Thursday, November 17, 2016

Spesifikasi dan Harga Datsun Go Panca



Spesifikasi dan harga Datsun Go Panca – Nama Datsun memang punya sejarah manis di dunia otomotif Indonesia karena sempat populer di Tanah Air berkat varian pikap Datsun 620 dan juga sedan Datsun 120Y yang dulu sangat menjadi ikon sebagai “sedan drag”. Datsun GO Panca sendiri mempunyai daya tampung maksimal 5 orang. Sama seperti versi low MPV Datsun GO+ yang sempat kurang diminati publik, justru kini versi hatchback ini semakin menununjukkan prestasinya dengan menjadi salah satu varian LCGC terlaris di Tanah Air.
Datsun Go Panca
Datsun Go Panca
Produk-produk Datsun langsung dengan cepat mendapatkan reaksi positif di mana tahun pertama target 40.000 penjualan langsung bisa tercapai. Selain berkat strategi promosi yang tepat sasaran dengan intensitas cukup tinggi, salah satu faktor yang mempengaruhi pesatnya penjualan Datsun GO Panca dan juga GO+ adalah kualitasnya yang semakin teruji. Antara versi hatchback dan low MPV yang diperkenalkan oleh Datsun sebenarnya memang tak memiliki perbedaan komposisi ruang mesin yang berarti. Datsun GO Panca versi hatchback atau Panca ini tetap mengusung mesin Datsun seri HR12DE yang merupakan mesin berkapasitas 1200 cc. Untuk ukuran kendaraan LCGC, mesin tersebut memang cukup bertenaga karena mampu memuntahkan power maksimal sebesar 68 PS pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi sebesar 104 Nm pada 4.000 rpm. Selain cukup bertenaga, kelebihan lain yang dimiliki oleh mesin Datsun GO Panca ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang tergolong sangat irit.

Spesifikasi Datsun Go Panca

Desain eskterior mobil ini memang tak kalah kerennya dengan varian hatchback atau LCGC dari pabrikan lain. Hadir dengan sasaran konsumen kaum muda yang aktif, Datsun GO Panca tampil dengan desain luar yang cukup sporty dan berkarakter agresif. Fascia depan mobil ini tampil dengan konsep stylish lewat bentuk grill heksagonal dengan tambahan emblem Datsun di dalamnya. Front grill pada Datsun GO Panca ini memang tak terlalu “ramai”. Hanya bentuk heksagonal berwarna krom dengan bagian tengah terdapat motif sarang lebah berwarna gelap. Mobil ini juga menawarkan tampilan dengan gaya modern lewat headlamp berteknologi halogen. Konsep lampu utama pada Datsun GO Panca ini mirip pada mobil-mobil sport Eropa dengan sudut-sudut tegas serta dirancang lebih artisitik lewat garis lengkung yang elegan. Masih di bagian depan, bumper pada mobil ini juga mengusung desain minimalis dengan tak banyak lekukan. Citra sporty juga ditampilkan pada desain bumper Datsun GO Panca lewat jaraknya yang tak terlalu tinggi dengan tanah. Beralih pada desain samping, desain bodi sebelah kanan dan kiri mobil ini sangat kentara aura city car lewat desain yang tak banyak lekukan tajam dan kaca yang dibuat agak sempit. Lantas sektor buritan Datsun GO Panca juga tampil berkarakter berkat pemasangan stoplamp persegi dengan efek smoke serta bumper belakang yang dibentuk selaras dengan garis body. Sedangkan untuk menambah kesan sporty dan elegan, Datsun GO Panca juga memiliki bermacam aksesoris seperti roof spoiler, front dan rear skirt lengkap dengan bumper dan fender yang gagah, juga ada D-cut grill dengan aksen krom. Namun semua aksesoris tersebut hanya tersedia pada spesifikasi Datsun GO Panca tipe T-Active yang merupakan varian tertinggi dari keluarga hatchback Datsun.
Datsun Go Panca (rear view)
Datsun Go Panca (rear view)
desain interior pada mobil ini memang diirancang dengan konsep minimalis, namun tetap bercitarasa modern. Hal ini terlihat mulai dari bahan dashboard Datsun GO Panca yang bertekstur kulit dengan tambahan ornamen beraksen silver dan hitam sehingga menambah aura elegan. Untuk dashboard depannya sendiri tak banyak panel yang tersedia kecuali tipe T-Active dan T-Option yang sudah dilengkapi dengan audio player modern. Selain itu, interior depan Datsun GO Panca juga dirancang begitu rapi dan praktis lewat penempatan tuas persneling yang berbeda dengan kebanyakan mobil dengan ditempatkan di sisi tengah bawah dashboard. Untuk setir kemudi Datsun GO Panca juga standar dan tak banyak tombol tersedia. Lalu speedometer dibuat dengan tampilan lebih informatif ditutup dengan AC register yang bisa diputar hingga 360 derajat. Beralih pada bagian jok, dirancang cukup berkelas mulai dari kursi depan yang menyatu untuk menawarkan ruang untuk tas atau barang bawaan pengemudi. Selain itu kabin kemudi pada Datsun GO Panca juga dibangun dengan ruang kepala lebih lega dan jok yang sudah dilengkapi dengan kursi yang bisa menyesuaikan posisi tubuh. Terakhir, pada spesifikasi Datsun GO Panca di bagian bagasi juga tersedia ruang bagasi yang luas dengan kapasitas bagasi mencapai 265 liter sehingga memudahkan membawa barang.
Kabin Datsun Go Panca
Kabin Datsun Go Panca
Dimensi mobil ini adalah panjang 3785 mm dengan lebar 1635 mm. Untuk ukuran mobil kelas LCGC, tentu dimensi pada Datsun GO Panca ini menjadikannya sebagai salah satu unit dengan dimensi paling besar. Sedangkan untuk ground clearance atau jarak terendah dengan tanah pada Datsun GO Panca adalah 170 mm. Jarak tersebut tergolong cukup tinggi dan akan membuatnya tetap aman saat melewati jalanan yang bergelombang. Mobil ini pun juga memiliki radius putar mencapai 4,6 m. Meski radius putar Datsun GO Panca merupakan yang paling minim, namun tak akan mengurangi handlingnya yang tetap terasa mantap. Demi menunjang kenyamanan serta stabilitas bekendara, Datsun GO Panca juga dibekali dengan sistem suspensi berkualitas lewat suspensi depan berjenis Mc Pherson Strut dengan per keong. Sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan sistem supensi Torsion Beam. Semua suspensi pada kaki-kaki Datsun GO Panca ini disempurnakan dengan lengan depan poros ganda untuk menjamin peredaman maksimal dari goncangan. Spesifikasi Datsun GO Panca pada bagian kaki-kaki pun juga dilengkapi dengan sistem pengereman berjenis disc berventilasi pada bagian depan, dan rem jenis drum untuk rem belakang. Terakhir untuk bagian kaki-kaki, mobil ini mengusung velg berdiameter R15 dibalut ban karet berukuran 155/70.
Layout dashboard Datsun Go Panca
Layout dashboard Datsun Go Panca
Urusan dapur pacu, Datsun mengusung mesin seri HR12DE yang merupakan adaptasi dari basis mesin Nissan March. Mesin yang tertanam pada ruang dapur pacu Datsun GO Panca ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 68 PS pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi mencapai 104 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut merupakan mesin yang memiliki kapasitas isi silinder sebesar 1198 cc. Guna semakin memaksimalkan kinerja mesinnya, ruang dapur pacu Datsun GO Panca juga telah mengadaptasi teknologi penggunaan pedal elektronik yang bisa membuat mesin mobil awet serta mudah perawatan namun tetap menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih maksimal. Selanjutnya, untuk menunjang performa berkendara, spesifikasi Datsun GO Panca pada bagian mesin  juga sudah dilengkapi dengan Electronic Power Steering untuk semua tipe. Sebagai transmisi penggeraknya, mobil ini menggunakan transmisi penggerak manual 5 percepatan.
Mesin Datsun Go Panca
Mesin Datsun Go Panca
Salah satu fitur keamanan andalan dari Datsun GO Panca ini adalah fitur Drive Side Airbags untuk tipe T-Option dan T-Active. Seatbelt pada kabin yang juga sudah dilengkapi dengan pretensioner (hanya driver) yang tersedia untuk Datsun GO Panca tipe T-Option dan T-Active. Lalu untuk fitur lain yang berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan adalah semua tipe mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Digital Tachometer, Drive Computer, Gear Shift Guide, Inteligent Whiping System, Parking Sensors, Power Windows, serta AC Manual. Untuk kebutuhan multimedia, kelengkapan Datsun GO Panca pada bagian fitur pendukung juga sudah ditunjang dengan 1DIN Audio with Aux Jack, USB, dan juga active speakers. Namun fitur multimedia tersebut hanya untuk tipe T-Active. Lantas untuk melengkapi spesifikasi Datsun GO Panca pada fitur keamanan lainnya, semua tipe mobil ini sudah dilengkapi dengan Immobilizer, Central Door Locking, dan juga Keyless Entry lengkap dengan alarmnya.
Datsun GO Panca
Mesin
Seri Mesin
HR12DE
Kapasitas Isi Silender (cc)
1,198
Tenaga Maksimal (PS/rpm)
68/5000
Torsi Maksimal (Nm/rpm)
104/4000
Transmisi
5 Speed MT
Dimensi
P x L x T (mm)
3765 x 1635 x 1.485
Jarak Sumbu Roda (mm)
2,450
Jarak Radius Putar (m)
5
Jarak Terendah ke Tanah (mm)
170
Berat Kosong (kg)
785
Steering
Tipe Steering
Power Steering
Pengereman
Rem Depan
Disc
Rem Belakang
Drum
Suspensi
Suspensi Depan
Mc Pherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang
Torsion Beam

Harga Datsun Go Panca

Sebagai mobil yang menyandang gelar LCGC, banderol harga Datsun GO Panca ini memang tak akan semahal city car Nissan atau pabrikan lain. Datsun sendiri memang berkomitmen jika mobil yang dijualnya tidak akan berharga mahal serta mampu dijangkau oleh konsumen. Untuk versi termurahnya, harga Datsun GO Panca T 1.2 M/T ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 99,050,000,-. Meski merupakan tipe terendah, namun tipe GO Panca tipe T sudah dibekali dengan fitur yang tergolong lengkap. Sementara itu, di atas tipe GO T ada tipe GO T-option. Harga untuk Datsun GO Panca T -Option ini adalah sekitar Rp 99,550,000,-. Tipe ini merupakan tipe menengah dengan spesifikasi interior serta eksterior yang tak jauh berbeda dengan tipe GO T standar. Sedangkan untuk banderol harga termahal ditempati oleh tipe GO T-Active. Banderol harga Datsun GO Panca T-Active ini adalah sekitar Rp 102,950,000,-. Penampilan tipe ini memang yang paling sporty di antara lainnya dengan tambahan body aero kit lebih lengkap. Berikut daftar harga Datsun Go Panca.
Tipe
Harga
Datsun Go Panca T 1.2 M/T
Rp 99,050,000,-
Datsun Go Panca T Active 1.2 M/T
Rp 102,950,000,-
Datsun Go Panca T Option 1.2 M/T
Rp 99,550,000,-
Harga di atas adalah harga OTR wilayah Jakarta dan sekitarnya, untuk wilayah luar Jakarta pastinya ada perbedaan karena adanya factor handling dan administrasi lainnya. Jika dilihat, banderol harga Datsun GO Panca ini masih di bawah harga Toyota Agya versi termurah. Dengan semakin lengkapnya layanan purna jual di seluruh Indonesia, Datsun memang sah-sah saja merasa optimis dengan penjualan varian Datsun GO Panca ini. Meski pada beberapa sektornya masih perlu ada perbaikan, namun secara umum kualitas mobil andalan Datsun ini memang sudah cukup baik. Untuk spesifikasinya memang masih di bawah Toyota Agya atau Honda Brio yang sangat populer di segmen LCGC. Namun dengan banderol harga Datsun GO Panca yang sangat terjangkau serta semakin meningkatnya layanan Datsun di Indonesia, varian hatchback ini bisa saja menyusul kesuksesan sang kakak Datsun GO+ di pasar otomotif nasional. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Datsun Go Panca.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment