Wednesday, September 7, 2016

Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta



Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta – Sebagai usaha untuk meningkatkan pamor produk Toyota di dunia otomotif tanah air khususnya produk mobil dengan segmen MPV, Toyota telah meluncurkan produk teranyarnya yang bergenre MPV dengan diberi nama SIenta. Produk ini adalah untuk mengimbangi kompetisi pabrikan otomotif khususnya dengan segmen yang sama yaitu produk dari Honda, Freed. Secara resmi Toyota Sienta telah diluncurkan pada acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang diadakan pada 7-17 April 2016.
Toyota Sienta
Toyota Sienta
Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia terdiri dari 4 varian, yaitu type E, G, V dan Q sedangkan untuk Jepang dipasarkan dengan varian G, X, Hybrid G dan model khusus seperti Modelista dan TRD Sportivo yang dibagi ke dalam 2 jenis spesifikasi, yaitu versi standar dan versi hybrid. Toyota Sienta diproduksi dengan tampilan exterior yang menawan demikian pula dengan layout interiornya yang tak kalah menarik. Untuk kapasitas penumpang, Sienta mampu mengangkut 7 penumpang sekaligus dimana hal ini merupakan kebutuhan yang umum di tanah air. Untuk urusan dapur pacu, Sienta menggunakan mesin 1.5 L dimana spesifikasi mesin ini telah dilengkapi teknologi baru seperti full injection yang menyempurnakan system pembakaran. Fitur-fitur keamanan dan keselamatan seperti immobilizer, airbags, ABS, BA, dan EBD juga telah diusung mobil ini. Untuk menyaingi Honda Freed, desain pintu samping untuk penumpang telah mengaplikasikan system sliding.

Spesifikasi Toyota Sienta

Toyota telah mendisain mobil Sienta ini dengan gaya yang stylish dan elegan. Dari segi exterior, Sienta terlihat mewah karena mengusung konsep body modern seperti sisi depan dengan disain grill dengan disain trapezium yang menyerupai dengan grill Toyota Yaris. Di sector penerangan, Sienta dilengkapi headlamp dengan teknologi LED dengan leveling. Bumper terlihat dilengkapi dengan foglamp yang dapat membantu saat berkendara di cuaca buruk dengan bentuk bulat serta terdapat fron grill yang menambah keindahan desainnya. Untuk pintu samping  second row telah dilengkapi dengan pintu geser atau sliding doors dengan dilengkapi dengan teknologi Dual Power (untuk Sienta G, V dan Q) sehingga memudahkan penumpang saat membuka pintu sedangkan untuk varian E hanya dibekali sliding doors manual. Pada sisi buritan terlihat lampu berbentuk horisontal dengan teknologi lampu LED dengan paduan stoplamp berwarna merah melingkar pada setiap sisi lampu terebut sehingga menimbulka aura stylish dan elegan.
Toyota Sienta (rear view)
Toyota Sienta (rear view)
Dari segi interior, terlihat kesan kabin yang sederhana dengan dashboard dengan konsep disain berlapis yang menampilkan gaya modern. Lapisan atas dashboard dibalut warna hitam dan menjadi tempat fin AC (Air Conditioner), dudukan head unit, panel instrument dan tombol start-stop engine (untuk varian V dan Q). Untuk roda kemudi sendiri dilengkapi dengan teknologi sistem steering switch control dan dilengkapi dengan layar TFT multi information display. Untuk head unit sendiri, Sienta telah dilengkapi dengan touch screen dengan ukuran 4,2 inci dan tampilan MID yang memudahkan pembacaan. Untuk warna yang diusung pada bagian dashboard bagian bawah adalah warna krem dimana area ini adalah tempat untuk tuas persneling dan tombol pengatur audio. Untuk warna tempat duduk varian V dan Q dipercayakan pada warna coklat sedangkan untuk varian E dan G berwarna hitam. Konsep tempat duduk yang diusung Sienta adalah model tiga baris tempat duduk yang mampu menampung 6 s/d 7 orang sekali angkut. Untuk kursi baris ke 2 telah mengaplikasikan  tepat duduk model captain seat sehingga menampilkan kesan yang mewah sedangkan untuk tempat duduk baris ke 3 terlihat lebih sempit sehingga akan lebih baik jika digunakan oleh anak-anak. Untuk teknologi tempat duduk sendiri mengususng system dive-in row yang memeberikan keleluasaan saat kursi dilipat.
Kabin Toyota Sienta
Kabin Toyota Sienta
Dengan dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tingginya 1.675, Toyota Sienta terlihat bongsor sehingga cocok untuk kapasitas 6 s/d 7 penumpang. Untuk memberikan kenyamanan penumpang, mobil ini juga dibeklai suspensi yang mampu berjalan secara fleksible yang mampu meredam goncangan saat melintasi jalanan rusak. Pada sector kaki-kaki, Sienta mengandalkan velg desain sporty berukuran 16 inci (untuk varian G,V,Q) yang dibalut dengan ban berukuran 195/50 R16 Alloy Wheel yang mampu memberikan kesan gagah pada tampilannya. Untuk system pengereman sendri sudah menerapkan teknologi Anti-locked Braking System (ABS) dan EBD (untuk varian V dan Q) sehingga akan memaksimalkan proses pengereman dan keselamatan apara penumpang.
Layout Dashboard Sienta
Layout Dashboard Sienta
Untuk urusan dapur pacu, Sienta di Indonesia menggunakan mesin 1.500 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 107 HP dengan transmisi MT/CVT sedangkan untuk varian Q hanya terdedia transmisi automatic. Namun untuk Sienta yang dipasarkan di Jepang dan Hongkong menusung mesin standard an hybrid. Untuk versi standar menggunakan mesin L4 DOHC 16-valve VVT-iE yang berkapasitas silinder mencapai 1.496 cc yang mampu memuntahkan tenaga maksimum 109 PS pada putaran 6.000 Rpm dan torsi hingga 136 N.m pada putaran 4.400 Rpm. Mesin ini mampu menembus konsumsi bahan bakar dengan perbandingan 1 : 20,2 Km. Transmisi yang diusung adalah transmisi Super CVT-i . Untuk varian hibryd nya menggunakan mesin 1.497 cc dengan type mesin L4 DOHC 16-valve VVT-I lengkap dengan fitur start-stop engine dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 74 PS pada putaran 4.800 Rpm dan torsi hingga 111 N.m pada putaran 4.400 Rpm. Varian hibryd ini mampu menembus 27,9 Km untuk 1 liter bahan bakar dan telah dilengkapi dengan transmisi dengan teknologi Electrically Controlled CVT yang sudah lengkap dengan motor electric yang berteknologi Synchronous Alternating Current Motor.
Mesin Toyota Sienta
Mesin Toyota Sienta
Pada sector keselamatan, Sienta sudah mengusung beberapa fitur terbarunya seperti Dual Airbag yang mampu melindungi pengendara dan penumpang depan saat terjadi benturan, kemudian fitur Pre-Collision System (PCS) yang digunakan untuk mengatur sistem pengereman dan fitur Lane Departur Alert (LDA) serta Automatic High Beam (AHB). Untuk sector kenyamanan, mobil ini juga telah dilengkapi dengan stability control, Hill Start Assist (tipe Q) dan ISOFIX (semua tipe)yang digunakan sebagai tempat duduk anak-anak pad baris kursi yang ke 2 serta fitur 2 Din Head Unit yang siap memberikan kualitas audio yang sangat baik dimana pada bagian bawahn head unit disediakan pengaturan AC.
Spesifikasi Toyota Sienta
Tipe
E
G
V
Q
Mesin
Tipe
2NR-FE dual VVT-i
Tenaga/Torsi
107 Ps/14.6 kgm
Transmisi
MT/CVT
MT/CVT
MT/CVT
CVT
Eksterior
Headlamp
Hallogen Projection With Leveling
Bi-Beam LED+Auto Leveling
Foglamp
Tidak
Ya
Velg
Steel 15″+Cover
Alloy 15″
Alloy 16″
Alloy 16″
Interior
Tempat Duduk
Hingga 7 Orang
AC
Analog
Analog, Dobel Blower
Auto Digital, Dobel Blower
Speedometer
Monochrome MID
TFT LCD 4.2″
Entertainment
Double-Din USB/MP3
5.6″Touchscreen, Miracast, Bluetooth, AirGesture
Warna Interior
Hitam
Paduan Coklat Tua dan Hitam/Fromage dan Hitam (khusus warna body tertentu)
Keamanan dan Keselamatan
Keamanan
Remote Alarm
Remote Alarm + Immobilizer
Sistem Rem
Disc Brake
Disk Brake, ABS
Kunci
Ada
Keyless
VSC
Tidak
Ada
HSA
Tidak
Ada
Airbag
Kursi Depan
Sliding Door
Manual
Electric Sliding Door
ISOFIX
Ya
Sensor Parkir
Ya

Harga Toyota Sienta

Sebagai mobil MPV yang mempunyai disain body dan fitur-fitur yang cukup lengkap dan modern, Toyota Sienta diperkirakan dapat menarik hati para masyarakat Indonesia dan sepertinya bakal menjadi pesaing utama Honda Freed.  Sesuai nformasi yang telah didapat, Toyota Sienta ditawarkan di tahun 2016 ini pada kisaran harga Rp. 230 Juta s/d Rp. 295 Jutaan dimana varain terndah adalah varian E sedangkan varian tertinggi nya adalah Q. Berikut rangkuman harga Toyota Sienta.
Harga Toyota Sienta
Tipe
Harga
Toyota Sienta E (MT)
Rp 230 juta
Toyota Sienta E (CVT)
Rp 245 juta
Toyota Sienta G (MT)
Rp 245 juta
Toyota Sienta G (CVT)
Rp 260 juta
Toyota Sienta V (MT)
Rp 260 juta
Toyota Sienta V (CVT)
Rp 275 juta
Toyota Sienta Q (CVT)
Rp 295 juta

Harga di atas merupakan harga On The Road (OTR) wilayah Jakarta, sedangkan untuk wilayah di luar Jakarta biasanya ada perbedaan harga karena untuk biaya handling. Untuk harga di tiap daerah pada umumnya akan berbeda. Dengan melihat kelebihan Toyta Sienta ini seperti yang telah disampaikan di atas, sepertinya mobil ini akan berhasil menandingi produk Honda Freed yang selama ini cukup berjaya dalam pemasaran mobil MPV di tanah air dan masing-masing produsen ini akan semakin ketat meningkatkan kualitas dan juga teknologinya tentunya. Demikian pembahasan spesifikasi dan harga Toyota Sienta dan semoga bermanfaat.


Lihat pula artikel terkait :



0 comments

Post a Comment