & Coil Spring
MacPherson Strut with coil spring
Suspensi Belakang
Torsion Beam & Coil Spring
Torsion beam with coil spring
Rem Depan
Ventilated disc
Vertilated disc
Rem Belakang
Disc
Disc
Ukuran Ban
185/55 R16
195/50R16
Kapasitas
Tempat Duduk
5 Persons
Tangki Bahan Bakar
42 Liter

Harga Suzuki Swift

Bicara soal harga, Suzuki Swift dibanderol dengan harga paling murah adalah untuk type New Swift GX 1.4 bertransmisi manual dengan harga sekitar Rp 201 jutaan. Sementara New Swift GX 1.4 bertransmisi otomatis dibanderol sedikit lebih mahal, yakni sekitar Rp 210 jutaan. Sementara itu, untuk harga Suzuki Swift tipe GS manual dan otomatis berturut-turut dibanderol dengan harga Rp 215,9 jutaan dan Rp 225 jutaan. New Swift ini memang menjadi varian paling laris, khususnya tipe GS. Kabar terbaru, Swift tipe GS ini adalah generasi paling baru dari keluarga Swift. Sedangkan untuk banderol Suzuki Swift yang paling mahal ditempati oleh tipe Sport yang memang memiliki desain lebih agresif dan tentunya paling sporty. Untuk Swift Sport bertransmisi manual dibanderol dengan harga sekitar Rp 323,5 jutaan. Sedangkan harga Suzuki Swift Sport dengan transmisi otomatis dijual dengan harga tertinggi, yakni sekitar Rp 338,9 jutaan. Jika melihat tabel harganya, memang banderol harga New Swift ini menjadi salah satu yang paling mahal di kelasnya. Berikut adalah daftar harga Suzuki Swift.
Tipe
Harga
All New Suzuki Swift GX 1.4 M/T
Rp 201.000.000,-
All New Suzuki Swift GX 1.4 A/T
Rp 210.000.000,-
New Suzuki Swift GS M/T
Rp 215.900.000,-
New Suzuki Swift GS A/T
Rp 225.000.000,-
Suzuki Swift Sport 1.6 M/T
Rp 323.500.000,-
Suzuki Swift Sport 1.6 A/T
Rp 338.900.000,-
Daftar harga New Swift di atas merupakan update harga on the-road (OTR) terakhir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga tersebut memang sifatnya tentatif dan untuk di daerah tentunya harga Suzuki Swift akan mengalami penyesuaian. Jika kita kembali berkaca pada spesifikasinya, memang harga All New Swift di atas termasuk sangat kompetitif, apalagi jika dibandingkan dengan harga Honda Jazz atau Toyota New Yaris. PT Indomobil Suzuki sendiri memang memiliki pangsa pasar tersendiri lewat Suzuki Swift ini. Dengan desain sporty khas anak muda, Suzuki Indonesia memang menyasar konsumen yang berjiwa muda dan aktif. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan hargaSuzuki Swift.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment