Wednesday, August 24, 2016

Harga Mobil Honda Brio dan Spesifikasi



Spesifikasi dan harga Honda Brio – Mobil mungil dengan penampilan sporty dan elegan mungkin menjadi salah satu strategi produksi mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang diterapkan Honda sebagai jawaban tantangan merek-merek lain seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Dalam hal ini Honda telah memberikan soul sporty pada mobil LCGC mereka yaitu Honda Briio. Honda Brio mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan pesaing-pesaing-nya seperti Agya dan Ayla. Terlihat kelebihan utama dari Honda Brio adalah tenaga mesin yang cukup besar karena telah menggunakan mesin dengan kapasitas 1.3 L yang tangguh. Mobil ini merupakan produksi dalam negeri di bawah naungan PT. Honda Prospek Motor (HPM) dengan menggunakan spare part local sebesar sekitar 85% yang telah menjadi regulasi untuk mobil LCGC. Namun dari tampilan yang sporty dan mencerminkan karakter anak muda dan dengan didukung mesin yang mumpuni maka tidak heran Honda Brio dengan cepat mampu menyita perhatian masyarakat Indonesia.
Honda Brio
Honda Brio
Honda Brio (rear view)
Honda Brio (rear view)

Dilihat dari sisi exterior, Brio terlihat cukup elegan dan sporty. Disain headlamp dan grille yang dilengkapi dengan logo Honda memberikan jiwa muda yang energik. Untuk Brio sudah dilengkapi foglamp namun untuk Brio Satya belim dibekali lampu ini. Beralih pada sisi Honda Brio bagian samping, tak banyak yang bisa ditampilkan kecuali desain bodi minimalis tanpa banyak lekukan khas mobil LCGC. Untuk bagian belakang Honda Brio terkesan sangat sporty apalagi saat menengok spoiler berdesain tail gate yang penuh gaya. Konsep desain pada spesifikasi Honda Brio ini secara jelas mampu menampilkan aura mobil LCGC yang stylish dan modern.
Honda Brio dengan 5 Seater
Honda Brio dengan 5 Seater
Dari segi interior, mobil termurah dari produk Honda ini mempunyai disain interior yang minimalis speerti mobil-mobil LCGC lainnya namun fungsional dan tidak mengurangi kenyamanan karena beberapa disain tetap mempertahankan konsep kenyamanan. Pada bagian dashboard terlihat panel-panel yang sangat standard. Honda juga menempatkan bangku penumpang yang kesemuanya telah dilengkapi dengan sabuk keselamatan  dimana material yang digunakan untuk bangku penumpang mempunyai kualitas yang cukup baik. Dilihat dari segi kualitas, material yang terdapat pada spesifikasi Honda Brio di bagian interior jelas tak bisa anggap remeh karena komposisinya sudah cukup baik sebagai kendaraan masa kini. Namun kekurangan Honda Brio adalah pada bagasi yang cukup sempit dibandingkan bagasi-bagasi dari mobil-mobil kompetitornya.

Dengan body yang cukup mungil sesuai karakter LCGC dengan soul city car modern, besutan Honda ini mempunyai peredam kejut yang cukup mumpuni. Secara fisik ukuran body mobil ini adalah 3.610 x 1.680 x 1.485 mm dan mampu menampung maksimal 5 orang penumpang di dalam kabinyya. Dengan jarak sumbu roda 2.345 mm, LCGC Honda ini mampu melibas jalanan khususnya perkotaan dengan lincah dan mampu mempertahankan kenyamanan penumpang. Dengan dukungan suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan serta H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakang maka kenyamanan penumpang semakin sempurna. Disektor pengereman, Honda Brio dibekali dengan sistem pengereman ABS serta EBD (khusus tipe S dan E) yang akan memberikan pengereman lebih efektif serta mampu menjaga kestabilan mobil saat direm mendadak. Untuk mendukung semua spesifikasi Honda Brio tadi, diaplikasikanlah velg baja berdiameter 14 inci yang dibalut oleh ban berukuran 175/65 sehingga baik dari segi kenyaman maupun estetika Honda Brio ini menjadi yang terdepan dibandingkan LCGC sekelasnya.

Untuk mendongkrak performa mobil, Honda Brio dipasangi engine 1.2 L dengan teknologi i-VTEC yang menjadi teknologi andalan mesin-mesin Honda saat ini. Mesin pada Brio ini masih mengusung basis yang sama dengan beberapa model mobil Honda lainnya, seperti misalnya Honda Jazz atau Mobilio, namun karena Honda Brio ini merupakan varian mobil paling ekonomis dari Honda, maka mesinnya pun juga di-downgrade untuk penyesuaian. Kali ini, Honda mengusung mesin i-VTEC + DBW 1.2L SOHC silinder segaris dengan kapasitas isi silinder mencapai 1.198 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimum sebesar 109 Nm pada putarann 4.500 rpm. Type mesin in diklaim lebih tangguh disegala medan serta memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat efisien apalagi unit ini juga menerapkan teknologi Drive by Wire mengontrol buka-tutup thorttle valve demi mencapai presisi akselerasi namun tetap irit bahan bakar. Pada selubung piston mesin sendiri, Honda Brio telah menerapkan teknologi Patterned Skirt Coating dimana dapat meminimalisir gesekan serta meredam kebisingan dan juga berguna untuk memaksimalkan performa kendaraan. Mesinnya sendiri telah lolos uji emisi sesuai standard Euoro 4 sehingga mobil ini adalah mbil ramah lingkungan. Dilihat dari system transmisi, Honda Brio terbagi menjadi dua varian, yaitu Brio dengan transmisi manual dan automatic dengan 5 percepatan.
Mesin Honda Brio
Mesin Honda Brio
Dari segi keselamatan, Brio telah dirancang dengan teknologi frame yang bernama G-CON + ACE. Teknologi ini saat ini telah digunakan untuk semua produk Honda sehingga menambah keselamatan penumpang karena dapat meredam kejutan dari benturan saat terjadi tabrakan yang tidak dapat dihindari serta tkenologi Side Impact Beam dapat melindungi penumpang dari tabrakan dari sampimg. Selain itu Brio juga dibekali teknologi Pedestrian Protection serta Dual front SRS airbag. Semua type keselamatan tersebut telah diaplikasikan pada semua type Honda Brio sehingga hal ini benar-benar menjadi nilai tambah yang sangat menguntungkan para pemakai Honda Brio. Untuk fitur keamanan mobil, Brio sudah dibekali dengan Wave Key untuk semua tipe, serta Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk tipe S dan E. Mobil ini sendiri sudah dilengkapi dengan fitur multimedia, seperti Single Disc, MP3/WMA, Audio System Double Din AM/FM, Aux Input, Made for iPod (Tipe E), USB Port, serta Rear + Front Speaker (Tipe E & S) yang akan memanjakan anda saat perjalanan bersama keluarga. Lebih lanjut fitur stabilitas berkendara juga dipasang lewat Electric Power Steering dan panel Eco Indicator yang bisa memberikan detail informasi secara real time untuk pengemudi. Dari segi pendingin udara, Brio telah dilengkapi AC sehingga pengendara akan semakin betah selama dalam perjalanan.

Honda Brio
Mesin
Tipe Mesin
1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Kapasita Isi Silinder
1198 cc
Sistem Bahan Bakar
Fuel Injection
Jenis Baban Bakar
Bensin
Daya Maksimal
88 PS/6.000 rpm
Torsi Maksimal
109 Nm/4.500 rpm
Transmisi
Manual/Automatic 5-Speed
Stadar Emisi
EURO 4
Dimensi
P x L x T
3.610 x 1.680 x 1.485 mm
Jarak Poros Roda
2.345 mm
Jarak Terendah
165 mm
Berat Kosong
930 kg
Jumlah Penumpang (max)
5
Kapasitas Tangki BBM
35 L
Sistem Kemudi
Sistem
Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Suspensi
Suspensi Depan
MacPherson Strut
Suspensi Belakang
H-Shape Torsion Beam
Pengereman
Rem Depan
Disc
Rem Belakang
Drum
Sistem Pengereman
ABS+EBD (tipe S&E only)
Kaki-kaki
Ban
175 / 65 R14
Velg
Steel Wheel 14″


Dilihat dari konsepnya, Brio diciptakan dengan basis varian hatchback, namun karena mobil ini merupakan kendaraan LCG, maka dipastikan harga Honda Brio tak akan semahal seri hatchback sekelas Honda Jazz atau lainnya. Untuk banderol harga termurah, ditempati oleh Brio Satya tipe A manual yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 114,9 jutaan. Untuk harga Honda Brio Satya, memang range harganya berada dibawah Rp 120 jutaan kecuali Brio Satya tipe E manual yang harganya mencapai Rp 125,9 jutaan. Sementara itu, lavel harga di atas Brio Satya ditempati oleh Honda Brio tipe S dan E. Untuk Brip S dibanderol dengan harga sekitar Rp 149,6 jutaan. Sedangkan Brio E dijual mulai harga Rp 157,6 jutaan dimana kedua tipe Brio S dan E sama-sama menggunakan transmisi manual. Sedangkan untuk harga  Honda Brio paling mahal ditempati oleh Brio tipe Sports yang hadir dalam dua varian. Brio Sports memang cukup populer karena memiliki gaya yang berkarakter sporty dengan kelir putih ditambah aksen merah dan biru yang melintang di tengah-tengah bodi. Harga Honda Brio Sports untuk transmisi manual adalah Rp 172 jutaan, sedangkan untuk transmisi otomatis dijual mulai harga Rp 182 jutaan.

Harga Honda Brio
Tipe
Harga
Honda Brio Satya A M/T
Rp 114.900.000,-
Honda Brio Satya S M/T
Rp 119.900.000,-
Honda Brio Satya E M/T
Rp 125.900.000,-
Honda Brio S A/T
Rp 149.600.000,-
Honda Brio E A/T
Rp 157.600.000,-
Honda Brio Sports M/T
Rp 172.000.000,-
Honda Brio Sports A/T
Rp 182.000.000,-

Dari daftar harga di atas, kita bisa melihat bahwa ada perbedaan harga jika dbandingkan dengan unit kendaraan LCGC besutan pabrikan lain. Kita dapat melihat bahwa harga HondaBrio masih cukup tinggi bila dibandingkan dengan mobil LCGC terlaris yaitu Toyota Agya. Saat pertama kali diluncurkan tahun 2014, Brio yang menggunakan mesin 1.3 L ini kurang cocok bila disebut mobil LCGC namun seiring waktu berjalan Honda men-down grade mesin Brio dengan meluncurkan Brio Satya dan resmi menjadi kendaraan LCGC.

Lihat pula artikel terkait :

0 comments

Post a Comment