Spesifikasi dan harga Datsun Go+ - Setelah mati suri
sekitar 3 dekade di Indonesia, kali ini Datsun hadir di bawah bendera Nissan
Motor dengan turut meramaikan tren LCGC di Indonesia lewat dua unit mobil
terbaru sekaligus, yaitu Datsun GO+ (Plus) dan Datsun GO Panca atau yang lebih
dikenal dengan GO hatchback. Setelah satu tahun diluncurkan, salah satu LCGC
yang juga menjadi ujung tombak penjualan Datsun Indonesia, yakni Datsun GO+,
berhasil mencatatkan penjualan positif dengan angka lebih dari 100.000 unit
secara global hanya dalam kurun 1 tahun saja. Hal yang mendasari penjualan
Datsun GO Plus cukup moncer baik di dalam negeri ataupun di luar
negeri karena meskipun menyasar segmentasi LCGC atau low MPV, namun mobil ini
menawarkan kabin lapang layaknya MPV kelas menengah. Strategi yang dilakukan
Datsun memang cukup cerdik. Berkat strateginya tersebut, bisa dibilang DatsunGO+ adalah pelopor LCGC bersegmen small MPV tiga baris. Meskipun secara teknis
Datsun GO Plus ini masih mengusung basis yang sama dengan LCGC berjenis
hatchback, namun dengan kabin lebih luas tentu akan memberikan sensasi
berkendara lebih lega.
Datsun Go+ |
Pada mulanya Datsun
GO+ menjadi satu-satunya LCGC yang menawarkan kabin setara dengan small MPV
di mana pada saat itu LCGC didominasi oleh hatchback berkonsep city car. Banyak
orang meragukan mobil ini karena kemampuannya belum teruji. Namun pada akhirnya
Datsun GO Plus justru cepat meraih popularitas di dalam negeri berkat nama
besar Nissan dan kehandalan mobil yang cukup menjanjikan. Kedatangan Datsun GO+
sendiri di Indonesia memberikan alternatif yang pas untuk keluarga kecil yang
menginginkan mobil keluarga dengan harga kompetitif. Berbekal spesifikasi mesin
1.2L yang menjamin performa bertenaga dan tetap irit konsumsi bahan bakar,
varian LCGC tiga baris ini juga merupakan tipe mobil yang mudah dalam hal
perawatan. Selain itu, desain Datsun GO+ yang simple dan minimalis juga
membuat mobil ini cepat disukai konsumen.
Spesifikasi Datsun Go+
Desain eksterior dari
spesifikasi Datsun GO+ ini tak jauh berbeda dengan Datsun GO Panca yang
merupakan jenis hatchback dari jenis mobil ini, namun untuk tipe mobil keluarga
yang satu ini dibuat lebih panjang dengan konsep small MPV. Secara
keseluruhannya, garis body hampir mirip dengan Nissan Grand Livina. Namun untuk
Datsun GO Plus dirancang lebih kompak. Mobil ini menawarkan desain depan yang
bagus lewat penerapan headlamp heksagonal berjenis halogen yang sanggup
memberikan penerangan maksimal ketika berkendara di malam hari. Kemudian pada
bagian grill depan juga desain hampir sama dengan Datsun GO Panca dengan konsep
grull D-Cut berkontur honeycomb dengan bingkai krom untuk memberikan kesan
elegan. Lantas pada bagian bumper depan Datsun GO+ juga menampilkan desain
berkelas lewat siluet tiga dimensi. Beralih pada body samping, desain mobil ini
identik dengan mobil low MPV lainnya yang tanpa banyak garis tajam, namun tetap
kelihatan sporty lewat desain kaca menyempit dari depan ke belakang. Lantas
untuk bagian buritannya sendiri, Datsun GO+ menawarkan desain dinamis lewat
perpaduan body belakang yang dibuat melengkung dengan stoplamp persegi yang
kompak mengikuti alur body secara keseluruhan. Desain body belakang juga
semakin manis berkat penerapan roof spoiler dan body yang dibuat menjorok ke
belakang serta bumper yang dikonsep landai. Umumnya desain eksterior dari
spesifikasi Datsun GO Plus ini memang cukup modis serta mampu menampilkan aura
mobil yang fungsional sebagai kendaraan masa kini.
Datsun Go+ (rear view) |
Sisi interiornya
sendiri tak jauh berbeda dengan Datsun GO versi hatchback, di mana kedua mobil
ini mengusung material yang sepadan serta desain dashboard yang identik. Mulai
dari dashboard yang didominasi warna abu-abu, kemudian panel instrumennya
minimalis pada umumnya dan hanya terdapat panel audio standar. Desain dashboard
Datsun GO+ sendiri lebih ringkas berkat penempatan tuas persneling yang
menyatu pada dashboard depan. Setir kemudi juga sangat mirip dengan Datsun GO
Panca di mana tak ada tombol penunjang speedometer atraktif, namun tetap
memiliki cluster AC yang dapat diputar. Untuk joknya sendiri, material jok yang
ada pada Datsun GO Plus ini cukup baik, dengan aksen mirip jok kulit namun
berbeda detailnya. Lantas untuk kabinnya sendiri dirancang lebih lega
dibandingkan dengan Datsun GO di mana pada Datsun GO+ ini memiliki kursi ketiga
yang bisa dilipat sebagai tambahan bagasi yang sanggup menampung barang bawaan
anda hingga maksimal 347 liter (apabila kursi baris ketiga dilipat). Secara
keseluruhan, Datsun GO+ menawarkan kabin minimalis namun dijamin memberikan
kenyamanan ekstra untuk penumpang berkat penerapan kursi depan terhubung serta
ruang kepala yang dirancang lebih lebar. Idealnya, jika melihat spesifikasi
Datsun GO Plus pada bagian kabin dan interior, mobil ini sanggup menampung
hingga 7 orang penumpang dengan catatan kabin ketiga bisa dihuni oleh dua orang
anak-anak dengan tinggi kurang dari 150 cm.
Kabin Datsun Go+ |
Sebagai mobil jenis
MPV yang kompak untuk penggunaan perkotaan, Datsun Go+ mempunyai dimensi yang
mencakup panjang body 3.995 mm, lebar mobil 1.635, serta tinggi mobil yang
hanya berkisar pada 1.490 mm. Melihat dimensinya, jelas mobil ini asyik untuk
diajak bermanuver di jalan raya, apalagi memiliki radius putar cukup rendah,
yakni 4,6 m saja. Datsun GO+ juga masih sanggup diajak melesat di jalanan yang
kurang rata karena catatan ground clearance-nya cukup tinggi, mencapai 170 mm.
Stabilitas mobil ini juga semakin mantap berkat kehadiran teknologi Electronic
Power Steering dengan Speed Sensitive, namun hanya untuk Datsun GO Plus tipe T
Option dan T Style. Untuk dukungan stabilitas berkendara lainnya, kemampuan
mobil ini juga tidak perlu diragukan lagi karena Datsun GO+ sudah dibekali
dengan sistem suspensi berporos ganda yang disempurnakan oleh suspensi depan
bertipe McPherson Strut dengan per keong, serta suspensi belakang menggunakan
Torsion Beam. Untuk mengontrol traksi, Datsun GO+ juga sudah dijejali dengan
rem depan berjenis disk berventilasi, serta rem belakang berjenis drum. Sedangkan
pada bagian kaki-kakinya, spesifikasi Datsun GO Plus dibekali dengan velg
berdiameter 13 inci dibalut ban berukuran 155/70.
Layout dashboard Datsun Go+ |
Untuk urusan engine
mobil, mesin mobil ini memang masih menggunakan basis mesin yang sama dengan
saudara kandungnya, yakni Datsun GO Panca hatchback. Kali ini, Datsun
GO+ tetap mengandalkan mesin seri HR12DE yang juga masih merupakan platform
mesin dari Nissan March. Nama Nissan March sendiri dikenal publik sebagai salah
satu city car yang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup irit, selain
tentunya performa mesin yang juga bertenaga. Nah, konsep itu jugalah yang
diterapkan pada Datsun GO+ ini. Sama seperti varian GO Panca, mobil ini
masih dijejali dengan mesin DOHC 3 silinder yang memiliki kapasitas 1198 cc.
Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 50 KW pada putaran
mesin 6000 rpm dan torsi sebesar 104 NM pada putaran mesin 4000 rpm. Tenaga
yang ada pada Datsun GO Plus ini memang sedikit dibawah versi GO Panca.
Hal ini karena mobil ini memang memiliki dimensi yang lebih besar. Sementara
itu untuk penyaluran bahan bakarnya, mobil ini sudah menggunakan sistem Fuel
Injection. Penggunaan sistem pengabutan bahan bakar injeksi tersebut akan
membuat Datsun GO+ menjadi lebih irit bahan bakar. Dari beberapa pengujian,
mobil ini diklaim sanggup melesat dengan kecepatan maksimum 155 km/jam. Selain
itu, sama seperti Datsun GO Panca, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan
teknologi pedal elektrik untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar serta
menjaga umur pemakaian mesin lebih lama. Untuk transmisi penggeraknya sendiri,
spesifikasi Datsun GO Plus yang tersedia di pasar Indonesia semuanya masih
mengusung transmisi manual 5 percepatan.
Mesin Datsun Go+ |
Untuk fitur
keselamatan, sama seperti Datsun GO Panca, mobil ini juga sudah dilengkapi
dengan fitur penunjang keselamatan standar seperti Drive-side Airbag plus
Pretensioner Seatbelt yang tersedia untuk semua tipe. Seatbelt pada Datsun GO+
pun juga sudah terbagi untuk tiap-tiap kabin. Beralih pada sektor kenyamanan,
juga sudah tersedia bermacam fitur penunjang kenyamanan, seperti Drive
Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System,
serta Parking Sensors yang melengkapi fitur pada Datsun GO Plus tipe T Option
dan T Style. Kemudian ada juga fitur Mobile Docking Station yang tersedia untuk
tipe T Option dan T Style. Sedangkan fitur multimedianya sendiri terdapat 1 Din
Audio with Aux Jack, USB, serta active speakers di mana perbedaannya meliputi
JVC Audio System untuk Datsun GO+ tipe T Style dan T Option saja. Sementara MDS
Audio juga sudah tersedia untuk semua tipe GO+ yang bertipe low MPV ini. Selain
itu, pada semua tipe Datsun GO+ juga sudah disediakan AC manual yang cukup
memberikan kesejukan di dalam kabin. Lantas tak lupa pula mobil ini sudah
dibekali dengan fitur keamanan standar mobil modern, mulai dari Immobilizer,
Central Door Lock, serta Keyless Entry lengkap dengan alarm. Namun sayangnya,
semua fitur tersebut hanya tersedia untuk spesifikasi Datsun GO Plus tipe T
Option dan T Style.
Datsun GO+
|
|
Mesin
|
|
Seri Mesin
|
HR12DE
|
Kapasitas Isi Silender (cc)
|
1,198
|
Tenaga Maksimal (PS/rpm)
|
50/5000
|
Torsi Maksimal (Nm/rpm)
|
104/4000
|
Transmisi
|
5 Speed MT
|
Dimensi
|
|
P x L x T (mm)
|
3955 x 1635 x 1490
|
Jarak Sumbu Roda (mm)
|
2,450
|
Jarak Radius Putar (m)
|
4.6
|
Jarak Terendah ke Tanah (mm)
|
170
|
Berat Kosong (kg)
|
812
|
Steering
|
|
Tipe Steering
|
Power Steering
|
Pengereman
|
|
Rem Depan
|
Disc
|
Rem Belakang
|
Drum
|
Suspensi
|
|
Suspensi Depan
|
Mc Pherson Strut with Coil Spring
|
Suspensi Belakang
|
Torsion Beam
|
Kaki-kaki
|
|
Ukuran Ban
|
155/70 R13
|
Ukuran Velg
|
13 inches
|
Harga Datsun Go+
Dari segi harga, kisaran
harga GO Plus dibedakan dalam beberapa pilihan tipe. Datsun Indonesia sendiri
menghadirkan enam pilihan tipe dari Datsun GO+ ini. Untuk harga termurah,
ditempati oleh tipe GO+ Panca D 1.2L M/T yang dibanderol dengan harga
sekitar Rp. 87,900,000,-. Tipe ini merupakan tipe dengan spesifikasi paling
minimalis dengan desain paling sederhana. Lalu di atas tipe D, ada tipe GO+
Panca A 1.2L M/T dan juga GO+ Panca A Option 1.2L M/T yang
masing-masing dibanderol dengan harga Rp. 95,600,000,- dan juga Rp.
96,300,000,-. Lalu satu step di atas tipe GO+ A dan A Option ada dua tipe GO+
Panca T Option 1.2L M/T dan GO+ Panca T 1.2L M/T. Harga Datsun GO+
kedua tipe tersebut adalah Rp. 102,900,000,- jutaan dan juga Rp. 103,000,000,-.
Apabila diperhatikan, memang banderol harga small MPV tiga baris dari Datsun
tersebut bisa dibilang lumayan ‘merakyat’. Sedikit catatan, kisaran
harga Datsun GO+ masing-masing tipe tersebut juga mengalami lonjakan harga
per Februari 2016 ini. Hal ini karena kendaraan Datsun semakin mendapat tempat
di hati konsumen. Berikut daftar harga Datsun Go+.
Tipe
|
Harga
|
Datsun GO+ Panca A 1.2L M/T
|
Rp. 95,600,000,-
|
Datsun GO+ Panca A Option 1.2L M/T
|
Rp. 96,300,000,-
|
Datsun GO+ Panca D 1.2L M/T
|
Rp. 87,900,000,-
|
Datsun GO+ Panca T 1.2L M/T
|
Rp. 103,000,000,-
|
Datsun GO+ Panca T Option 1.2L M/T
|
Rp. 102,900,000,-
|
Harga tersebut di
atas adalah patokan harga di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk wilayah lain
biasanya ada sedikit perbedaan harga dikarenakan adanya biaya handling dan
biaya lainnya. Jika diperhatikan, masing-masing tipe dari mobil ini memang
dibanderol dengan harga yang cukup murah, bahkan ada yang di bawah Rp 100 juta.
Nominal harga Datsun GO+ pun juga rata-rata masih di bawah harga mobil
LCGC dari merek lain. Dengan banyaknya pilihan tipe dan harga Datsun GO
Plus ini, pastinya juga akan memudahkan konsumen untuk memilih tipe mana yang
sesuai dengan kebutuhannya. Demikian pembahasan tentang spesifikasi dan harga Datsun Go+.
Lihat pula artikel terkait :
0 comments
Post a Comment