Saturday, August 27, 2016

Spesifikasi dan Harga Honda BRV



Harga dan Spesifikasi Honda BRV – Tak kalah dengan produksi motor roda dua, Honda saat ini telah meluncurkan produk terbarunya untuk membuktikan bahwa sector produksi roda empat-pun tak kalah dengan produksi motor roda dua. Honda BRV telah diluncurkan pada awal tahun 2016 dan telah menjadi perhatian para pengunjung ajang besar otomotif Indonesia yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2015 lalu. Saat ini Honda BRV telah menjadi bahan perbincangan yang hangat di kalangan para pecinta otomotif tanah air.
Honda BR-V
Honda BR-V
Pada kesempatan kali ini, Honda memperkenalkan BRV sebagai mobil dengan segmen Low SUV (Sport Untility Vehicle) atau biasa disebut pula dengan Cross-Over. Di sector tubuh BRV, terlihat sangat identic dengan saudara nya yang berasala dari segmen MPV yaitu Mobilio. Namun ground clearance BRV lebih tinggi dan body-nya lebih bongsor jika dibandingkan Mobilio karena mobil ini dirancang sebagai mobil cross-over. Basis BRV merupakan pengembangan dari Honda Jazz dimana pada BRV menggunakan mesin yang sama daengan Jazz yaitu menggunakan mesin i-VTEC 1.500 cc 4-silinder segaris. Penggunaan mesin ini menjadikan BRV memiliki tarikan yang lebih halus seperti layaknya Honda Jazz namun mempunyai cukup tenaga untuk mendorong beban mobil dan penumpangnya layaknya mobil SUV. Dari segi interior, mobil ini sepertinya telah mengadopsi interior dari Honda HR-V dimana ruang kabin terlihat cukup luas dengan fitur interior yang cukup mewah.

Spesifikasi Honda BR-V

Kesan gagah dan berkharisma tampak pada bagian mobil BR-V ini sebagaimana yang telah menjadi karakter dari mobil-mobil jenis SUV. Desain bodi terlihat sangat anggun dengan adanya perpaduan antara Honda Mobilio dan Honda Jazz sehingga selain anggun kesan sportyy nya pun masih melekat. Lakukan-lekukan pada bodi mobil mencerminkan ketangguhan yang terlihat sangat elegan. Jika dibandingkan dengan mobil-mobil cross-over lainnya, Honda BR-V terlihat lebih langsing. Bagian penerangan didisain dengan konsep long shape dengan bentuk garis tegas ke samping dengan menerapkan teknologi projector headlamp dimana dimensi headlamp tidak terlalu lebar hamper mirip dengan Honda HR-V. Di bagian ujung depan dilengkapi dengan grille yang dibalut dengan aksen chrome dengan model frame bertingkat dan dilengkapi logo kebanggaan merek Honda dibagian tengahnya. Bumper depan didesain sedikit tinggi dengan paduan foglamp mengesankan karakterk jantan. Pada bodi samping terlihat aura perpaduan mobil HR-V dan CRV dengan desain yang aerodinamis. Dengan tambahan fender berkelir hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil, BRV terlihat semakin macho. Berpindah ke buritan mobil, kesan sporty terlihat perpaduan yang futuristic antara disain headlamp dan spoiler. Untuk kelengkapan keselamatan, Honda BRV dipasangai spion system retractable mirror. Dari beberapa kelebihan spesifikasi di atas sepertinya Honda BRV bakal menjadi trend setter di dunia otomotif tanah air.
Honda BR-V (rear view)
Honda BR-V (rear view)
Sisi interior merupakan sisi yang pentung bagi para pengendara mobil. Kali ini Honda BRV mengaplikasikan interior dengan spesifikasi yang menyesuaikan dengan karakter mobil dengan genre SUV. Meskipun mempunyai aliran SUV namun mobil ini mampu menampung penumpang sebanyak 7 orang seperti halnya mobil MPV.  Bagian dashboard mobil terlihat cukup cantik dengan disain penataan panel yang menarik tanpa mengurangi kekomplitan dari fitur-fiturnya. Warna hitam mendominasi dashboard mobil ini dengan disain yang mencerminkan bukan mobil murahan. Secara sekilas interior BRV mirip dengan Honda Jazz yang tentunya mencerminkan citra kenyamanan. Fitur audio player Double DIN dengan layar 6.1 inci touch screen telah melengkapi sisi interior mobil ini sehingga para pengendara akan merasakan sensasi entertainment yang sempurna. Dibalik roda kemudi yang didisain dengan diameter cukup kecil, terdapat panel instrument yang simple namun fungsional tanpa membuang nilai kemewahannya. Lanjut ke singgasana para pengendara, terlihat kursi dengan diengkapi panel teknologi One Touch Tumble dan pada bagian seat belt nya dilengkapi dengan fitur potentioner. Bagasi mobil terlihat cukup luas dan dengan penggunaan teknologi 50:50 folding row 3, maka tambahan bagasi akan tersedia dengan melipat kursi penumpang. Dari semua fitur-fitur yang istimewa tersebut diatas, Honda BR-V disempurnakan dengan diboyongya fitur AC dengan Double Blower sehingga kenyamanan penumpang akan semakin terjaga meskipun berkendara saat cuaca yang terik.
Honda BR-V dengan 7 Seater
Honda BR-V dengan 7 Seater
Interior Honda BR-V
Interior Honda BR-V
Dengan menganut aliran Low SUV atau cross-over, maka ukuran mobil Honda BR-V harus sesuai dengan kebutuhan tersebut. Ukuran yang tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil sangat mendukung jenis mobil ini sehingga dapat pula disebut Compact SUV. Dari segi dimensi, mobil besutan Honda ini memiliki ukuran panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.650 mm serta wheelbase 2.660 mm. Jika dibandingkan dengan Mobilio, dimensi BR-V lebih tinggi dimana ground clearance-nya lebih dari 200 mm yang akan memberikan kenyamanan pada saat berkendara di segala medan. Kenyamanan ini disempurnakan oleh sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang. Dengan pemakain velg dengan ukuran 16” dan dibalut dengan ban berukuran 195/60/R16, maka kesan gagah keluar dari BR-V ini. Tidak ketinggalan, Honda memasang system pengereman degan teknologi ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) yang akan memeberikan pengereman mobil yang sangat baik dan akurat.

Body yang gagah dengan interior yang mumpuni tidak akan dapat menemukan auranya apabila BR-V tidak ditunjang dengan tenaga yang mumpuni. Apliksai mesin i-VTEC pada mobil ini merupakan kebijakan Honda terhadap kualitas yang ditawarkan pada BR-V ini. Keunggglan mesin i-VTEC ini adalah pada tenaga yang dihasilkan yang cukup luar biasa meskipun mesin mempunyai kapasitas yang cukup kecil, selain itu tingkat efisiensi yang tinggi terhadap pemakaian bahan bakar serta ramah lingkungan merupakan kelebihan lain dari mesin dengan teknologi i-VTEC ini. Kali ini penerapan mesin i-VTEC dengan kapasitas 1.5 L 4 silinder segaris DOHC 16 valve pada BR-V ini merupakan pilihan tepat yang dilakukan oleh Honda. Pasalnya, dengan pemakaian mesin ini tenaga yang dihasilkan mencapai 120 HP pada putaran mesin 6.600 Rpm dan torsi maksimal 145 N.m paa putaran 4.600 Rpm. Varian mobil BR-V ini dibagi menjadi 3 type yaitu S (M/T), E (M/T, CVT) serta Prestige (CVT) yang merupakan varian tertingginya. Sebagai varian tertinggi, BR-V type Prestige (CVT) dilengkapi beberapa fitur istimewa diantaranya Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano E-ionizer serta Aero Kit.
Mesin Honda BR-V
Mesin Honda BR-V
Beralih ke sisi keselamatan, Honda BR-V telah dibekali system keamanan yang baik. Sebagai contoh penggunaan potensioner seatbelt yang merupakan standard keamanan mobil modern. Dual SRS Airbag sistme juga telah dibenamkan di mobil lansiran Honda ini, penggunaan system ini akan memebrikan keselamatan yang lebih untuk pengemudi maupun penumpang depan saat terjadi benturaan karena tabrakan yang mungkin tidak bias dihindari. Teknologi Anti-locked Braking System (ABS) dan juga Electronic Brake Force Distribution (EBD) juga telah diterpakan pada system pengereman mobil. Teknologi ABS mencegah terkuncinya roda mobil saat mengerem secara mendadak sedangkan EBD akan memungkinkan bagi pengendara untuk menstabilkan dan mengontrol kendaraan saat pengereman mendadak terjadi. Tambahan fitur canggih sudah diterapkan pada type tertinggi yaitu Prestige (CVT) seperti Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist di mana kedua fitur ini memudahkan dalam pengoperasian Honda BR-V dan akan menjaga kestabilannya. Untuk keamanan mobil, BR-V telah dilengkapi dengan teknologi Immobilizer Key sehingga akan memberikan keamanan mobil yang cukup baik.
Tipe
1.5L S
1.5L E
1.5L Prestige
6-Speed M/T
6-Speed M/T
CVT A/T
CVT A/T
Mesin
Tipe Mesin
i-VTEC
Kapasitas/Isi Silender
1.496 cc
Jumlah Silinder
4
Tenaga Maksimum
88 Kw(120 PS)/6.600 rpm
Torsi Maksimum
145 Nm/4.600 rpm
Dimensi
P x L x T
4.455 x 1.735 x 1.650 mm
Jarak Sumbu Roda
2.660 mm
Jarak dengan Tanah
200 mm
Kaki-kaki
Ukuran Ban
195/60/R16
Tipe Ban
16″ Alloy Wheel
Fitur Eksterior
Front Headlamp
Proyektor
Bulb Rear Combi Stop Lamp
ok
Fog Lamp
ok
LED High Stop Lamp
ok
Auto Retractable Door Mirror
ok
Chrome Sida Protector
ok
LED Position Headlight
ok
Aero Kit
ok
Fitur Interior
Double Blower AC
ok
50 : 50 Fold Down 3rd Row Seat
ok
Audio
Double Din
6″ Display Audio Monitor
6″ Display Audio Monitor
Audio Steering Switch
ok
Multi Information Display
ok
Fitur Keamanan
Dual SRS Airbag
ok
ABS + EBD
ok
VSA
ok
Hill Start Assist
ok







Sebagai mobil dengan jenis Low SUV, tentunya mahar yang bakal dikeluarkan oleh para konsumen untuk Honda BR-V ini tentunya akan lebih tinggi dibandingkan dengan Honda Mobilio. Dengan dibekali dapur pacu yang cukup meumpuni dan fitur-fitur yang cukup istimewa, Honda BR-V ini sepertinya akan menjadi mobil yang istimewa bagi para penggunanya khususnya bagi pengguna yang suka bepergian dengan keluarga namun tetap ingin tampil sporty dan gagah. Dengan beberapa tambahan fitur canggih pada varian tertinggi, maka pastinya ada selisih harga jika dibandingkan dengan varian lainnya. Mengacu pada harga yang telah diterbitkan oleh PT. Honda ProspekMotor (HPM), harga BR-V dibanderol dari Rp. 226 jutaan hingga Rp. 261 jutaan. Berikut ini info lengkap mengenai harga Honda BR-V :
Harga Honda BRV
Tipe
Harga
Honda BR-V tipe S 6M/T
Rp 226,500,000,-
Honda BR-V tipe E 6M/T
Rp 236,500,000,-
Honda BR-V tipe E CVT
Rp 246,500,000,-
Honda BR-V tipe Prestige CVT
Rp 261,500,000,-
Harga di atas merupakan harga On The Road wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk wilayah lain kemungkinan besar ada perbedaan harga. Jika dilihat dari segi harganya, sepertinya Honda BR-V akan bersaing secara kompetitif dengan para pesaingnya dari merek lain yang bermain di segmen Low SUV seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Ford EcoSport. Dan kembali lagi dengan selera para konsumen bahwa keunggulan mobil baik dari segi spesifikasi maupun keamanan merupakan factor penting untuk menentukan pilihan mobil yang tepat.


Lihat pula artikel terkait :


0 comments

Post a Comment