Tuesday, August 30, 2016

Spesifikasi dan Harga Honda Freed


Spesifikasidan Harga Honda Freed – Keberhasilan Honda Freed dalam menguasai pasar otomotif kelas Multi-Purpose Vehicle (MPV) di tanah air merupakan salah satu bukti bahwa ide-ide brilian Honda dalam membuat image sebagai trend setter bukan hanya omong kosong. Sejak diperkenalkan pertama kali di tahun 2009, Honda Freed langsung memikat hati masyarakat tanah air. Kali ini Honda bermain di kelas MPV dimana kelas ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Keberhasilan ini ternyata juga ditiru oleh pesaing barunya dari Toyota yaitu Sienta. Banyak yag bilang bahwa Freed merupakan produk MPV nya Honda Jazz. Memang tidak bias ditampik bahwa kenyamanan Freed tidak kalah dengan Honda Jazz karena produk ini diadaptasi dari Honda Jazz. Tak heran jika bertahun-tahun Honda Freed telah menjadi primadona di kelas MPV di Indonesia. Secara desain Freed memang terkesan boxy namun unsur sporty dari mobil ini masih sangat kental, maka tak heran jika para kaum muda khususnya para keluarga muda di Indonesia telah kesengsem pada Honda Freed ini dan telah menggunakannya sebagai kendaraan untuk beraktifitas sehari-hari.
Honda Freed
Honda Freed
Sebagai produk yang mengusung slogan ‘New Generation Family, Honda Freed yang merupakan mobil keluarga 8 penumpang dan 5 pintu ini tidak mengalami perubahan pesat dalam segi disain. Untuk produk versi 2015, Freed diproduksi dengan beberapa perubahan yang tentunya lebih menarik. Kali ini Honda menghadirkan Freed dalam dua varian yaitu tipe S dan E dimana setiap variannya memiliki fitur yang lebih lengkap. Beberapa vitur tambahan pada Freed generasi baru ini adalah dengan adanya AC doble blower, power sliding door untuk penumpang sisi sebelah kanan dan kiri, interior lamp, fog lamp, serta kacanya dibalut oleh film kaca V-Kool untuk tipe S. Tidak ketinggalan system keamanan penumpang dual SRS airbag juga telah ditanamkan pada kedua varian Freed tersebut. Dengan tetap mempertahankan mesin i-VTEC 1.5 SOHC 16 valve tenaga dari Freed masih dapat diandalkan karena mampun menyemburkan tenaga sebesar 118 PS pada putaran mesin 6.600 Rpm serta torsi sebesar 146 N.m pada 4.800 Rpm. Untuk suspense Honda masih mempercayakan MacPherson Strut untuk meredam kejutan saat berkendara sehingga Freed generasi terbaru ini semakin lengkap memenuhi kenyamanan keluarga muda Indonesia.

Spesifikasi Honda Freed

Dilihat dari sisi luar, Honda Freed terlihat tidak identic dengan mobil-mobil MPV yang keluar saat pertama kali Freed dirilis. Freed didisain dengan gaya Boxy dan ini adalah diluar kebiasaan para produsen mobil saat itu karena disain ellipse masih mendominasi di tanah air. Meskipun boxy namun sentuhan sporty sangat terlihat pada mobil ini sehingga mampu menjebol hati masyarakat Indonesia untuk berganti ke disain baru ini. Tidak ada banyak perubahan pada bagian depan mobil. Headlamp Freed tetap mempertahankan bentuk sipit dengan disain melengkung ke bagian dalam. Kedua headlamp di kanan dan kiri disatukan oleh grille yang terdiri dari tiga baris melengkung dengan balutan chrome yang memancarkan kemewahan. Di bagian bumper dengan disain minimalis terpasang foglamp kecil yang terkesan tanpa frame. Urusan disain samping bodi, Freed tetap mempertahankan pintu dengan mekanisme sliding untuk membuka tutupnya yang merupakan ikon mobil ini dan juga jednela dengan cerminan garis-garis yang kental. Aksen gelombang pada sisi samping masih terlihat dari bagian depan hingga belakang mobil. Pada bagian buritan, konsep lampu tegak dengan sedikit bulatan yang terkesan atraktif dan juga grille minimalis dengan warna metalik pada pintu belakang masih tetap dipertahankan. Bagian belakang ini juga dipercantik dengan adanya stop lamp dangan disain Stunning Tail Light, yaitu desain lampu belakang yang dirancang mengikuti alur bodi sehingga sanggup memberikan kesan lebar. Perubahan minor pada Freed terbaru ini semakin menambah kemewahan meskipun ciri khas yang telah disandang Honda Freed ini masih tetap dipertahankan.
Honda Freed (rear view)
Honda Freed (rear view)
Sebaga mobil yang telah menuai penghargaan oleh masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga muda terbaik, tentunya Freed baru harus didukung dengan interior yang mumpuni. Cerminan kemewahan interior Freed terlihat pada dashbard dengan material terbaik serta desain kabin engan komposisi yang luar biasa. Konsep dashboard yang disusung oleh Freed baru ini adalah In-Dash-Shift-Knob Lever sehingga mengemudi akan menjadi lebih mudah, leluasa dan terasa lapang. Salah satu penerapan konsep ini adalah dengan adanya posisi tuas perneling yang menyatu pada dashboard. Dari segi kelengkapan dashboard Honda Freed ini juga mengusung konsep Open Cafe Dashboard sednagkan pada bagian panel instrumenyya sudah didukung dengan Multi Information LCD yang akan memberikan informasi kepada pengemudi mengenai konsumsi BBM, suhu, jarak tempuh, atau sisa bahan bakar yang disajikan dalam layar informatif secara real time. Pada bagian kabin kemudi Honda Freed juga terdapat Multi Layered Meter Cluster yang didominasi oleh warna-warna terang namun untuk konsep warna yang diaplikasikan pada kabin secara keseluruhan adalah warna gelap dimana kursi-kursi penumpang dan pengemudi dibuat dengan material kulit yang lembut. Dengan disain Walk-Through Cabin, ruang kabin terasa lebih lega sehingga dapat memebrikan ruang gerak penumpang dalam mobil. Fitur arm rest atau tempat menyandarkan tangan di sisi luar kursi penumpang baris ke 2 dan sisi dalam kursi penumpang depan (untuk tipe S dan E) juga diusung pada mobil ini sehingga penumpang akan semakin merasa nyaman saat berkendara. Untuk memanjakan penumpang, Freed juga dibekali fitur fitur Seat Hight Adjustment yang bisa digunakan untuk mengatur tinggi rendah kursi penumpang.
Arrangement panel instrument pada dashboard
Arrangement panel instrument pada dashboard
Dengan ukuran tubuh 4.215 x 1.700 x 1.740 mm, Freed mampu menampung hingga 8 orang penumpang. Jarak sumbu Honda Freed tidak terlalu panjang untuk sebuah mobil MPV yaitu hanya 2,.740 mm. Ukuran ini sangat baik diaplikasikan untuk segmen perkotaan. Freed sanggup melibas jalanan dengan mantap dan mampu memeprtahankan kenyamanan penumpang Karen didisain dengan jarak pijak depan-belakang mencapai 1.478-1.466 mm. Kenyamanan lebih disempurnakan dengan pemakaian suspensi jenis MacPherson Strut untuk bagian depan serta H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakang. Untuk segi keselamatan Honda menyertakan system pengereman ABS dan EBD yang mampu memberikan kesetabilan kendaraan saat pengereman secara mendadak terjadi. Sebagai kelengkapan estetika dan kenyamanan, velg alloy wheel berdiameter 15 inci yang dibalut oleh ban berukuran 185/65 diboyong untuk mobil ini.
Kabin Hoda Freed
Kabin Hoda Freed
Dalam urusan dapur pacu, Freed terbaru ini dibekali dengan engine yang telah diperbaharui terutama untuk meningkatkan performa dan impresi yang lebih halus. Dengan basic mesin berkode L15A mesin i-VTEC 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 valve dengan DBW berbahan bakar bensin, mesin Freed ini lebih jinak jika dibandingkan dengan Honda Jazz ataupun City. Outpun mesin ini tercatat menghasilkan daya maksimum sebesar 118 PS pada putaran 6.600 Rpm, dan torsi maksimum sebesar 146 N.m pada putarann 4.800 Rpm. Mesin Freed ini telah didukung dengan teknologi Active Lock-up System yang memungkinkan akselerasi lebih responsif, terutama saat melewati jalan yang menanjak. Mesin menganut system penggerak Front Wheel Drive(FWD) atau penggerak roda depan dengan transmisi automatic dengan 5-percepatan. Mesin ini juga telah memenuhi standar Euro 4 dimana gas buang yang dihasilkan harus ramah lingkungan.
Mesin Honda Freed dengan teknologi i-VTEC
Mesin Honda Freed dengan teknologi i-VTEC
Sebagai mobil dengan kelas mewah untuk segmen MPV, mobil ini dirancang dengan beberapa fitur unggulan seperti penggunaan dual SRS Airbags, Door Open Warning Safety System, Keyless Entry, Immobilizer, Security Alarm, serta fitur Retractable Mirror. Untuk keamanan Freed dibekali Pretensioner Seatbet dengan Load Limiter untuk menjamin keselamatan pengemudi atau penumpang saat terjadi benturan serta Load Limiter yang dapat mencegah terjadinya cedera ketika terjadi benturan. Untuk urusan bodi, Freed telah didisain dengan teknologi rangka G-CON ACE yang sanggup meredam benturan dan melindungi kabin penumpang. Serta fitur-fitur lainnya seperti Electronic Power Steering untuk berkendara lebih mantap, Drive by Wire untuk mengontrol buka tutup throttle, dan juga fitur lainnya seperti AC Double Blower serta sensor parkir belakang. Untuk urusan entertainment, Honda Freed mengusung fitur multimedia yang diakomodasi dengan head unit Double DIN DVD R/RW lengkap dengan 6.1 Inch Touchscreen Monitor serta soket USB Device yang berguna untuk menyambungkan dengan perangkat iPod atau iPhone para pengendara mobil ini.
Honda Freed
Mesin
Tipe
1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR
Sistem Suplai Bahan Bakar
PGM-FI
Diameter x Langkah
73,0 mm x 89,4 mm
Isi Silinder
1497
Perbandingan Kompresi
10,4
Daya Maksimum
87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm
Momen Puntir Maksimum
14,9 kg.m (146Nm) /4.800 rpm
Dimensi
P x L x T
4.215mm x 1.700mm x 1.740mm
Jarak Sumbu Roda
2.740mm
Jarak Pijak Depan/Belakang
1.478mm / 1.466mm
Kapasitas Tangki
42
Transmisi
Tipe Transmisi
Automatic A/T 5-Speed
Sistem Kemudi
Sistem
Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Suspensi dan Pengereman
Suspensi Depan
MacPherson Strut
Suspensi Belakang
H-Shape Torsion Beam
Pengereman
ABS + EBD
Kaki-kaki
Ban
185 / 65 R15
Velg
Alloy Wheel 15″

Harga Honda Freed

Sebagai mobil dengan konsep MPV kelas High-end, Honda Freed tentunya mempunyai beberapa keunggulan dalam segi baik teknologi maupun kualitas. Dengan fitur-fitur canggih yang telah diterapkan, Freed tentunya bukan termasuk mobil tidak diperhitungkan. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya minat masyarakat tanah air terhadap mobil dengan gaya boxy ini yang berarti Honda Freed telah memuaskan mareka dari semua segi.

Dengan segala kelebihannya dan fitur-fitur yang telah diperbaharui untuk versi terbarunya, Freed tentunya masih akan menjadi dambaan hati para keluarga muda di tanah air. Dengan harga yang cukup terjangkau di kelas mobil MPV yang mempunyai fitur yang istimewa ini, Freed terbaru dipasarkan dalam dua varian yaitu tipe S dan E. Untuk tipe E merupakan tipe teratas dimana mempunyai fitur yang lebih istimewa seperti adanya fitur Power Sliding Door yang menggunakan remote dilengkapi dengan Anti Pinch Function untuk mencegah resiko terjepit serta fitur One Step Low Floor atau pegangan tangan untuk masuk kedalam kendaraan. Berikutnya kita simak harga Honda Freed terbaru seperti dibawah ini.
Harga Honda Freed
Tipe
Harga
Honda Freed S
Rp 271.000.000,-
Honda Freed E
Rp 293.000.000,-
Harga tersebut di atas merupakan harga On the Road (OTR) kawasan Jakarta dan sekitarnya. Untuk wilayah lain kemungkinan besar ada perbedaan harga karena untuk biaya handling. Harga Honda Freed ini termasuk harga yang kompetitif jika dibandingkan dengan mobil-mobil MPV berkelas lainnya. Demikian informasi seputaran spesifikasi danharga Honda Freed, semoga menjadi manfaat bagi para pengunjung.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment