Monday, November 21, 2016

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Mirage



Spesifikasi dan harga Mitsubishi Mirage – PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi telah menghadirkan generasi baru Mitsubishi Mirage yang merupakan city car andalan pabrikan Tiga Berlian tersebut. Generasi baru Mirage ini merupakan model baru yang disiapkan sebagai model tahun 2016. Sekilas, Mitsubishi Mirage 2016 ini memiliki konsep desain bodi yang tak berbeda jauh dengan versi lamanya. Kali ini, Mirage tetap tampil funky dengan desain mungil dengan tambahan aksen lekukan bodi yang stylish. Meski secara perlahan kehadiran city car mulai mendapat desakan dari varian LCGC, kehadiran Mitsubishi Mirage ini tetap menarik perhatian karena selama ini Mitsubishi dikenal sebagai peracik mobil-mobil yang powerful. Hal inlah yang membuat Mitsubishi Mirage generasi baru tak boleh lepas dari pandangan mata karena Mitsubishi tentunya memiliki sesuatu yang spesial pada mobil mungil terbarunya ini.
Mitsubishi Mirage
Mitsubishi Mirage
Mitsubishi Mirage generasi baru ini dipastikan akan membuatnya duel head to head dengan Toyota Etios Valco, Suzuki Celerio, atau Kia Picanto. Ada juga Kia Picanto yang kini menjadi salah satu city car yang digemari kawula muda. Sama seperti generasi lamanya, kali ini Mitsubishi Mirage tetap menyasar kaum muda sebagai target utamanya. Untuk itulah Mitsubishi menghadirkan beberapa penyegaran dengan mengambil konsep ‘darah muda’ pada Mitsubishi Mirage versi baru ini. Jika dilihat dari bagian luar, Mirage versi 2016 ini memang masih mengusung konsep desain versi lamanya dengan grill depan berbentuk jajaran genjang terbalik khas Mitsubishi. Fascia Mitsubishi Mirage 2016 ini pun tampil lebih segar dengan desain lampu utama berkarakter agresif yang membuatnya nampak lebih sporty.

Spesifikasi Mitsubishi Mirage

Untuk sisi eksterior, bagian headlights Mirage generasi baru memiliki desain standar dengan model lampu berteknologi halogen yang minimalis. Lalu, front grille pada Mitsubishi Mirage ini dibentuk dengan ukuran yang tak terlalu lebar dan dilabur dengan warna hitam metalik. Selain itu, untuk foglamp masih menganut konsep lama, yaitu foglamp kecil namun sudah berteknologi DRL (Daytime Running Light), namun khusus untuk Mitsubishi Mirage tipe Exceed. Pada bagian body samping, generasi baru Mirage ini didesain dengan bentuk yang sederhana dan minimalis, namun tetap terlihat begitu bergaya lewat lekukan bodi yang cukup dinamis. Khusus untuk Mitsubishi Mirage tipe Sport, desain bodinya lebih memiliki karakter sport lewat penambahan body kit. Berpindah ke belakang. desain buritan Mirage generasi baru ini tetap mempertahankan konsep desain versi lamanya. Lampu utama pada Mitsubishi Mirage versi baru ini masih memiliki bentuk seperti daun yang tertata rapi di bawah kaca belakang. Sedikit nuansa baru terlihat pada bagian muffler yang kini memiliki corak krom yeng membuatnya nampak mewah. Khusus untuk spesifikasi Mitsubishi Mirage tipe Exceed ada tambahan retractable door mirror (spion lipat otomatis) dengan turning lamp (lampu sein pada spion).
Mitsubishi Mirage (rear view)
Mitsubishi Mirage (rear view)
Mitsubishi Mirage baru ini didominasi dengan warna hitam untuk bagian dashboard dan kabin. Materialnya pun terbilang cukup bagus untuk kelas city car. Pada bagian steering, terdapat fitur instrument panel under tray. Terdapat pula gear shift lamp pada dashboard Mitsubishi Mirage yang sanggup memberikan kemudahan ketika oper gigi dengan lampu indikator terbaru pada bagian transmisi. Untuk panel di dashboard terdapat penel yang menampilkan service reminder, trip computer, serta indikator penunjuk bahan bakar. Semua panel indikator pada dashboard Mitsubishi Mirage didesain lebih atraktif dan enak dilihat, serta tentunya tetap informatif. Selanjutnya ada fitur center panel dengan aksen krom pada bagian tengah dashboard yang bisa digunakan sebagai panel audio system dan AC otomatis . Untuk bagian interior dari Mitsubishi Mirage pun juga didukung dengan material interior yang cukup bagus serta didominasi warna hitam dan ivory sebagai balutan kursi. Untuk kabin Mitsubishi Mirage, meskipun didesain dengan lebih lega namun mobil ini direkomendasikan hanya untuk mengangkut maksimal empat penumpang. Fitur tambahan yang cukup menarik dari Mitsubishi Mirage adalah adanya ruang penyimpanan di bawah steering wheel yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengemudi menyimpan kebutuhannya. Selain itu, ada juga spacious luggage atau bagasi yang menawarkan kapasitas penyimpanan lebih lega dan sudah dilengkapi dengan lampu penerangan yang bisa memudahkan pengendara untuk menyimpan barang saat perjalanan terutama di malam hari.
Kabin Mitsubishi Mirage
Kabin Mitsubishi Mirage
Urusan dimensi, Mitsubishi Mirage ini memiliki panjang 3.710, lebar 1.665, dan tinggi 1.510 mm. Dengan ukuran bodi yang dimiliki oleh Mitsubishi Mirage ini, ukuran tersebut memang tergolong yang paling kecil jika dibandingkan dengan varian city car lainnya. Apalagi, bobot mobil ini ‘hanya’ seberat 865 kg untuk tipe automatic, dan 830 kg untuk tipe manual. Namun meski berbodi mungil, ground clearance atau jarak dengan tanah yang dimiliki oleh Mitsubishi Mirage cukup tinggi di kelasnya, yaitu 160 mm. Overall, dengan dimensi yang dimiliki oleh Mirage versi baru ini, rasanya mobil ini sangat enak digunakan di jalan raya atau area dengan trafik lalu lintas yang cukup padat. Untuk bagian suspensinya, Mitsubishi Mirage sudah dibekali dengan suspensi berkualitas besutan MacPherson dengan dukungan per keong untuk suspensi bagain depan, serta suspensi model torsion beam dengan dukungan per keong untuk suspensi bagian belakang. Selain itu, sistem pengereman pada Mitsubishi Mirage ini juga sudah mengusung teknologi terbaik, yaitu rem cakram 13 mm pada bagian depan, serta rem model drum pada bagian belakang. Selain sistem suspensi dan pengereman yang oke, spesifikasi Mitsubishi Mirage ini pun dibekali dengan empat ban berukuran 175/55 yang membalut velg alloy wheel berukuran 15 inci.
Layout dashboard Mitsubishi Mirage
Layout dashboard Mitsubishi Mirage
Menengok dapur pacu, Mirage generasi baru ini menggunakan mesin tipe DOHC MIVEC (3A92) yang memiliki kapasitas isi silinder 1.193 cc. Mesin tersebut merupakan mesin dengan 3 silinder dan 12 katup. Untuk ukuran mesin city car seperti Mitsubishi Mirage, mesin besutan Mitsubishi tersebut cukuplah bertenaga. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh mobil ini adalah sebesar 77 PS pada putaran 6.000 rpm. Sementara untuk torsi yang dihasilkan, mesin Mitsubishi Mirage mampu menghasilkan torsi sebesar 100 Nm pada 4.000 rpm. Mesin pada Mitsubishi Mirage ini pun juga sudah mengusung teknologi ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien sehingga power yang dihasilkan juga lebih maksimal. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut digerakkan oleh transmisi otomatis pada tipe Exceed, Sport, serta GLS. Sementara untuk Mitsubishi Mirage tipe GLX akan digerakkan oleh transmisi manual. Handling mobil ini pun juga terasa sangat mantap karena Mitsubishi sudah menggunakan sistem steering Rack and Panion dengan Electronic Power Steering.
Mesin Mitsubishi Mirage
Mesin Mitsubishi Mirage
Kehadiran fitur-fitur pada Mirage generasi baru ini tentunya akan menambah sisi keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya. Untuk bagian eksteriornya, fitur tambahan yang diberikan pada Mitsubishi Mirage adalah fitur High Tensile Steel yang akan sangat kuat untuk menahan benturan ringan dan berat, serta sudah dilengkapi dengan ground clearance yang pada versi terbaru sudah dirancang lebih tinggi dari city car lain di kelasnya. Keberadaan fitur-fitur pada Mitsubishi Mirage ini akan membuat pengemudi atau penumpang tidak akan merasakan getaran ketika melewati jalanan kurang rata. Untuk fitur keamanan lainnya, terdapat pula dual SRS Airbags yang ditempatkan untuk pengemudi dan pengendara di depan. Fitur-fitur unggulan lain pada Mitsubishi Mirage ini adalah fitur Keyless Operating System (KOS), Audio Switch Control (Tipe Exceed) dan Indicator ECO. Sedangkan untuk menunjang keamanan, fitur seperti keyless entry, power windows, ABS dengan Electronic Barke Distribution (EBD), Immobilizer, Rear Parking Sensors juga turut serta terdapat pada Mitsubishi Mirage ini. Untuk kebutuhan entertainment, Audio Switch Control dan juga Port USB bisa jadi andalan Anda untuk memenuhi kebutuhan hiburan. Terakhir, untuk menunjang kenyamanan di kabin, spesifikasi Mitsubishi Mirage ini juga telah dilengkapi dengan AC double blower full auto yang siap memberikan kesejukan pengemudi dan penumpangnya.
Mitsubishi Mirage
Model
EXCEED
SPORT
GLS
GLX
Dimensi
Panjnang (mm)
3,710
Lebar (mm)
1,665
Tinggi (mm)
1,510
Jarak Sumbu Roda (mm)
2,450
Jarak dengan Tanah (mm)
160
Berat Kotor (kg)
865
830
Berat Bersih Kendaraan (kg)
1,310
1,280
Kapasitas Penumpang
5
Mesin
Tipe Mesin
1.2 – liter 12-valve 3-cylinder DOHC MIVEC (3A92)
Kapasitas Isi Silinder (cc)
1,193
Tenaga Maksimal (PS) (kw)/rpm
77 (57) / 6000
Torsi Maksimal (Kgm) (nm)/rpm
10.2 (100 Nm) / 4000
Sistem Bahan Bakar
Sistem Suplai Bahan Bakar
ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection)
Kapasitas Tangki BBM (l)
35
Transmisi
Tipe Transmisi
Automatic (CVT)
Automatic (CVT)
Automatic (CVT)
Manual (5MT)
Sistem Transmisi
INVECS III CVT (F1CJB)
5MT (F5MBD)
Steering
Tipe Steering
Rack and pinion with electronic power assist (Tilt column steering wheel function)
Material
3-spoke leather
3-spoke urethane
Suspensi
Suspensi Depan
MacPherson strut suspension with Coil Spring
Supsensi Belakang
Torsion beam suspension with Coil Spring
Pengereman
Rem Depan
13″ ventilated disc
Rem Belakang
7″ leading and trailing drums
Kaki-kaki
Ukuran Ban dan Velg
175 / 55r15 tires + 15″ Alloy wheel

Harga Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage ini dibanderol sekitar Rp 156 jutaan untuk tipe GLX yang merupakan tipe terendah. Sementara itu, Mirage tipe GLS yang setingkat di atas tipe GLX dibanderol dengan harga sekitar Rp 167 jutaan. Untuk anda yang berjiwa muda dan ingin tampil sporty, anda bisa memilih Mitsubishi Mirage tipe Sport. Mirage tipe Sport memang tampil ala anak muda dengan kelir dual tone yang melintang di bagian sisi bodinya. Selain itu, penambahan body kit pun akan membuat Mirage tipe Sport terlihat semakin sporty. Harga Mitsubishi Mirage tipe Sport ini adalah sekitar Rp 172,5 jutaan. Sedangkan untuk harga termahal jatuh kepada Mirage versi paling tinggi, yakni versi Exceed. Banderol harga MitsubishiMirage ini bekisar pada angka Rp 178 jutaan. Berikut daftar harga Mitsubishi Mirage.
Tipe
Harga
Mitsubishi Mirage EXCEED
Rp184,000,000
Mitsubishi Mirage SPORT
Rp179,000,000
Mitsubishi Mirage GLS
Rp173,000,000
Mitsubishi Mirage GLX
Rp162,000,000
Daftar harga di atas merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga luar wilayah tersebut biasanya terdapat selisih karena adanya biaya distribusi. Untuk lebih jelas para pembaca dapat menghubungi dealer-dealer Mitsubishi terdekat. Demikian pembahasan seputar spesifikasi dan harga Mitsubishi Mirage.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment