Saturday, November 12, 2016

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Ayla



Spesifikasi dan harga Daihatsu Ayla – Mobil murah dengan desain modern dan berbekal spesifikasi mumpuni serta ramah lingkungan, tampaknya akan dibawa oleh Daihatsu Ayla. Bagaimana tidak? Mobil LCGC (Lost Cost Green Car) yang resmi diperkenalkan sejak 2012 lalu itu memang menjadi salah satu produk Daihatsu yang memang dihadirkan untuk menyesuaikan atau mengikuti kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia dalam mengatur sebuah mobil yang ramah lingkungan dan dengan harga yang murah. Meskipun dibilang murah namun Daihatsu Ayla ini tidak hadir dengan kualitas yang murahan. Terbukti sejak mobil LCGC buatan Daihatsu ini mulai dipasarkan pada 9 September 2013 lalu, Ayla telah berhasil menghinoptis ribuan konsumen dengan mencatat angka penjualan yang bisa dibilang cukup tinggi. Bahkan sampai saat ini pun, kepopuleran Daihatsu Ayla yang menjadi pesaing Toyota Agya itu pun terus meningkat seiring dengan kepercayaan para konsumen di Indonesia terhadap kualitas mobil ramah lingkungan yang dipasarkan oleh Daihatsu ini. Hal tersebut tentu juga tak lepas dari harga jualnya yang berada di bawah seratus jutaan.
All New Daihatsu Ayla
All New Daihatsu Ayla
Membawa nama sebagai mobil LCGC, tentu saja spesifikasi yang diusung Daihatsu Ayla akan lebih menonjolkan konsep ramah lingkungan. Bahkan, mobil buatan Daihatsu ini juga akan dibanderol dengan angka yang sangat terjangkau. Sehingga akan sangat wajar sekali jika LCGC ini menjadi mobil yang cukup banyak diminati oleh para konsumen. Berkaitan dengan spesifikasi, Daihatsu Ayla ini akan membawa keunggulan yang terbilang cukup mumpuni di kelasnya, baik dari segi desain, mesin pacu, maupun fitur yang dibawanya. Dari sisi eksteriornya, desain yang diusung pesaing Agya ini memang dihadirkan dengan bentuk bodi yang mungil namun tampak begitu elegan dan aerodinamis sehingga akan membuat tampilan Daihatsu Ayla ini memang tampak begitu cool dan keren. Di sisi lain, sektor dapur pacunya pun tak bisa dianggap remeh mengingat mobil LCGC ini telah dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc tipe Dual VVT-i yang sudah tentu bakal mampu menyemburkan power cukup handal. Sementara itu, fitur-fitur lain penunjang kenyamanan maupun keselamatan pun juga pastinya turut disematkan pada Daihatsu Ayla ini. Di samping itu, mobil LCGC buatan pabrik asal jepang ini pun juga akan menawarkan beberapa varian, antara lain tipe D, D+, M, dan X di mana setiap tipe tersebut bisa dipilih sesuai kebutuhan mengingat tiap varian tersebut memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda.

Spesifikasi Daihatsu Ayla

Mengusung nama LCGC, sektor eksterior dari spesifikasi Daihatsu Ayla pun menjadi salah satu bagian yang mampu memikat hati para konsumen. Pasalnya, meski masuk dalam kategori mobil murah namun untuk urusan desain eksteriornya, tak bisa dianggap murahan. Sebab, pada sisi eksteriornya ini, Daihatsu telah memoles Daihatsu Ayla ini dengan polesan yang begitu cantik nan anggun. Hal itu bisa dilihat pada setiap sisi dari bodinya. Mulai dari depan, tampak sebuah Projector Headlamp with LED Position Lamp dan Daytime Running Light yang terpasang manis pada sisi depan. Dengan bekalan lampu utama tersebut maka pencahayaan Daihatsu Ayla pun akan lebih maksimal tanpa menyilaukan. Selain itu, bumper depan baru dengan aerokit kian sporty dan dinamis dengan konsep yang lebih tegas serta grille depan yang dibuat lebih besar sehingga semakin memperkuat kesan mobil modern yang stylish. Tak hanya itu saja, hadir juga fog lamp pada sisi depan yang akan memberikan keamanan lebih dalam berkendara. Selanjutnya, pada sektor samping bodi Daihatsu Ayla pun terdapat garis tegas memanjang dari arah depan sampai belakang melewati di antara handle door yang sedikit memberikan kesan spoty. Bahkan, side skirt pun juga tampak lebih stylish dengan warna krom yang begitu stylish. Tak hanya itu saja, Body Color Outer Mirror with Side Turn Lamp pun juga terpasang manis pada spion depan Daihatsu Ayla ini. Lalu, pada bagian belakang, tampak terpasang stoplamp bergaya modern yang mampu memancarkan cahaya cukup terang dan lampu reflektor yang akan membuat berkendara menjadi lebih aman. Kemudian, wiper belakang pun juga turut disematkan bersamaan dengan spoiler HMSL dengan list krom pada Daihatsu Ayla yang sudah dilengkapi lampu LED sehingga mampu menghasilkan sinar lebih terang tanpa membuat silau pengendara yang berada di belakangnya. Tak hanya itu saja, bumper belakang dengan aerokit dan knalpot cutter pun juga tampak membuat sektor eksterior dari spesifikasi Daihatsu Ayla ini semakin elegan dan stylish.
All New Daihatsu Ayla (tampak belakang)
All New Daihatsu Ayla (tampak belakang)
Saat memasuki sektor interior, sobat akan disajikan ruang kabin dengan luas yang cukup pas untuk sekelas mobil LCGC. Bahkan, beberapa panel maupun fitur pun juga tersematkan pada bagian dashboard depan yang dibuat dengan nuansa Dark Silver Painted Ornament sehingga membuat tampilan dashboardnya pun semakin tampak mewah dan menarik. Selain itu, pada dashboard Daihatsu Ayla ini yang begitu stylish pun juga terdapat beberapa panel dan fitur hiburan canggih. Salah satunya yaitu fitur 2 DIN Touchscreen Audio yang begitu canggih yang bisa diatur hanya dengan sentuhan jari sehingga akan mempermudah setiap pengguna dalam mengontrol panel. Kemudian, pada bagian setir kemudi Daihatsu Ayla pun juga dibuat lebih stylish, bahkan pada setir kemudinya pun juga sudah dilengkapi panel switch terintegrasi dengan sistem audio yang akan mempermudah pengemudi dalam mengontrol audio ketika menyetir. Tentu, hal ini akan membuat sisi interior pada Daihatsu Ayla semakin terkesan modern dan canggih. Apalagi dengan desain door trim terbaru plus Fabric Ornament yang kian membuat tampilan interiornya semakin bergaya kekinian. Tak hanya itu saja, kenyamanan penumpangnya pun akan semakin dirasakan berkat desain struktur jok baru Daihatsu Ayla ini dengan cover pattern yang begitu empuk ketika diduduki. Di sisi lain, pada bagian belakang dari sisi interior mobil LCGC ini pun juga akan dilengkapi bagasi yang cukup luas dengan tray guna memberikan kemudahan kepada pengguna dalam berkendara. Tentu, dengan beragam fitur dan tampilan interior yang dibawanya tersebut maka akan semakin membuat spesifikasi Daihatsu Ayla ini kian menarik dan memikat para konsumen.
Kabin All New Daihatsu Ayla
Kabin All New Daihatsu Ayla
Tak cukup pada eksterior maupun interiornya saja, dimensi yang diusung mobil LCGC ini pun juga turut menjadi bagian penting pada spesifikasi Daihatsu Ayla. Pasalnya, bentuk bodi dan ruang interiornya sangat bergantung pada ukuran dimensi yang dibawanya ini. Nah, terkait dengan dimensi, mobil hatchback ini akan mengusung dimensi yang memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm di mana memiliki jarak sumbu roda yang mencapai 2.455 mm. Namun, untuk dimensi dari Daihatsu Ayla tipe X agak berbeda, yang lebih panjang 20 mm dengan jarak sumbu roda lebih pendek 5 mm. Sementara itu, untuk bobot kendaraan sendiri setiap tipe memiliki berat kosong yang berbeda-beda, dimulai dari tipe terendah yang berbobot 770 Kg sampai 880 Kg pada tipe yang tertinggi. Di sisi lain, guna memperkuat sektor kaki-kakinya maka Daihatsu Ayla pun akan mengandalkan suspensi tipe Macpherson Struts Semi Independent Torsion Axle Beam. Di mana tipe suspensi ini digunakan pada setiap tipe dari mobil LCGC ini. Tak hanya itu saja, pada kaki-kakinya pun juga akan disematkan velg Steel 13 inci dengan ban berukuran 155/80 R13. Ukuran tersebut untuk Daihatsu Ayla tipe D, sedangkan untuk tipe X akan menggunakan ban yang sama namun untuk jenis velgnya berbeda. Untuk tipe X pertama akan mengusung velg Alloy 175/65 R14 dan untuk varian tipe X yang ke dua akan menggunakan velg Alloy (Polished & 2-Tone Painted) dengan balutan ban berukuran yang sama. Sementara itu, untuk sektor pengeremannya, spesifikasi Daihatsu Ayla ini akan mengandalkan rem Ventilated Disc Brake pada bagian depan dan Drum Leading Trailing pada bagian belakang.
Layout dashboard All New Daihatsu Ayla
Layout dashboard All New Daihatsu Ayla
Mobil LCGC buatan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memang dihadirkan dengan desain stylish, interior elegan dan dimensi yang pas. Begitu juga dengan sektor permesinannya di mana mobil LCGC ini akan membawa mesin dengan 2 varian kapasitas mesin, yaitu 1.0 liter (998cc) berteknologi 1KR-DE Tipe DOHC dan 1.2 liter (1.197cc) dilengkapi teknologi 3NR-VE bertipe DOHC plus VVT-i. Untuk Daihatsu Ayla mesin 1.0 liter memiliki 12 katup 3 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenag maksimal mencapai 65 Ps per 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada putaran ke 3.600 rpm. Sedangkan untuk tipe mesin 1.2 liter akan mengusung 4 silinder segaris dengan 16 katup di mana untuk varian tertinggi Daihatsu Ayla ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 88 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimal hingga 108 Nm per putaran 4.200 rpm. Meskipun mesinnya berbeda namun setiap tipe dari mobil ini memiliki kapasitas bahan bakar yang sama, yakni 33 liter. Menariknya, setiap tipe yang ditawarkan sudah mengandalkan jenis pembakaran EFI sehingga akan membuat spesifikasi Daihatsu Ayla pada sektor mesin pacunya ini menjadi lebih irit bahan bakar, efisien, dan ramah lingkungan.
Engine All New Daihatsu Ayla
Engine All New Daihatsu Ayla
Selain performanya yang begitu ramah lingkungan, spesifikasi Daihatsu Ayla ini juga dibekali dengan beberapa fitur canggih yang sangat fungsional dalam menunjang kenyamanan maupun keselamatan setiap penumpangnya. Pertama, guna menekan potensi cedera pada pengemudi maupun penumpang depan ketika terjadi tabrakan maka Daihatsu Ayla pun membekali fitur keselamatan berupa Dual SRS Airbags. Sementara itu, untuk mencegah benturan pedal rem yang patah dan mengurangi resiko terjepitnya kaki pengemudi maka mobil LCGC ini pun akan dilengkapi dengan Pedal Clutch Anti Back Up. Selain itu, Side Impact Beam pun juga menjadi pelindung bagi para penumpang Daihatsu Ayla ketika terjadi kecelakaan dari samping. Di sisi lain, untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara maka disematkanlah fitur audio sistem canggih pada interiornya dan alarm immobilizer yang akan mencegah resiko pencurian.
Spesifikasi Daihatsu Ayla
Model
1.0 L
2.0 L
D
D+
M
X
X
R
MT
MT
MT
AT
MT
AT
MT
AT
MT
AT
Mesin
Tipe
1KR-DE,DOHC
3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas
998 cc
1197 cc
Jumlah Silinder
3 – segaris
4 – segaris
Jumlah Katup
12
16
Diameter x Langkah
71.0 x 84.0
72.5 x 72.5
Tenaga Maksimum
65 ps /6.000 rpm
88 ps /6.000 rpm
Torsi Maksimum
86 N.m/3.600 rpm
108 N.m/4.200 rpm
Sistem Bahan Bakar
EFI
Dimensi
P x L x T
3.640 x 1.600 x 1.520 mm
3.660 x 1.600 x 1.520 mm

Jarak Sumbu Roda
2455 mm
2450 mm
Jarak Pijak Roda Depan
1420 mm
Jarak Pijak Roda Belakang
1415 mm
Tinggi dari Tanah
180 mm
Kapasitas Penumpang
5
Radius Putar Minimum
4.4 mm
4.5 mm
Berat Kosong Kendaraan
770
790
800
820
855
875
860
880
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
33 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan
Mac Pherson Struts
Suspensi Belakang
Semi Independent Torsion Axle Beam
Rem Depan
Ventiated Disc Brake
Rem Belakang
Drum,Leading-Trailing
Rem Parkir
Mekanis pada Roda Belakang
Ukuran Ban
155/80 R13
175/65 R14
175/65 R14
Velg
Steel
Alloy
Alloy (Polished & 2-Tone Painted)
Fitur
Kenyamanan
• AC
• Glove Box
• Door Trim Pocket
• Bootle Holder
• Center Console
• Seat Back Pocket
• New Front Bumper with Aerokit
• Projektor Head Lamp with LED Position Lamp
• DRL (Day Time Runnig Light)
• Body Color Outer with Side Turn Lamp
• Side Stone Guard
• FOG Lamp
• New Rear Bumper
• Rear Wipper
• Rear Reflection
• Rear Spoiler eith HMSL
• Chrome Window List
• Chrome Muffler Cutter
Keamanan
• Dual SRS Airbag
• Back Sonar (Tipe 1.0 X & 1.2 R)
• Side Impact Beam
• Immobilizer & Alarm Integrated Key
• Rear Stabilizer
• Pedal Clutch Anti Back Up

Harga Daihatsu Ayla

Mengenai harga Daihatsu Ayla, tampaknya seperti yang sudah disinggung di atas bahwa banderol untuk memboyong mobil LCGC ini terbilang sangat terjangkau. Pasalnya, harga Daihatsu Ayla dipatok mulai Rp 92.550.000 untuk varian terendah sampai pada Rp 146.250.000 pada varian tertinggi. Menurut informasi dari situs resminya, harga mobil LCGC buatan Daihatsu tersebut berlaku mulai 1 Januari 2017 dan merupakan harga OTR Jakarta. Harganya yang cukup murah tersebut bahkan lebih murah dari pesaing utamanya Toyota Agya yang juga baru saja mengalami penyegaran. Meskipun demikian, fitur yang tersemat pada LCGC ini tidak selengkap pesaingnya, mengingat harga Daihatsu Ayla ini yang lebih murah.
Harga Daihatsu Ayla
Tipe
Harga
Daihatsu Ayla D MT MI
Rp 92.550.000
Daihatsu Ayla D PLUS MT MI
Rp 104.750.000
Daihatsu Ayla M MT MI
Rp 109.050.000
Daihatsu Ayla M AT MI
Rp 118.050.000
Daihatsu Ayla M SPORTY MT MI
Rp 122.350.000
Daihatsu Ayla M SPORTY AT MI
Rp 131.550.000
Daihatsu Ayla X MT MI
Rp 116.400.000
Daihatsu Ayla X AT MI
Rp 125.450.000
Daihatsu Ayla X DELUXE MT MI
Rp 123.750.000
Daihatsu Ayla X DELUXE AT MI
Rp 132.800.000
Daihatsu Ayla AIRBAG X MT MI
Rp 120.000.000
Daihatsu Ayla AIRBAG X AT MI
Rp 129.050.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 X MT
Rp 125.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 X AT
Rp 135.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R MT
Rp 132.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R DELUXE MT
Rp 136.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R AT
Rp 142.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R DELUXE AT
Rp 146.250.000
Harga tersebut di atas merupakan harga Daihatsu Ayla On The Road (OTR) untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk harga di daerah, ada kemungkinan memang banderol harganya akan mengalami perubahan karena untuk biaya handling. Dengan harga Daihatsu Ayla yang sangat kompetitif ini, memang pantas jika Ayla menjadi salah satu LCGC paling laris di Tanah Air. Dengan semakin meluasnya pasar mobil yang kini tak hanya berpusat di kota-kota besar, Ayla memang memiliki peluang untuk menjadi salah satu varian kendaraan LCGC dengan porsi pasar terbesar di Tanah Air. Demikian ulasan tentang spesifikasi dan harga Daihatsu Ayla.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment