Tuesday, November 29, 2016

Spesifikasi dan Harga Mazda 6


Spesifikasi dan harga Mazda 6 – Mazda Motor Indonesia telah merilis All New Mazda 6 yang merupakan tipe terbaru dari generasi sedan racikan Mazda. Keputusan Mazda untuk menghadirkan tipe sedan sebenarnya agak sedikit mengejutkan. Kehadiran Mazda 6 di tengah booming-nya varian hatchback dan mobil crossover memang membuat banyak pihak meragukan produk terbaru pabrikan asal Jepang tersebut. Sebelum merilis Mazda 6, Mazda Motor Company sendiri juga telah meluncurkan tipe small hatchback Mazda 2 yang sangat sukses di pasaran otomotif Indonesia.
Mazda 6
Mazda 6
Sebagai varian sedan kelas premium, Mazda 6 dibekali dengan fitur-fitur canggih yang dibalut dengan nuansa kemewahan khas Mazda. Selain fitur interior canggih nan mewah, pastinya mobil terbaru Mazda ini juga dibekali dengan mesin bertenaga yang sangat tangguh. Untuk sektor dapur pacunya, Mazda Mazda6 tetap mengandalkan mesin bertipe SKYACTIV yang selama ini menjadi ciri khas Mazda. Mesin tersebut merupakan mesin SKYACTIV-G 2 silinder DOHC berkapasitas 2.5 liter. Dengan kapasitas mencapai 2.488cc, dipastikan mesin tersebut akan menghasilkan power yang sangat besar.

Spesifikasi Mazda 6

Dari segi eksterioer terlihat bahwa konsep desain “Kodo : Soul of Motion” yang selama ini sangat melekat pada mobil-mobil racikan Mazda, benar-benar diaplikasikan secara sempurna pada spesifikasi Mazda 6 ini. Dari tampilan luar, mobil ini memang mencerminkan sedan masa kini yang berpenampilan kalem namun tetap elegan. Dari depan, aksen grill yang lebih besar pada Mazda 6 membuatnya tampak lebih sporty. Dengan tambahan desain lampu utama yang bersudut lancip, membuat mobil ini semakin nampak elegan. Selain kombinasi grill dan dua sudut lampu utama yang mewah tersebut, penambahan list chrome yang menghubungkan kedua lampu dan melewati grill bagian bawah, semakin menambah aura kemewahan pada Mazda 6 ini. Jika dilihat dari samping, Mazda 6 ini memiliki desain atap melengkung yang merupakan desain sedan masa kini. Kemudian, untuk sektor buritan, spesifikasi Mazda 6 di sektor desain eksterior ini memiliki gaya “buntut” pendek yang dikombinasikan dengan model lampu “sipit” yang membuat sedan ini nampak gagah jika dilihat dari belakang.
Mazda 6 (rear view)
Mazda 6 (rear view)
Untuk komponen interior-nya, Mazda 6 terbaru ini juga terlihat sangat kental dengan aroma kemewahan lengkap dengan fitur-fitur canggih. Mazda 6 memiliki kapasitas empat bangku utama yang mampu menampung maksimal 5 orang penumpang. Bangku-bangku tersebut dilapisi dengan high-quality leather yang memberikan kenyamanan ekstra bagi setiap orang yang ada di dalamnya. Di sektor kemudi depan, pengemudi Mazda 6 akan dimanjakan dengan panel-panel yang lengkap guna membantu mengemudikan mobil ini. Panel-panel yang ada di sektor kemudi tersebut antara lain ; Gauge Illumination Dimming Control, Trip Computer, hingga panel-panel yang terpampang di layar LCD Touchscreen 7 inci yang meliputi Lane Departure Warning System, Mazda Radar Cruise Control, dan juga High Beam Control System. Sesuai dengan kelasnya, spesifikasi Mazda 6 ini memang memiliki segudang fitur-fitur canggih yang tak hanya fungsional, namun menawarkan kemewahan dan kepuasan tersendiri bagi pengendaranya.
Kabin Mazda 6
Kabin Mazda 6
Dilihat dari sisi dimensi mobil, Mazda 6 ini memiliki ukuran tubuh 4865mm x 1840mm x 1450mm. Meski terhitung memiliki bodi besar, namun ukuran tubuh yang bongsor tersebut mampu ditutupi Mazda dengan desain yang sangat elegan sehingga Mazda 6 tetap terlihat “cakep” meskipun bertubuh sangat besar. Selain dimensi yang pas, mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda mencapai 2830mm yang akan memudahkan pemngemudinya saat mengajak Mazda Mazda6 untuk bermanuver dalam kecepatan tinggi. Mobil ini juga dibangun dengan sasis depan tipe SKYACTIV-CHASSIS independent MacPherson struts yang sangat kokoh dan akan memberikan jaminan keamanan bagi pengemudinya. Sedangkan untuk sasis yang menyokong suspensi belakangnya, spesifikasi Mazda Mazda6 menggunakan SKYACTIV-CHASSIS independent Multi-link yang akan memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpangnya.
Layout dashboard Mazda 6
Layout dashboard Mazda 6
Urusan tenaga, Mazda membekali Mazda 6 dengan mesin SKYACTIV-G 2.5 liter 4 silinder DOHC. Mesin tersebut memiliki kapasitas 2.488cc. Dengan kapasitas yang cukup besar, mobil ini mampu menyemburkan tenaga hingga 187 PS pada putaran 5700 rpm dengan torsi maksimal mencapai 250 Nm pada putaran mesin 3250 rpm. Tenaga pada dapur pacu Mazda 6 tersebut dioperasikan melalui transmisi 6 percepatan. Meski mesinnya sangat bertenaga, namun mobil ini termasuk dalam mobil-mobil yang irit konsumsi bahan bakar. Spesifikasi Mazda 6 di sektor dapur pacu memang sudah dilengkapi dengan teknologi Electronical Controlled Direct Injection yang akan membuat komponen-komponen mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal, dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit.
Mesin Mazda 6
Mesin Mazda 6
Untuk fitur keamanan, sedan terbaru racikan Mazda ini sudah dilengkapi dengan Dual front air bags, dual front side air bags, serta dual side air curtains yang akan melindungi pengemudi dan penumpang Mazda 6 saat terjadi kecelakaan atau benturan mendadak. Selain air bags yang lengkap di setiap sisinya, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur Anti-theft alarm system yang akan melindungi Mazda 6 dari resiko pencurian. Sebagai pelengkap fitur standar keamanan, spesifikasi Mazda Mazda6 juga dilengkapi dengan seat belt untuk setiap masing-masing pengemudi dan penumpangnya. Fitur hiburan yang sangat lengkap juga dihadirkan oleh spesifikasi Mazda 6 ini. Untuk sektor audio, Mazda membekali sedan barunya ini dengan AM/FM/HD Radio CD player lengkap dengan 6 speaker aktif yang akan menghasilkan suara yang memanjakan pengendaranya. Selain sistem audio yang sangat berkelas, Mazda 6 juga dibekali dengan fitur-fitur lain, misalnya Bluetooth, Automatic volume control dan juga USB serta auxiliary audio input jacks. Sektor hiburan yang ada pada Mazda 6 juga telah dilengkapi dengan 5.8″ colour touchscreen audio display yang akan sangat membantu pengendaranya saat membutuhkan hiburan di tengah kemacetan. Spesifikasi Mazda 6 di sektor fungsi hiburan juga dibekali SiriusXM® Satellite Radio lengkap dengan fin antenna. Selain fitur-fitur tersebut, Mazda 6 juga dilengkapi dengan fitur canggih lainnya yang akan membuat berkendara bersama mobil ini semakin mudah dan menyenangkan. Di sektor pengereman, Mazda 6 sudah dipersenjatai dengan teknologi Ventilated Discs untuk sektor rem depannya. Teknologi pengereman ini akan membuat Mazda 6 tetap stabil saat harus berhenti mendadak. Untuk mengimbangi rem depannya, Mazda menyematkan teknologi Solid Discs untuk rem Mazda 6 di bagian belakang. Dengan kombinasi teknologi terbaik di sektor keamanan, kenyamanan, dan juga hiburan, spesifikasi Mazda 6 memang dibuat sesempurna mungkin demi memuaskan pengendara dan penumpangnya.
Mazda Mazda 6
Mesin
Tipe
SKYACTIV-G 2.5L Inline 4 cylinder DOHC valve
Kapasitas
2488cc
Rasio Kompresi
13.0:1
Bore x Stroke
89.0 x 100.0
Power Maksimum
138kW (187PS) / 5700rpm
Torsi Maksimum
250 Nm (25.5kgm) / 3250 rpm
Sistem Bahan Bakar
Electronically controlled Direct Injection
Kapasitas Tangki
62L
Jenis Bahan Bakar
Unleaded Gasoline 9ORON or above
Bodi
Panjang x Lebar x Tinggi
4865mm x 1840mm x 1450mm
Jarak Antar Roda
2830mm
Jarak Dengan Tanah
165mm
Kapasitas Angkutan (max)
1498kg
Radius Putar Minimal
5.6m
Kemudi
Tipe
Rack & Pinion
Tipe Power Assist
Electric Power-Assisted Steering (EPAS) system
Sasis
Suspensi Depan
SKYACTIV-CHASSIS independent MacPherson struts
Suspensi Belakang
SKYACTIV-CHASSIS independent Multi-link
Transmisi
Tipe
SKYACtiV-DRIVE 6-Speed Activematic with Direct Mode & Active Adaptive Shift
Rasio Gir (:1)
3.552 1st / 2.022 2nd / 1.452 3rd / 1.000 4th / 0.708 5th / 3.893 6th / 4.056 reverse / final
Drive Wheel
Front Wheel Drive (FWD)
Pengereman
Rem Depan
Ventilated Discs
Rem Belakang
Solid Discs
Kaki-kaki
Ban dan Velg
19 x 7-1/2 J Alumunium / 224/45R19
Fitur
Keamanan
Advanced Keyless Entry System (keyless entry, trunk release and start)
Remote keyless entry system with trunk release
Speed-sensing power door locks
Dual front air bags, dual front side air bags and dual side air curtains
Rearview camera, etc.
Kenyamanan
Air conditioning with manual climate controls
Dual-zone automatic climate controls
Rear seat heater ducts with HVAC controls
6-way manually adjustable driver’s seat
6-way power-adjustable driver’s seat
Premium cloth upholstery, etc.
Audio
AM/FM/HD Radio CD player with 6 speakers
11-speaker premium Bose® audio system with Centerpoint® Surround Sound System and AudioPilot®
noise compensation technology
Bluetooth® with Audio Profile, etc.

Harga Mazda 6

Untuk urusan harga, kisaran harga Mazda 6 untuk pasaran Indonesia adalah sekitar Rp. 609.100.000,00 untuk varian warna reguler.  Sementara untuk Anda yang berminat dengan warna Red Soul khas Mazda, bisa menambahkan uang Rp 3 jutaan. Berikut detail harga Mazda 6 untuk review para pembaca.
Tipe
Harga
Mazda Mazda6 Regular Colour
Rp. 609,100,000
Mazda Mazda6 Soul Red Version
Rp. 612,100,000
Melihat dari harga yang begitu tinggi dibandingkan type sekelas dari merk-merik lain, tentunya Mazda 6 ini memiliki nilai plus karena memang selain desain yang furturistik mobil ini juga mempunyai power yang besar serta fitur-fitur canggih lain yang dapat memberikan pelayanan yang memuaskan agi para penggunanya, tak heran kalau mobil ini ditujukan untuk segment kelas mengenah ke atas. Daftar harga tersebut di atas merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta, untuk wilayah lain biasanya ada selisih harga karena adanya biaya distribusi. Untuk lebih jelas anda dapat bekunjung ke dealer-dealer Mazda terdekat di kota anda. Demikian pembahasan kali ini mengenai spesifikasi dan harga Mazda 6.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment