Friday, August 26, 2016

Harga dan Spesifikasi Toyota Calya



Harga dan Spesifikasi Toyota Calya - Toyota merupakan pabrikan otomotif kendaraan roda empat yang dibilang sukses karena hamper setiap produk mobil yang diproduksi oleh perusahaan asal negeri Sakura tersebut selalu jadi primadona bagi calon konsumennya. Beberapa waktu yang lalu Toyota telah meluncurkan produk terbarunya yaitu mobil bengenre MPV (Multi-Purpose Vehicle) dengan format LCGC yang digadang-gadang bakal meneruskan sejarah kesuksesan Avanza yang diberi nama Calya. Mobil produk Toyota ini secara resmi dirilis awal Agustus 2016 dan dipatok dengan harga yang cukup terjangkau. Namun dari aspek spesifikasi dan beberapa fitur mobil ini tidak akan kalah dari para pesaingnya. Segmen pasar yang diincar oleh produk ini adalah segemn mobil LCGC dengan penumpang 7 orang dimana selama ini hanya ada sau competitor yaitu Datsun Go+ Panca.
Toyota Calya
Toyota Calya
Dengan mengusung kapasitas 7 penumpang, tampaknya mobil ini akan mempunyai ukuran yang cukup besar di kelas LCGC dengan tampilan body yang cukup sederhana namun elegensi dari mobil ini dapat terlihat pada beberapa profil halus pada body samping. Mobil ini dibekali mesin dengan teknologi Dual VVT-i dengan kapasitas silinder mesin 1.197 cc dan dengan pilihan transmisi manual dan automatic mobil ini dapat mendukung kendaraan untuk memuat 7 penumpang sekaligus. Calya juga sudah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-Locked Braking System) dan Dual SRS airbag. Varian Toyota Calya dibagi menjadi beberapa type yaitu type E MT, G MT, E AT, dan G AT dimana setiap type memiliki harga yang berbeda.


Sebagai mobil LCGC, Calya mempunyai tampilan yang cukup simple namun aura kemewahan masih tampak padanya. Sebagai ciri khas porduk Toyota, Calya menggunakan wajah dengan konsep “Keen Look” dimana lampu depan didisain dengan sudut tajam. Grille mobil tidak dibalut dengan chrome dimana meyambung dengan lubang udara dengan bentuk trapezium pada sisi bawah dengan ditengahi oleh logo burung garuda sebagi logo LCGC dari produk Toyota. Bentuk body terlihat lebih bongsor terutama terlihat pada buritan yang seolah-olah mendapatkan tambahan ruang. Pada sector belakang, mobil ini mempunyai dibekali tatanan lampu yang mirip dengan Toyota All New Innova. Lampu belakang berbentuk huruf ‘L’ terbalik dengan reflektor horizontal yang terletak di pintu bagasi. Dari sisi eksterior ini terlihat jika Toyota Calya ini menerapkan konsep disain yang sederhana namun elegan.
Toyota Calya (rear view)
Toyota Calya (rear view)
Saatnya kita menengok ke bagian dalam mobil. Dari sisi kelengkapan dashboard, mobil ini tidak terlalu banyak meggunakan panel-panel yang rumit. Kesan sederhana muncul pada bagian ini dengan disain yang cukup mengagumkan layaknya mobil kelas atas. Dashboard didisain dengan konsep ‘multi layer’ dimana dibawahnya terdapat switch AC dan disampaingnya terdapat tuas transmisi. Pengemudi dapat dimanjakan oleh finger rest yang terdapat palang pada roda kemudi mobil. Kabin Calya ini telah dirancang dengan space yang cukup untuk menampung 7 orang dimana pada kursi baris ke-2 dan ke-3 terasa lebih luas dan dapat memberikan kenyamanan. Konsep rancangan ini dinamakan konsep dengan desain Bubble Head Lining yaitu bentuk atap pilar C yang lebih menggembung ke atas dan dirancang dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan penumpnag saat duduk meski atap mobil ini rendah.

Ukuran keseluruhan body mobil ini cukup bongsor untuk ukuran mobil kelas LCGC yaitu dengan dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu rodanya 2.525 mm. Dengan jarak ground clearance 180 mm mobil ini dapat memberikan kenyamanan saat melibas medan yang kurang rata dan berbatu. Kenyamanan ini didukung dengan pemakaian suspense MacPherson pada bagian depan dan Semi Independent Torsion Beam pada bagian belakang. Kedua suspense ini dipasang dengan spiral spring yang dapat memberikan peredaman kejutan yang maksimal. Dengan menggunakan system rem ventilated disc pada roda depan dan drum pada roda belakang, makan akurasi pengereman dapat dimaksimalkan. Velg alloy dengan ukuran 14” dipasang pada setiap roda Toyota Calya ini sehingga memberikan estetika mobil yang semakin menawan.
Calya dengan 7 Seater
Calya dengan 7 Seater
Dashboard Calya
Dashboard Calya
Membongkar bagian dapur pacu, Toyota Calya ini dibekali dengan mesin type 3NR yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 4 silinder segaris yang mengusung teknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan semburan tenaga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm. Dengan bekal mesin ini, Calya dilengkapi dengan du jenis transmisi yaitu transmisi manual 5 percepatan dan automatic dengan 4 percepatan. Sebagai syarat untuk lolos sebagai mobil dengan kategori LCGC, mobil ini telah didesain untuk mengkonsumsi bahan bakar secara efisien dimana konsumsi 1 liter bahan bakar dapat digunakan untuk menempuh jarak 20 Km.
Mesin Toyota Calya dengan Teknologi Dual VVT-i
Mesin Toyota Calya dengan Teknologi Dual VVT-i
Dari segi kenyamanan, mobil LCGC ini telah dilengkapi dengan Rear AC Circulator dimana aliran udara sejuk dari AC dapat bersikulasi dengan sempurna ke seluruh bagian mobil. Dari fitur hiburan, Calya sudah mengadopsi audio dan video system hingga port USB untuk mendukung kebutuhan konektivitas gadget pengendara. 2 speaker untuk model E dan 4 speaker untuk model G siap memberikan kenyamanan fitur audio dalam berkendara sehingga rasa jenuh saat berkendara akan menjauh. Pada panel meter di belakang kemudi setang kemudi terdapat MID Digital yang akan selalu siap memberikan data realtime kendaraan kepada pengemudi mobil. Di sector keselamatan, Calya dilengkapi dengan seatbelt pada 3 point yang mampu melindungi penumpang dan pegemudi saat terjadi pengereman secara mendadak. Pada varian E telah dipasang rem cakram pada roda depan dan tromol di roda belakang. Untuk varian G telah mengadopsi teknologi Anti-Locked Braking System (ABS). Fitur immobilizer dan alarm pada mobil menambah keamanan terhadap mobil ini sendiri. Dari hal-hal diatas, terlihat bahwa Toyota Calya telah mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyaman kepada para penumang mobil.

Spesifikasi Toyota Calya
Tipe
E A/T
E M/T
G A/T
G M/T
Dimensi
Overall Panjang / Length
4070
Overall Lebar / Width
1655
Overall Tinggi / Height
1600
Jarak Poros Roda / Wheelbase
2525
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)
630
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)
915
Jarak Terendah / Ground Clearance
Radius Putar / Turning Radius
Berat Kosong / Curb Weight
Sasis
Transmisi / Transmition
5-Speed Manual
4-Speed Automatic
5-Speed Manual
4-Speed Automatic
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st
3.417
2.731
3.417
2.731
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd
1.96
1.526
1.96
1.526
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd
1.25
1
1.25
1
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th
0.917
0.696
0.917
0.696
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th
0.707
0.707
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse
3.143
2.29
3.143
2.29
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final
5.077
4.839
5.077
4.839
Suspensi Depan / Front Suspension
MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang / Rear Suspension
Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan / Front Brake
Ventilated Disc
Rem Belakang / Rear Brake
Drum
Sistem Rem Tambahan / Additional Brake System


Steering Gear
Rack and Pinion
Ukuran Ban / Tires Size
175/65R14 Two-Tone Machining Alloy
Mesin
Seri Mesin / Machine Serial
3NR
Tipe Mesin / Engine Type
In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder / Displacement (cc)
1197
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)
72.5 x 72.5
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)
88 / 6,000
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)
11/4200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System
Bahan Bakar / Fuel
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)
36
Steering (Power Steering)
Electronic Power Steering (EPS)
Eksterior
Fog Lamp
Ya
Rear Combination Lamp
Tidak
Ya
Interior
Tempat Duduk
7-seater
Multi Layer dashboard
Tidak
Ya
Combination Meter
Ya
Front Armrest
Ya
Spion Electric
Ya
Power Charging Station
Tidak
Ya
Keamanan dan Kenyamanan
Immobilizer
Ya
Dual SRS Airbag
Ya
Seat Bealt
Ya, 3 Point
ISOFIX
Ya
ABS
Tidak
Ya
Rear Parking Sensor
Ya
Anti Theft System
Toyota
Rear AC Circulator
Ya
One Touch Tumble
Ya
Headreast
All

Harga Toyota Calya

Sebagai produk LCGC, Toyota Calya akan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau khususnya masyarakat tanah air. Dengan mengusung mesin dengan kapasitas 1.2 L dan transmisi manual 5-percepatan dan automatic 4-percepatan, Calya type E manual dan E automatic dibanderol dengan range harga Rp. 132 juta hingga Rp. 145 jutaan sedangkan type G manual dan G automatic dibanderol pada range Rp. 138 juta hingga Rp. 150 jutaan. Informasi harga secara lengkap dapat dilihat dibawah.

Harga Toyota Calya
Tipe
Harga
Toyota Calya Tipe E M/T
Rp. 132.450.000,00
Toyota Calya Tipe E A/T
Rp. 145.450.000,00
Toyota Calya Tipe G M/T
Rp. 138.000.000,00
Toyota Calya Tipe G A/T
Rp. 150.000.000,00

Harga tersebut di atas adalah harga baru Toyota Calya on the road (OTR) tahun 2016 dan ada kemungkinan tiap daerah mempunyai harga yang berbeda-beda. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Calya yang mungkin dapat bermanfaat bagi para pengunjung.


Lihat pula artikel terkait :


0 comments

Post a Comment