Friday, November 18, 2016

Spesifikasi dan Harga Nissan Grand Livina


Spesifikasi dan harga Nissan Grand Livina – Nissan, pabrikan otomotif yang memproduksi kendaraan roda empat asal jepang pada tahun ini kembali meluncurkan pembaharuan produk-produk lawasnya dengan inovasi terbarunya.  Kali ini kita akan membahas salah satu mobil ciptaan Nissan Motor Indonesia (NMI) yaitu Nissan Grand Livina yang telah diluncurkan sejak bulan Mei 2013 lalu. Mobil Muti Purpose Vehicle Nissan Grand Livina mempunyai generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2007 lalu. Pada saat itu peluncuran Nissan Grand Livina generasi pertama disambut dengan sangat positif dan berhasil menjadi salah satu kendaraan MPV idaman keluarga Indonesia.
Nissan Grand Livina
Nissan Grand Livina
Nissan dalam mengusung innovation that excites (IE) pada bulan Juni 2014 lalu kembali mengenalkan  jajaran baru yang masuk dalam line-up MPV yaitu Nissan Grand Livina Highway Star Autech yang merupakan varian tertinggi dari beberapa jajaran Nissan Grand Livina lainnya yang dihadirkan di Indonesia. Autotech sendiri merupakan perusahaan konversi Nissan yang menghadirkan solusi unik dan inovatif demi meningkatkan nilai yang superior dan terukur pada tiap kendaraan Nissan yang diproduksi. Nissan Grand Livina sendiri secara keseluruhan merupakan mobil MPV dengan 7 penumpang pertama yang hadir di Indonesia pada pasar saat itu. Grand livina juga mendapatkan pengakuan sebagai MPV medium 7 penumpang yang mempelopori terbentuknya segmen tersebut di pasar otomotif indonesia yang sekaligus menciptakan permintaan baru dari pelanggan otomotif yang sebelumnya tidak pernah ditemukan pada sebuah mobil MPV penuh fungsionalitas dengan tampilan elegan dan interior yang luxurious serta penuh kenyamanan seperti layaknya berkendara sebuah mobil sedan.
Nissan Grand Livina (rear view)
Nissan Grand Livina (rear view)

Spesifikasi Nissan Grand Livina

Dari sisi exterior, Pada bagian depan dari spesifikasi Nissan Grand Livina terdapat penambahan pada bumpernya yang makin tegas dengan diberikan aksen garis. Lalu front grille Grand Livina ini mempunyai tampilan yang berbeda dengan tampilan baru yang lebih berani disempurnakan dengan frame logo Nissan. Nissan Grand Livina sendiri memiliki spoiler yang panjang mengikuti bodi dengan satu garisan tajam berlapis chrome. Pada sektor penerangan head lamp yang dimiliki mobil MPV ini mempunyai bentuk yang besar namun menyipit dengan penggunaan lampu berjenis halogen maka akan menerangi jalan dengan jarak yang luas pada saat berkendara malam hari serta menampilkan kilauan cahaya yang indah bak permata. Sedangkan Fog lamp menambah kesan sempurna pada desain eksterior dari Nissan Grand Livina, tapi yang terpenting  fungsi fog lamp ini dapat meningkatkan pandangan pengemudi ketika berkendara dalam cuaca buruk.   Kesan tegas dan berani juga makin tampak pada spesifikasi Nissan Grand Livina ini dengan hadirnya aksen garis yang terdapat pada kap mobil serta pada wujud fender yang didesain agak menonjol. Pada bagian belakang bemper belakangnya, spesifikasi Nissan Grand Livina didesain nampak lebih menawan dan kokoh. Lalu bagian sampingnya mempunyai side body molding yang mempunyai fungsi sempurna untuk meminimalisir terjadinya penyok pada Nissan Grand Livina ini namun juga menambah kesan eksterior yang stylish dan tegas.  Sedangkan bentuk tail lamp ini dibuat menyirip ke dalam yang seakan mengesankan sedang memandang dengan tajam. Untuk sektor kaki-kakinya, spesifikasi Nissan Grand Livina ini menggunakan velg berukuran 15 inci yang terbuat dari alumunium yang melengkapi desain eksterior yang makin elegan.
Kabin Nissan Grand Livina
Kabin Nissan Grand Livina
Nissan Grand Livina ini mempunyai perubahan pada desain kursinya yang dibuat lebih ergonomis serta mempunyai ukuran besar sehingga akan menambah tingkat kenyamanan penumpang pada saat menempuh perjalanan. Sedangkan pada bagian jok Nissan Grand Livina ini dilapisi dengan kulit lembut jahitan benang yang berwarna kontras seperti desain interior yang ditemukan pada mobil khusus papan atas. Dan yang paling menonjol adalah lingkar kemudi yang dilapisi kulit halus yang disertai dengan tombol-tombol pengaturan audio untuk memudahkan pengaturan audio secara langsung dan meminimalisir gerakan tangan pengemudi yang tidak perlu sehingga akan meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan berkendara. Bahkan pada varian tertingginya Nissan Grand Livina yaitu High Way Star dilengkapi dengan Display Wide 6 inci touch screen, DVD, AM/FM, USB, iPhone/iPod conectivity dan lain-lain. Spesifikasi Nissan Grand Livina pada bagian penyejuk ruangannya penempatan AC untuk penumpang di baris ke dua dan ketiga bukan seperti mobil MPV yang lain yang ditempatkan diatas namun diselipkan pada bagian tengahnya atu tepat pada konsol tengah untuk handrest. Hembusan AC yang dihasilkan cukup dapat menyejukkan hingga baris kebelakang. Selain itu ukuran bagasi dari spesifikasi Nissan Grand Livina ini termasuk cukup besar di kelasnya karena dapat mengangkut barang bawaan anda dengan leluasa. Pada interior Nissan Grand Livina ini anda dapat menemukan berbagai kantung untuk menyimpan barang anda mulai dari celah dibelakang kopling, didalam dashboard tempat duduk penumpang bagian depan, lalu dibelakang kursi bagian jok depan juga terdapat kantung kecil, lalu pada celah dibawah tempat membuka pintu belakang , dan terakhir dekat tempat anda menaruh dekat tempat duduk penumpang untuk menaruh barang anda ayang ukurannya kecil.
Layout dashboard Nissan Grand Livina
Layout dashboard Nissan Grand Livina
Desain mesin baru yang digunakan mempunyai kode HR15DE berkapasitas 1.5 L konfigurasi 4 silinder 16 valve berteknologi DOHC dengan Twin Dual Injector dan VTC menghasilkan power maksimal sebesar 109 PS sehingga akan menghasilkan tenaga Nissan Grand Livina yang maksimal serta menghasilkan akselerasi yang penuh percaya diri. Bahkan dengan kombinasi Dual Injector serta Twin VTC ( Intake serta Exhaust) maka akan meningkatkan efiensi pembakaran bahan bakar yang mampu lebih hemat 13% dibanding dengan generasi pertamanya. Fitur kemudi yang lebih baik juga dijejalkan pada Nissan Grand Livina ini yaitu Electric Steering yang memiliki keunggulan penyesuaian kendali yang dihubungkan pada power yang ditetapkan. Fitur kemudi pada spesifikasi Nissan Grand Livina tersebut akan sangat berguna apabila anda sedang parkir ataupun melewati spot yang lebih sempit namun apabila anda melaju di jalan raya dengan kecepatan tinggi maka fitur electric steering ini akan membuat lebih kencang dan akan memudahkan mengendalikan mobil MPV ini. Pada sektor transmisi, spesifikasi Nissan Grand Livina ini diberikan teknologi terbaru yakni Xtronic CVT yang akan memuluskan pergantian gigi pada power yang merata sehingga akan menghasilkan kualitas perjalanan yang mulus dan nyaman. Pada sektor suspensinya, Nissan Grand Livina ini menggunakan premium suspensi yang akan menghasilkan respon kemudi yang sangat baik dalam menghadapi rintangan dijalanan dengan aman. Pada bagian suspensi depannya menggunakan double pivot poros yang akan menambah kelincahan mengemudi serta akan meredam guncangan apabila terjadinya pada saat berkendara di jalanan yang mempunyai medan berat. Suspensi pada spesifikasi Nissan Grand Livina tersebut terinspirasi dari mobil sedan mewah yang akan menjamin perjalanan anda terasa lebih mulus dan nyaman dari pada seharusnya.
Mesin Nissan Grand Livina
Mesin Nissan Grand Livina
Untuk fitur keselamatan, keamanan dan kenyamanan, pada bagian pertamanya Nissan Grand Livina ini diberikan fitur Dual SRS air bags yang akan melindungi pengemudi serta penumpang pada kursi bagian depan ketika kecelakaan terjadi sehingga akan meminimalisr terjadinya cidera pada pengendara dan penumpang tersebut. Lalu pada sektor pengereman, Nissan Grand Livina  ini juga dibekali kombinasi pengereman antara ABS+EDB+SA pada semua varian kecuali semua varian SV. Kombinasi fitur pengereman tersebut akan membuat pengereman lebih stabil dan menyesuakan kekuatan pada rem belakang serta akan mencegah roda terkunci pada saat melakukan pengereman mendadak pada kecepatan tinggi dalam kondisi yang panik yang akan memberikan kekuatan tambahan untuk menghentikan laju kendaran dan memungkinkan pengemudi Nissan Grand Livina untuk mengarahkan setir ke arah yang lebih aman.Mobil MPV ini juga diberikan fitur parking sensor yang mempunyai jarak 3 meter dari bagian belakang Grand Livina ini dan akan membuat pengemudi melakukan parkir lebih percaya diri. Serta dihadirkan Rearview  Camera yang membantu pengemudi untuk melihat langsung objek apa saja yang berada di belakang kendaraan anda.


Spesifikasi Nissan Grand Livina
Mesin
  • Kode : New HR15DE
  • Tipe : 4 Cylinder Inline, 16 valve, DOHC and Twin VTC
  • Isi silinder : 1.498cc
  • Bore x Stroke : 78.0 x 78.4 mm
  • Daya Maksimum : 109 PS / 5600 rpm
  • Torsi Maksimum : 14.4 kgm / 4000 rpm
  • Fuel System : ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System)
  • Kapasitas Tangki : 52,4 L
  • Transmisi : HWS CVT
Dimensi
  • Jenis Rangka : Monocoque
  • P X L X T : 4485 x 1700 x 1650 mm
  • Jarak Poros Roda : 2600 mm
  • Berat : 1250 kg
  • Jarak Terendah : 175 mm
  • Radius Putar Minimum : 5.5 m
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Sistem Kemudi : Rack & pinion with electric power steering
  • Suspensi Depan : MacPherson strut with stabilizer
  • Suspensi Belakang : Torsion Beam with stabilizer
  • Rem Depan : Ventilated disc
  • Rem Belakang : Drum
  • Ukuran Ban : 185/65 R15
Eksterior
  • Grille : Chrome Grille Design
  • Full Body : Color Bumper Design
  • High Mounted Stop Lamp : With (LED)
  • Rear Wiper : Ya
  • Outside Door Handle : Black
  • Outside Door Mirror : Electric, Body Color
Interior
  • Combi Meter : Analog New Design 2 Gauge Meter + Drive Computer (With Tachometer)
  • Seat Material : Soft Fabric (Beige)
  • Center Cluster Finisher : Silver Decoration
  • 3 Spokes Steering Wheel : New 3 Spokes Urethane + Silver Decoration
  • Power Window : Ya
  • Rear AC Vent : Cup Holder
  • Front Cup : Holder without Lid
  • 2nd Row Armrest with Cup Holder
  • 2nd Row Headrest
  • 3rd Row Seat Foldable Quick System
Fitur Keselamatan
  • Power Door Lock with (Speed Sensor)
  • Seat Belt 1st Row 3-Point ELR (x2) with Pre-tensioner
  • Seat Belt 2nd Row 3-Point ELR (x2) + 2-point ELR (x1)
  • Seat Belt 3rd Row 3-Point ELR (x2)
  • Airbag Driver
  • Airbag Front Passenger
  • Zone Body Concept
  • Side Impact Beam
  • Collapsible Steering Column
  • Keyless Entry with Alarm
  • Shock Sensor

Harga Nissan Grand Livina

Harga terendah dari Grand Livina ini adalah Rp 200.900.000. Dengan harga Grand Livina tersebut mobil ini menawarkan kenyamanan dan keamanan yang sebanding apalagi dengan dihadirkannya fitur-fitur canggih yang biasa ditemukan pada mobil mewah kelas atas. Perlu diketahui harga tersebut adalah harga untuk mendapatkan NissanGrand Livina varian SV M/T lalu untuk varian tertinggi yaitu Nissan Grand Livina Highway Star (HWS) Autech CVT dibanderol dengan harga Rp 257.800.000. Harga Grand Livina memang cukup fantastis namun mobil MPV racikan Nissan ini menawarkan kenyamanan dan keamanan berkendara yang lebih jauh diatas varian yang standar. Perbedaan harga tersebut lebih karena transmi yang ditawarkan tersebut  masih manual atau sudah menggunakan transmisi yang otomatis. Berikut daftar harga Nissan Grand Livina terbaru.
Tipe
Harga
Grand Livina SV MT
Rp 200.900.000
Grand Livina SV CVT
Rp 212.300.000
Grand Livina XV MT
Rp 219.300.000
Grand Livina XV CVT
Rp 230.600.000
Grand Livina Highway Star CVT
Rp 243.600.000
Grand Livina Highway Star CVT Autech
Rp 257.800.000
Grand Livina X-Gear 1.5 MT
Rp 231.100.000
Grand Livina X-Gear 1.5 CVT
Rp 245.500.000
Harga tersebut di atas adalah harga On The Road untuk wilayah Jakarta. Untuk wilayah luar Jakarta biasanya ada selisih harga karena adanya biaya handling dan distribusi, namun biasanya tidak terlalu signifikan. Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi dealer-dealer Nissan terdekat dan untuk menjajal atau test drive dari Nissan Grand Livina terbaru ini. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Nissan Grand Livina.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment